fbpx

5 Cara Efektif Penggunaan Cermin Fungsional di Dalam Rumah

Cermin adalah senjata rahasia seorang desainer untuk menciptakan kejutan visual dalam mendesain interior. Cermin adalah bagian dari dekorasi rumah lebih dari penggunaan praktisnya untuk mematut diri, cermin yang indah dapat digunakan untuk memperkuat volume, cahaya, menambah drama, membuat pantulan yang menarik dan memperkuat estetika ruangan. Sungguh menakjubkan bagaimana penambahan cermin dapat mengubah ruang Anda, menyelesaikan dilema interior apapun dalam sekejap.

Cermin memantulkan cahaya dan membuat ruangan terlihat lebih besar dari ukuran sebenarnya. Umumnya, cermin digunakan di toilet dan digantung di atas wastafel atau meja rias, tetapi Anda dapat berkreasi dan bereksperimen di berbagai bagian rumah untuk menempatkan cermin Anda dan juga menemukan berbagai jenis cermin untuk dipasang.

Tujuan dan fungsi berbeda yang dapat dilakukan cermin

1. Gunakan cermin untuk mencerahkan ruangan

Untuk membiarkan cahaya masuk, cukup letakkan cermin di seberang atau di samping jendela untuk meningkatkan jumlah cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan. Sebuah cermin akan mengontrol dan memanfaatkan cahaya matahari yang ada, jadi semakin besar cerminnya, semakin terang ruangannya. Cermin secara efektif menggandakan sumber cahaya dalam ruangan  Anda.

2. Gunakan cermin untuk mempercantik ruangan

Cermin adalah cara cerdas untuk menipu mata. Ini dapat digunakan untuk meningkatkan tampilan suatu elemen dekor atau mengalihkan perhatian darinya. Ruang yang janggal, seperti ruangan dengan langit-langit miring atau ruangan yang terlalu kecil untuk memuat perabot, dapat diubah tampilannya dengan cermin.

Cermin adalah cara brilian untuk meningkatkan suasana di ruangan Anda. Menempatkan cermin besar di dinding dapat menciptakan ilusi bahwa ada lebih banyak ruang di dalam ruangan, sehingga suasana ruang terasa lebih luas.

3. Gunakan cermin sebagai titik fokus ruangan

Di ruangan di mana tidak ada focal point yang menarik, cermin dapat menjadi suatu elemen yang tampak lebih mencolok sekaligus lebih menarik perhatian dibandingkan elemen dekor lainnya. Faktanya, cermin dengan bingkai berukir berornamen berfungsi persis seperti karya seni atau lukisan saat memilih seni dekoratif untuk rumah Anda.

4. Gunakan cermin sebagai jendela

Untuk ruangan tanpa jendela, penambahan cermin membuat ruang terasa lebih terang dan lebih luas. Pilih desain untuk cermin yang menonjolkan bagian bingkai jendela seperti mullion dan bingkai yang dipisahkan panel cermin atau daun jendela untuk membantu menciptakan ilusi.

5. Gunakan cermin untuk menggandakan ruang Anda

Menambahkan cermin akan menggandakan ruang dalam sekejap. Ruang kecil mendapat manfaat dari kehadiran cermin. Ubah lemari penyimpanan menjadi area kerja kecil atau gunakan cermin tipis untuk membuat lorong sempit tampak lebih panjang.

Cermin dapat memperkuat gaya apapun yang Anda inginkan di ruangan dari klasik hingga modern. Itu sepenuhnya tergantung pada bingkai. Bingkai antik dan bingkai kayu sederhana akan memberikan nuansa yang berbeda pada ruangan. Jadi pastikan cermin yang Anda pilih selaras dengan dekorasi dan gaya desain rumah Anda.

Ruang Berbeda Untuk Memasang Cermin

1. Cermin di Ruang Tamu dan Ruang Makan

cermin 1
Sumber gambar : Hipwee

Cermin di atas kabinet atau sofa adalah cara sederhana untuk memperkuat cahaya di dalam ruangan. Pilih bingkai yang cocok dengan dekorasi ruangan dan cermin Anda bisa menjadi pelengkapnya. Jika ruang tamu, atau ruang makan Anda kecil, Anda dapat memasang cermin besar yang menutupi seluruh dinding dari lantai hingga langit-langit sehingga ruangan tampak jauh lebih besar dari ukuran sebenarnya.

