Ini Arah Pintu Rumah Yang Baik Menurut Islam

Ini Anjuran Arah Pintu Rumah Yang Baik Menurut Islam

Arah Pintu Rumah Yang Baik Menurut Islam. Memiliki rumah adalah impian bagi setiap orang. Karena rumah adalah salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi. Rumah yang sejatinya sebagai tempat tinggal harus layak huni supaya pemilik atau orang-orang yang tinggal di dalamnya merasa tenang dan nyaman. Sebenarnya susunan rumah dalam Islam tidak begitu menjadi permasalahkan. Tapi sebaiknya ada beberapa hal yang harus melakukan penyesuaian syariat Islam salah satunya arah pintu rumah. Di bawah ini terdapat informasi mengenai arah pintu rumah yang baik menurut Islam. Simak terus ulasannya.

Ini Anjuran Arah Pintu Rumah Yang Baik Menurut Islam

Jika ingin rumah yang Anda bangun penuh dengan keberkahan, pastinya proses pembangunan rumah harus sesuai dengan syariat islam. Begitu halnya dengan arah pintu rumah yang baik menurut Islam. Berikut ini ulasan yang akan Anda butuhkan saat membangun rumah, yang sesuai dengan arsitektur islam :

1. Menghadap Kiblat

Anjuran pertama bagi Anda yang ingin membangun sebuah rumah adalah pintu rumah harus mengarah atau menghadap ke arah kiblat. Jadi sebelum pembangunan Anda lakukan, cobalah cari arah shalat terlebih dahulu. Ini akan membantu orang-orang yang menghuni rumah atau tamu bisa mengetahui arah sholat yang benar. Selain itu wc atau toilet yang akan buat tidak boleh menghadap kiblat sebab itu tidak baik menurut pandangan islam.

2. Tidak Menghadap Kamar Mandi

Selain itu, pintu utama juga tidak boleh menghadap langsung ke kamar mandi. Tata letak pintu sebaiknya harus mendapatkan perhatian dengan baik. Tapi sayangnya masalah seperti ini seringkali terjadi pada rumah yang tipenya kecil atau perumahan yang terlanjur bangun dulu sebelum Anda jual. Guna menghindari hal-hal seperti ini, sebaiknya sebelum membeli rumah, pintu utama harus menghadap ke tempat lain bukan kamar mandi.

Apabila pintu menghadap ke kamar mandi, ini akan memberikan kesan tidak sopan kepada para tamu yang hadir dan pengguna rumah itu sendiri. pastinya Anda tidak akan nyaman saat rumah yang ditempati memiliki pintu utama yang langsung menghadap kamar mandi. Jadi perlu ada batasan antara ruangan-ruangan yang ada di rumah.

3. Tidak Menghadap Dapur

Selain itu, arah pintu rumah yang baik menurut Islam adalah tidak menghadap ke dapur. Jadi apabila pintu utama langsung menghadap ke dapur, maka tamu yang datang bisa dengan mudah melihat dapur di rumah Anda. Bayangkan saja jika dapur kotor dan terlihat oleh tamu yang datang, tentu akan membuat mereka merasa tidak nyaman. Bukan Cuma itu saja, tamu pun akan menjadi enggan sebab sudah merepotkan Anda.

4. Tidak Menghadap Lurus Ke Dalam Rumah

Kebanyakan rumah yang dibeli dari perumahan memiliki luas yang terbatas. Jadi biasanya tidak ada banyak pilihan. Karena ketika rumah langsung menghadap garis lurus ke dinding akan membuat rumah tersebut tampak jauh lebih luas. Padahal jika Anda ingin arah pintu yang baik menurut Islam, sebaiknya jangan menghadap lurus ke dalam rumah.

5. Tidak Meletakkan Perhiasan di Pintu Utama

Dan terakhir, pintu rumah tidak boleh ditempatkan benda-benda atau perhiasan. Apalagi jika benda tersebut mungkin akan melukai atau menyakiti Anda. Misalnya ketika benda tersebut jatuh dan mengenai kaki atau kepala. Jadi usahakan akses pintu utama terbuka dengan lebar dan tidak menempatkan benda atau perhiasan di pintu utama.

