Ini Arah Pintu Rumah Yang Baik Menurut Islam

Ini Anjuran Arah Pintu Rumah Yang Baik Menurut Islam

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Arah Pintu Rumah Yang Baik Menurut Islam. Memiliki rumah adalah impian bagi setiap orang. Karena rumah adalah salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi. Rumah yang sejatinya sebagai tempat tinggal harus layak huni supaya pemilik atau orang-orang yang tinggal di dalamnya merasa tenang dan nyaman. Sebenarnya susunan rumah dalam Islam tidak begitu menjadi permasalahkan. Tapi sebaiknya ada beberapa hal yang harus melakukan penyesuaian syariat Islam salah satunya arah pintu rumah. Di bawah ini terdapat informasi mengenai arah pintu rumah yang baik menurut Islam. Simak terus ulasannya.

Ini Anjuran Arah Pintu Rumah Yang Baik Menurut Islam

Jika ingin rumah yang Anda bangun penuh dengan keberkahan, pastinya proses pembangunan rumah harus sesuai dengan syariat islam. Begitu halnya dengan arah pintu rumah yang baik menurut Islam. Berikut ini ulasan yang akan Anda butuhkan saat membangun rumah, yang sesuai dengan arsitektur islam :

1. Menghadap Kiblat

Anjuran pertama bagi Anda yang ingin membangun sebuah rumah adalah pintu rumah harus mengarah atau menghadap ke arah kiblat. Jadi sebelum pembangunan Anda lakukan, cobalah cari arah shalat terlebih dahulu. Ini akan membantu orang-orang yang menghuni rumah atau tamu bisa mengetahui arah sholat yang benar. Selain itu wc atau toilet yang akan buat tidak boleh menghadap kiblat sebab itu tidak baik menurut pandangan islam.

2. Tidak Menghadap Kamar Mandi

Selain itu, pintu utama juga tidak boleh menghadap langsung ke kamar mandi. Tata letak pintu sebaiknya harus mendapatkan perhatian dengan baik. Tapi sayangnya masalah seperti ini seringkali terjadi pada rumah yang tipenya kecil atau perumahan yang terlanjur bangun dulu sebelum Anda jual. Guna menghindari hal-hal seperti ini, sebaiknya sebelum membeli rumah, pintu utama harus menghadap ke tempat lain bukan kamar mandi.

Apabila pintu menghadap ke kamar mandi, ini akan memberikan kesan tidak sopan kepada para tamu yang hadir dan pengguna rumah itu sendiri. pastinya Anda tidak akan nyaman saat rumah yang ditempati memiliki pintu utama yang langsung menghadap kamar mandi. Jadi perlu ada batasan antara ruangan-ruangan yang ada di rumah.

3. Tidak Menghadap Dapur

Selain itu, arah pintu rumah yang baik menurut Islam adalah tidak menghadap ke dapur. Jadi apabila pintu utama langsung menghadap ke dapur, maka tamu yang datang bisa dengan mudah melihat dapur di rumah Anda. Bayangkan saja jika dapur kotor dan terlihat oleh tamu yang datang, tentu akan membuat mereka merasa tidak nyaman. Bukan Cuma itu saja, tamu pun akan menjadi enggan sebab sudah merepotkan Anda.

4. Tidak Menghadap Lurus Ke Dalam Rumah

Kebanyakan rumah yang dibeli dari perumahan memiliki luas yang terbatas. Jadi biasanya tidak ada banyak pilihan. Karena ketika rumah langsung menghadap garis lurus ke dinding akan membuat rumah tersebut tampak jauh lebih luas. Padahal jika Anda ingin arah pintu yang baik menurut Islam, sebaiknya jangan menghadap lurus ke dalam rumah.

5. Tidak Meletakkan Perhiasan di Pintu Utama

Dan terakhir, pintu rumah tidak boleh ditempatkan benda-benda atau perhiasan. Apalagi jika benda tersebut mungkin akan melukai atau menyakiti Anda. Misalnya ketika benda tersebut jatuh dan mengenai kaki atau kepala. Jadi usahakan akses pintu utama terbuka dengan lebar dan tidak menempatkan benda atau perhiasan di pintu utama.

Demikianlah penjelasan mengenai pintu rumah yang baik dalam ajaran agama Islam. Jadi jika ingin membangun rumah impian, informasi di atas bisa dijadikan pedoman.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat