4 Prinsip Arsitektur Islam Dalam Keberadaannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Memahami Apa Saja Prinsip Arsitektur Islam Dalam Keberadaannya. Saat ini terdapat banyak bangunan yang menggunakan arsitektur islam dalam bentuk dan desainnya. Lantas apakah ada prinsip arsitektur islam yang menjadi dasar dari bentuk bangunan islami tersebut? Salah satu contoh arsitektur islam yang sangat mudah ditemui adalah masjid. Umumnya masjid mempunyai bentuk khas yang berupa kubah di bagian atas bangunan tersebut dan beberapa ornamen sebagai ciri khas lainnya.

Selain itu masih ada banyak contoh arsitektur islam yang bisa Anda temukan di sekitar. Bahkan saat ini sudah terdapat banyak rumah yang menerapkan arsitektur islam sebagai desain bangunan mereka. Hal tersebut lantaran ada nilai seni tersendiri yang didapatkan saat menggunakan arsitektur islam dalam bangunan mereka. Lalu apakah ada ciri khas dan contoh lainnya dari suatu arsitektur islam? Untuk informasi selengkapnya Anda bisa simak di bawah ini.

Prinsip Arsitektur Islam dalam Penerapannya

Sebelum mengetahui apa saja yang termasuk prinsip arsitektur islam sudahkah Anda memahami definisi dari arsitektur islam sendiri? Arsitektur islam bisa diartikan sebagai suatu karya seni di dalam bentuk bangunan. Sehingga nantinya bangunan tersebut terpancar dari dua aspek yakni aspek metafisik dan aspek fisik. Adapun bangunan tersebut dibangun juga berdasarkan konsep pemikiran islam yang asalnya dari banyak sumber.

Di mana sumber konsep pemikiran islam pada sebuah bangunan antara lain Al Quran, sahabat nabi, para ulama, Nabi, keluarga Nabi ataupun cendekiawan muslim. Saat ini, arsitektur islami telah mengalami perkembangan yang sangat luas. Adapun perkembangan tersebut terjadi baik pada bangunan sekuler maupun di bangunan keagamaan yang tersedia. Dengan adanya arsitektur seperti ini bisa membantu dalam pembentukan peradaban agama Islam yang kaya.

Sementara itu ada beberapa prinsip arsitektur islam yang bisa diterapkan pada saat pembangunan berlangsung. Dengan sejumlah prinsip tersebut diharapkan bangunan yang terinspirasi dari arsitektur islam tidak akan kehilangan ciri khasnya. Sehingga keberadaan arsitektur islam tetap ada sepanjang masa dengan ciri tersendiri yang menjadi keunikan dan gaya pembangunannya. Adapun prinsip tersebut antara lain:

1. Prinsip Ketuhanan

Sesuai dengan namanya, arsitektur islam tentu saja memiliki prinsip yang berkaitan dengan tuhannya, dalam hal ini adalah Allah. Di mana pada prinsip arsitektur islam tersebut merupakan pengingat kepada Allah dalam setiap pembangunan ataupun hasil desain arsitektur bangunan nantinya. Prinsip seperti ini mempunyai makna bahwa setiap umat islam akan senantiasa mengingat Allah dalam urusan apapun.

2. Prinsip Ibadah dan Perjuangan

Prinsip dalam arsitektur islam tidak hanya sebatas kepada ketuhanan. Bentuk prinsip yang kedua adalah ibadah serta perjuangan yang memiliki artinya tersendiri. Pada prinsip ibadah dan perjuangan pada arsitektur islam mempunyai makna bahwa dalam kehidupan umat tidak hanya sebatas masalah pada ibadah. Akan tetapi ada juga aspek perjuangan yang dituangkan dalam bentuk atau hasil bangunan nantinya.

3. Prinsip Kematian

Tak hanya tentang kehidupan beragama, prinsip arsitektur islam berikutnya juga mencakup tentang kematian yang dialami oleh siapa saja. Di mana ini akan menjadi prinsip yang sangat penting dalam arsitektur islam. Sebab dalam ajaran islam setiap umatnya percaya akan ada kematian yang mendatangi mereka.

4. Prinsip Peningkatan Kesejahteraan Publik

Terakhir ada prinsip yang menjadi pengingatan terhadap kesejahteraan publik dan wakaf. Di mana agama islam senantiasa mengajarkan umatnya untuk saling berinteraksi serta tak lupa selalu tolong menolong.

Itulah beberapa prinsip arsitektur islam yang harus dipahami dan ada dalam pembangunan menggunakan desain arsitektur tersebut. Dengan menerapkan prinsip-prinsip tersebut diharapkan desain arsitektur islami akan bermanfaat baik untuk diri sendiri dan orang lain.

Anda memimpikan memiliki rumah atau bangunan dengan gaya arsitektur Islami? Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain rumah yang islami dengan tim kami di Mulia Arsitek, untuk mendapatkan desain interior dan eksterior yang Islami. Hubungi Admin kami di WA kami yah, wa.me/628112648986

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    5 Elemen Penting Gaya Victoria

    Bagi Anda yang anti-dekorasi modern dan mendambakan ruang yang romantis dan nyaman ala Eropa, maka gaya Victoria sangat cocok untuk mengembalikan rumah Anda ke era

    Read More »

    Di Balik Gaya: Dekorasi Maroko

    Gaya bohemian adalah pilihan ideal bagi orang yang ingin merangkul gaya dan tema dari banyak budaya dan disiplin ilmu. Dalam hal desain interior bohemian, tidak

    Read More »

    Mihrab

    Ciri khas arsitektur masjid adalah mihrab. Mihrab adalah ceruk yang menjorok ke tempat imam memimpin sholat. Arah mihrab juga biasanya menunjukkan arah menuju kiblat. Mihrab

    Read More »

    Split Level

    Rumah split level adalah rumah dengan ketinggian lantai yang berbeda di sebagian besar ruangan. Secara umum, ketinggian “split” adalah setengah dari tinggi normal lantai. Sebuah

    Read More »
    WARNA MAMBA 01

    Warna Mamba Sang Mistik Penuh Emosi

    Pernahkah Anda mendengar istilah “cewek mamba”? Cewek mamba sendiri mengacu pada gaya berbusana yang identik dengan nuansa hitam. Jadi mengapa bisa dipanggil cewek mamba? Kata

    Read More »
    Open chat