Demikianlah penjelasan mengenai pintu rumah yang baik dalam ajaran agama Islam. Jadi jika ingin membangun rumah impian, informasi di atas bisa dijadikan pedoman.

34 Responses

  1. Assalamualaikum… Saya mau bertanya apakah boleh pintu depan rumah menghadap kiblat dengan luas teras sedikit dan depan nya lgsung tembok. Jadi mungkin cahaya matahari sore tidak akan mengenai rumah karena terhalang tembok rumah orang lain

    1. Boleh-boleh saja, dan tidak masalah juga jikalaupun pintu depan rumah tidak menghadap kiblat. Walaupun memang anjuran menghadap kiblat tersebut sebenarnya untuk mempermudah misal bagi tamu untuk tahu arah kiblat jika ingin sholat

      Petunjuk dalam Desain Rumah Muslim juga tidak hanya dari arah pintu rumah, tapi ada hal-hal lain seperti misalnya: sebaiknya kepala headbed di sisi utara, toilet jangan membelakangi arah kiblat (sebaiknya menghadap utara/selatan), ada ruang kamar mandi khusus untuk tamu sehingga tamu tidak langsung melihat kegiatan di rumah inti, dan ada tempat ibadah di dalam rumah

  2. Bagaimana dengan rumah yg lurus langsung bertemu dengan pintu blakang, blm ad penyekat masih polos,,, apakah baik secara Islam.

    1. Jika dalam Islam sebenarnya tidak ada masalah, tapi kalau dari fengshui memang harus ada sekatnya, tidak boleh lurus

  3. Assalamu’alaikum
    Mau nanya, klo pintu cara bukanya keluar bukan ke dalam, bgmn mnrt hukum Islam?
    Jazakillah Khair atas jawabannya,
    Wassalamu’alaikum

    1. Wa’alaikumussalam
      Cara buka pintu dalam Islam tidak diatur bukanya keluar ataupun ke dalam. Tapi jika memperhatikan etika, ketika pintu terbuka ke dalam, maka artinya seperti pemilik rumah menyambut tamunya untuk masuk ke dalam, dengan kata lain tamu tersebut diterima dengan baik kehadirannya

  4. Assalamualaikum
    Mau nanya kalau mau memasang pintu utama sebaik ny kita meletakan ny sebelah kanan rumah muka atau d sebelah kiri rumah muka menghadap ke jalan

    1. Wa’alaikumussalam

      Sebenarnya tidak ada dalil yang saklek menjelaskan harus menghadap mana dan dimana meletakkan pintu rumah. Namun, dianjurkan memang arah muka rumah menghadap kiblat untuk mempermudah pemilik rumah sekaligus tamu dalam mengetahui arah kiblat ketika sholat.

      Peletakkan pintu rumah dapat disesuaikan dengan desain dan denah yang diinginkan sesuai kehendak pemilik rumah.

  5. Rumah saya lebar 3,75 dan panjàng 6 meter trus pintunya utama behadapan dengan pintu wc bagaimana menurut islam karna terlalu kecil jadi terpaksa berhadapan ??

    1. Tidak etis jika kamar mandi, dapur atau kamar tidur terlihat dari pintu depan. Hal ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman bagi kedua belah pihak, baik tamu maupun pengguna WC. Selain memberikan kesan yang tidak nyaman, bahkan dapat mempermalukan pemilik rumah. Pemilik rumah dapat menciptakan kesan negative di hadapan tamunya.

      Cara pembetulannya adalah sebagai berikut.

      1) Paling ideal, letak WC/kamar mandi dipindahkan ke sisi lain, sehingga tidak tampak dari pintu utama.
      2) Kalau karena suatu sebab kamar mandi tidak bisa dipindahkan, paling tidak pintu WC yang berhadapan langsung dengan pintu utama diubah ke arah lain.
      3) Jika tidak ingin melakukan pembongkaran atau renovasi, gunakan penyekat ruang untuk dijadikan penghalang di antara pintu utama dan ruang WC. Letakkan kelambu atau apapun sebagai penghalang visual. Dengan demikian, lorong atau lobi (ruang tengah) juga akan menjadi bagian yang terhalangi.
      3) Teras juga bisa menjadi penghalang agar pandangan mata para tamu tidak langsung tertuju pada ruang tengah.