2. Cermin di Kamar Tidur

cermin 2
Sumber gambar : Kompas.com

Anda bisa memasang cermin ukuran besar di kamar mandi, tetapi tidak di kamar tidur. Ini penting saat berpakaian dan keluar. Anda bisa memasangnya di dinding atau di pintu lemari, Anda bisa menggantungnya di bagian dalam lemari berengsel agar tidak terlihat saat ditutup. Pastikan Anda memiliki cukup ruang di depan cermin untuk mundur dan melihat seluruh tubuh Anda. Jika Anda tidak memiliki ruang untuk meja rias lengkap di kamar tidur Anda, Anda dapat mengubah meja samping tempat tidur Anda menjadi meja rias dengan menggantungkan cermin di atasnya dan meletakkan peralatan make up Anda di atas meja. Jika Anda memiliki kamar tidur kecil, ada baiknya untuk memiliki pintu lemari pakaian dengan cermin agar ruangan Anda terlihat jauh lebih besar.

3. Cermin di Dapur

cermin 4
Sumber gambar : Kompas.com

Jika Anda memiliki dapur kecil, menggunakan cermin sebagai backsplash (ubin atau papan khusus yang dipasang pada dinding di area kompor) kitchen set bisa menjadi pilihan gaya. Ini akan membuat dapur Anda tampak lebih besar secara visual.

4. Cermin di Walk in closet dan Toilet

cermin 5
Sumber gambar : Metric Kitchen

Menempatkan cermin di atas wastafel toilet adalah pilihan paling populer karena alasan yang jelas. Cermin dengan pencahayaan yang cukup sangat penting untuk merias wajah, bercukur, dll. Selain itu, untuk melihat bagian belakang kepala Anda dengan mudah, Anda dapat memasang cermin gantung dengan lengan yang dapat disesuaikan. Cermin pembesar adalah tambahan yang bagus di atas wastafel. Jika Anda cenderung berpakaian di walk in closet, Anda bisa memikirkan untuk memasang cermin ukuran besar di dinding, di lemari pakaian atau di belakang pintu kamar mandi.

5. Cermin di Lobi Pintu Masuk, Koridor dan Lorong

cermin 8
Sumber gambar : Pinterest

Menempatkan cermin di dekat pintu utama rumah memungkinkan Anda melakukan cek penampilan cepat sebelum keluar rumah. Ini juga bisa menjadi tambahan yang sangat bergaya jika Anda ingin membuat sudut kecil yang estetik. Di bawah cermin, Anda dapat menempatkan meja dengan keranjang untuk menyimpan kunci, beberapa dekorasi, bunga, dll.

Beberapa rumah memiliki koridor dan lorong yang panjang tanpa banyak cahaya alami. Dinding kosong panjang ini dapat didekorasi dengan menempatkan cermin yang dapat memantulkan cahaya dan membuat ruangan terlihat lebih terang meski tanpa banyak pencahayaan lampu. Anda dapat memilih satu cermin besar atau beberapa cermin untuk menciptakan tampilan dinding lorong estetik.

6. Cermin di Luar Ruangan – Balkon dan Teras

cermin 7
Sumber gambar : Rivas Design

Penggunaan cermin tidak hanya untuk hiasan di dalam rumah. Gunakan cermin untuk memperkenalkan lebih banyak cahaya alami di teras atau balkon yang menghadap ke arah datangnya cahaya matahari. Cermin dapat memantulkan refleksi alam luar di dinding Anda. Jika Anda tinggal di daerah perkotaan, Anda mungkin ingin memilih cermin yang akan memperluas cakrawala taman indoor tertutup.

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya:

Open chat
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Admin Mulia Arsitek!
Saya Ingin konsultasi terkait Desain / Renovasi / Bangun baru Terima kasih