  6. Assalamualaikum . .
    kalau pintu rumah utama sudah terlanjur menghadap lurus ke toilet, bagaimana bu? mau di renov/bongkar juga tidak bisa karena kondisi rumah sudah siap tinggal.
    solusinya apa bisa pakai pembatas/penyekat ruangan kah?

    1. Waalaikumsalam wr.wb

      Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi situasi kamar mandi terlihat dari pintu masuk rumah

      1. Ubah arah bukaan pintu kamar mandi. Solusi renovasi adalah yang terbaik, namun butuh waktu dan biaya.
      2. Tempatkan partisi. Jika tata letak rumah yang ada sudah menghadapi masalah seperti itu dan pekerjaan renovasi besar tidak mungkin dilakukan, Anda dapat menempatkan sekat atau partisi antara pintu masuk rumah dan pintu kamar mandi untuk memisahkannya.

    1. Tidak semua rumah memerlukan pintu belakang.

      Umumnya, sebagai bagian dari peraturan keselamatan, pintu belakang berfungsi sebagai pintu keluar darurat (kebakaran, gempa bumi, banjir) dll. Hal ini karena terkadang pintu depan terhalang dan orang perlu keluar. Tetapi tidak berarti bahwa Anda harus memiliki dua pintu keluar. Satu sudah cukup.

  7. Assalamualaikum wr wb
    Ijin mau bertanya
    Apakah boleh pintu utama rumah menghadap ke sebelah kiri rumah,gak langsung menghadap jalan
    Terimakasih

    1. Waalaikumsalam wr wb

      Pintu rumah bukan hanya sebagai akses masuk dan keluar, tetapi juga memiliki makna simbolis dan pandangan budaya yang beragam di berbagai masyarakat. Beberapa kepercayaan dan tradisi meyakini bahwa letak pintu rumah dapat membawa berkah atau keberuntungan bagi penghuninya.

      Ada sejumlah prinsip feng shui dalam mengatur peletakan pintu, di antaranya posisi pintu utama yang baik utamanya menghadap ke depan. Jika tidak memungkinkan, pintu menghadap ke samping bukanlah masalah asalkan bukaannya mengarah ke dalam rumah. Dan penempatan pintu sebaiknya tidak berhadapan langsung dengan tembok. Ini berlaku di dalam dan di luar rumah. Feng shui pintu utama menghadap tembok kurang bagus, karena menghalangi energi positif masuk ke dalam rumah.

  8. Assalamualaikum bu, bentar lagi sy ngontrak , dan rumah kontrakan sy itu kecil , jadi pintu berhadapan langsung dengan pintu masuk dan pintu keluar? Apakah sngat berdampak tdk baik untuk rumah tangga sy? Terimamsih

    1. Waalaikumsalam wr wb

      Perihal pintu depan berhadapan langsung dengan pintu belakang berdampak buruk pada rumah tangga hanyalah mitos belaka, jadi hal tersebut tak perlu dikhawatirkan lagi. Soal mitos ini ternyata juga dimiliki dalam metafisika China sebagai Feng Shui yang buruk, bedanya bukan soal hubungan melainkan soal ekonomi. Jika posisi pintu depan dan belakang yang sejajar akan berdampak pada buruknya perekonomian rumah tangga yang tak terkontrol. Menurut perhitungan feng shui, pintu yang berhadapan tersebut akan menunjukkan energi yang masuk ke dalam rumah langsung keluar lewat pintu belakang yang menyebabkan tidak semua bagian rumah akan mendapat aliran energi.

      Kembali ke pertanyaan, “Kenapa pintu rumah utama tidak boleh saling lurus dengan pintu belakang?”. Dari sudut pandang Arsitektur : Karena sirkulasi udara tidak baik. Jadi, “udara kotor” yang ada di dalam rumah harus “didorong” keluar oleh udara yang masuk ke pintu belakang. “Udara kotor” disini maksudnya adalah udara yang membuat pengap, yang ada bau seperti bau masakan, rokok, dan lain-lain. Pintu masuk & keluar segaris membuat aliran udara juga segaris, sehingga bagian ruangan yg lain tidak dilalui udara segar. Agar ruangan lebih sehat, sejuk & nyaman, usahakan aliran udaranya silang (cross ventilation) yaitu diagonal. Jadi jika pintu masuk di bagian kiri, pintu belakang di bagian kanan. Ini juga berlaku pada kamar tidur, usahakan penempatan pintu & jendela/lubang ventilasi pada posisi silang.

    1. Waalaikumsalam wr wb

      Dalam Feng Shui, pintu kamar mandi paling pantang berhadaan dengan pintu kamar tidur dan dapur. Sebab, dapat menimbulkan penyakit dan dipercaya dapat merusak hawa rezeki keluarga. Pintu saling berhadapan secara otomatis akan mendorong dan memudahkan virus, atau udara kotor, dari kamar mandi menuju ruangan yang berada di hadapannya, sehingga dapat berpengaruh pada kesehatan penghuninya.

      Nah, jika pintu berhadapan tetapi tidak sejajar, keadaan seperti ini lebih baik dibandingkan pintu yang berhadapan secara langsung. Anda tidak perlu melakukan renovasi jika dirasa akan memberatkan dari segi biaya. Namun sebaiknya, sering-seringlah menutup pintu kamar mandi tersebut.

  9. Assalamualaikum bu… Sayamau bertanya… Saya baru beli rumah… Pintu masuk dari depan 2 buah, satu pintu utama dan satu pagi pintu samping… Namun pintu samping itu sejajar dengan pintu kamar dan pintu kamar mandi yang ada dalam kamar… Apakah sejajarnya 3 pintu tersebut dalam islam diperbolehkan atau bagaimana bu? Terimakadih sebelumnya atas jawaban ibu ??

    1. Waalaikumsalam wr wb

      Tidak masalah. Namun sebaiknya, sering-seringlah menutup pintu kamar mandi tersebut.

    1. Waalaikumsalam wr wb

      Menurut Islam, hal tersebut tidak masalah.

      Namun jika dari segi Feng Shui, gudang memiliki “Yin Qi” atau energi diam yang dianggap tidak sehat. Ini menjadi salah satu penyebab timbulnya penyakit dan hilangnya kesempatan pada rumah tangga. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memindahkan pintu gudang ke posisi yang tidak menghadap pintu utama. Namun ada pengecualiannya juga, apabila pintu gudang ini jarang digunakan maka seyogyanya selalu dalam keadaan tertutup agar energi negatif tersebut tidak menyebar ke depan masuk ke pintu utama.

  10. Assalamisllaikum bun mau tanya rumah saya kan 2 lanti pintu utama lurus dengan tangga ke lantai atas gmana menurut islam ..mkasih atas jwabanya??

    1. Waalaikumsalam wr wb

      Menurut Islam, hal tersebut tidak masalah.

      Namun dari segi Feng Shui, tangga yang langsung menghadap pintu utama akan menarik semua keberuntungan dan rezeki yang seharusnya masuk ke dalam rumah. Energi tersebut akan ditarik dan dikeluarkan kembali melalui pintu utama. Selain itu, tangga yang langsung menghadap pintu utama akan membuat perhatian langsung ditujukan pada ruang keluarga, area paling pribadi di rumah. Tentu saja, itu justru menampilkan kesan buruk bagi para tamu yang datang.

  11. Assalamualaikum, ijin bertanya,. Rumah saya mempunyai 3pintu, pintu depan, belakang, dan samping.pintu sampai lurus berhadapan dengan pintu kamar tidur.bagaimanakah menurut Islam dan fengsui.terimakasih

    1. Waalaikumsalam wr wb

      Secara psikis kita menyadari bahwa pintu kamar yang menghadap ke luar sering menimbulkan rasa risih dan tidak nyaman bagi orang yang tinggal di dalamnya, khususnya saat mendengar bel pintu rumah dibunyikan. Selain itu, tata letak tersebut sering membuat kamar beserta semua isinya mudah terlihat orang luar.

      Apabila kondisi tersebut tidak cepat dibetulkan, dikhawatirkan lama-kelamaan penghuni kamar tersebut mudah menerima berbagai gangguan atau isu yang kurang baik dari orang tau pandangan luar.

      Memang paling aman kalau pintu ruang tidur dihadapkan ke samping dan tersembunyi dari luar. Dengan demikian, ruang pandang orang luar dapat dipersempit.

      Tetapi kalau sudah terlanjur memiliki rumah dengan pintu ruang tidur yang berhadapan atau terlihat dari jalan raya, sebaiknya diberi penyekat sehingga letak pintu tersembunyi dari luar.

      1. Assalamualaikum bu, benarkah letak kompor tidak boleh langsung menghadap pintu dapur, dalam artian saat kita memasak posisi kita membelakangi pintu dapur.

  12. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.Izin mau bertanya apakah boleh pintu warung tidak menghadap ke jalan ? Warung saya pintunya di samping menghadap kiblat.Mohon penjelasannya.

    1. Waalaikumsalam wr wb

      Dalam Islam, tidak ada larangan khusus terkait dengan arah pintu warung yang menghadap ke jalan atau menghadap ke arah lain. Yang lebih penting dalam konteks ini adalah memastikan bahwa aktivitas bisnis yang dilakukan di warung tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip Islam dan tidak melanggar hukum agama.

      Namun jika ditelisik dari segi Feng Shui, beberapa penataan dan kerusakan kecil sangat mungkin mengganggu Feng Shui ruko Anda. Parahnya lagi, hal ini mungkin tidak Anda sadari. Sehingga ada baiknya dihindari, antara lain :

      – tempat sampah di tempat terbuka,
      – kabel-kabel listrik yang dapat dilihat pengunjung,
      – kotak-kotak kosong tidak terpakai,
      – cermin yang menghadap pintu masuk,
      – pintu depan dan belakang berada pada garis sejajar,
      – lampu yang remang-remang,
      – bau menyengat,
      – dll.

    1. Waalaikumsalam wr wb

      Dalam Islam, tidak ada aturan khusus mengenai pengaturan pintu rumah yang berhadapan dengan pintu kamar. Prinsip-prinsip desain rumah dalam Islam lebih menekankan pada aspek spiritual, privasi, dan kenyamanan, seperti memastikan privasi penghuni, memiliki tempat untuk beribadah, dan menjaga kebersihan dan keteraturan rumah. Tidak ada ketentuan khusus mengenai tata letak pintu dalam ajaran Islam.

      Namun, dalam praktik feng shui, ada beberapa panduan terkait tata letak pintu yang bertujuan untuk memastikan aliran energi (qi) yang baik di dalam rumah. Menurut feng shui:

      1. Pintu Utama dan Pintu Kamar: Sebaiknya pintu utama rumah tidak langsung berhadapan dengan pintu kamar tidur. Hal ini dipercaya dapat menyebabkan aliran energi yang tidak stabil, yang dapat mengganggu istirahat dan kesehatan penghuni kamar.

      2. Pintu Kamar Mandi: Juga disarankan agar pintu kamar tidur tidak langsung berhadapan dengan pintu kamar mandi, karena kamar mandi dianggap memiliki energi negatif yang dapat mempengaruhi kenyamanan dan kesehatan.

      Jika Anda mempertimbangkan untuk mengatur tata letak pintu rumah berdasarkan prinsip feng shui, berikut adalah beberapa saran yang dapat diikuti:

      – Menggunakan Pemisah: Jika pintu utama harus berhadapan dengan pintu kamar, pertimbangkan menggunakan tirai, sekat, atau perabot lain yang dapat memecah aliran energi langsung antara dua pintu tersebut.

      – Desain Ulang Tata Letak: Jika memungkinkan, desain ulang tata letak rumah untuk menghindari pintu utama yang langsung berhadapan dengan pintu kamar tidur.

      Dalam praktik sehari-hari, banyak orang yang memadukan prinsip desain dari berbagai tradisi sesuai dengan keyakinan dan kenyamanan mereka. Jika Anda menganggap penting baik prinsip Islam maupun feng shui, Anda bisa menggabungkan kedua pendekatan tersebut dalam desain rumah Anda. Tetaplah fokus pada kenyamanan, privasi, dan kesejahteraan penghuni rumah sebagai prioritas utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya:

Open chat
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Admin Mulia Arsitek!
Saya Ingin konsultasi terkait Desain / Renovasi / Bangun baru Terima kasih