4 Bangunan Arsitektur di Indonesia yang Megah dan Bersejarah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Bangunan Arsitektur di Indonesia yang Megah dan Bersejarah. Indonesia diberkati dengan beberapa bangunan arsitektur yang paling megah dan menakjubkan di dunia. Tentu saja, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Monumen Nasional, dan Masjid Baitur Rahman Aceh adalah simbol ikon sejarah dan kemegahan Indonesia yang kaya. Tetapi ada banyak bangunan bersejarah lain yang kurang dikenal, namun sama – sama mengesankan, yang sama – sama layak untuk dijelajahi. Dari candi kuno Sangiran hingga arsitektur elegan Masjid Agung Banten, Indonesia memiliki banyak keajaiban arsitektur yang pasti akan wow dan menginspirasi. Jadi, jika Anda mencari sesuatu yang benar – benar unik dan menawan, maka pastikan untuk melakukan tur ke beberapa bangunan arsitektur paling megah di Indonesia.

Beberapa Bangunan Arsitektur di Indonesia yang Megah

Bangunan arsitektur adalah bukti kekuatan imajinasi dan kecerdasan manusia. Dari struktur yang paling sederhana hingga desain yang paling kompleks, mereka menceritakan kisah perkembangan kita sepanjang sejarah. Ketika kita terus berkembang, begitu juga bangunan kita; masing – masing merupakan cerminan dari kecerdikan penciptanya. Dari katedral besar hingga gedung pencakar langit modern, struktur ini mengingatkan kita akan kemajuan dan potensi kita untuk masa depan. Dengan menjelajahi keindahan karya arsitektur ini, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih besar tentang perjalanan yang telah dilakukan umat manusia. Berikut ini beberapa contoh bangunan arsitektur di Indonesia yang megah dan indah:

1.     Candi Borobudur

Candi Borobudur adalah salah satu bangunan di Indonesia yang sudah didirikan sejak lama. Bahkan candi ini sudah ada sejak masa Raja Samaratungga pada tahun 825 M. Perlu diketahui, Candi Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia yang sudah diakui oleh UNESCO. Bahkan candi di Indonesia ini sudah masuk ke dalam salah satu daftar keajaiban dunia sebab memiliki ketinggian hingga 42 m dan 10 tingkat di dalamnya.

Candi Borobudur dibuat dengan menggunakan teknik yang sangat tinggi. Candi ini terbuat dari batu kali yang sudah tersusun dengan sangat rapi menggunakan sistem interlock atau mengunci satu dengan yang lain. Sebagai salah satu candi Buddha, candi ini dihiasi ratusan patung Buddha dengan kubah utama yang dikelilingi oleh 72 patung Buddha.

2.     Candi Prambanan

Kemudian, Anda juga akan menemukan Candi Prambanan sebagai contoh bangunan arsitektur di Indonesia. Candi Prambanan sangat lekat dengan kisah Roro Jonggrang. Sama halnya seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan ini termasuk salah satu bangunan yang megah di Indonesia. Dengan ketinggian mencapai 47 m membuat candi ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Candi Prambanan sendiri sudah dibangun sejak lama. Fungsinya adalah sebagai tempat pemujaan terhadap Dewa Siwa yang merupakan dewa pelebur segala sesuatu yang tidak layak ada di dunia. Prambanan berada di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta. Prambanan termasuk candi Hindu paling besar bahkan terindah di Asia Tenggara.

3.     Gedung Sate

Bangunan ketiga yang menarik untuk dilihat adalah Gedung Sate. Gedung Sate merupakan bangunan berbentuk sate yang sudah dibangun sejak tahun 1920 silam. Gedung Sate memiliki ciri khas yaitu terdapat ornament 6 tusuk sate di atas menara sentral yang dijadikan sebagai  perlambang atau simbol 6 juta Gulden yang digunakan pada saat pembangunannya.

Gedung Sate tidak hanya popular di Bandung saja, tapi nama gedung ini juga dikenal di luar pulau Jawa. Gedung ini masih sangat kokoh dan fungsinya dijadikan sebagai pusat pemerintahan yang ada di Kota Bandung.

4.     Lawang Sewu

Dan terakhir ada Lawang Sewu yang artinya seribu pintu. Jumlah pintu yang ada di Lawang Sewu ini jumlahnya mencapai 907. Tapi tidak mencapai 1000 pintu. Lawang Sewu berada di kota Semarang. Jadi bagi yang berlibur ke kota ini tidak ada salahnya untuk mampir ke Lawang Sewu. Karena jika melihatnya langsung dari dekat, Anda akan melihat sebuah bangunan yang begitu megah dan mempesona.

Jadi ada banyak sekali bangunan arsitektur di Indonesia yang megah dan mewah. Tidak hanya indah dari sisi arsitekturnya saja, bangunan-bangunan di atas juga sarat akan sejarah. Semoga bermanfaat.

Anda memimpikan memiliki rumah atau bangunan dengan gaya arsitektur kota Islam? Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain rumah yang islami dengan tim kami di Mulia Arsitek, untuk mendapatkan desain interior dan eksterior yang Islami. Hubungi Admin kami di WA kami yah, wa.me/628112648986

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    5 Elemen Penting Gaya Victoria

    Bagi Anda yang anti-dekorasi modern dan mendambakan ruang yang romantis dan nyaman ala Eropa, maka gaya Victoria sangat cocok untuk mengembalikan rumah Anda ke era

    Read More »

    Di Balik Gaya: Dekorasi Maroko

    Gaya bohemian adalah pilihan ideal bagi orang yang ingin merangkul gaya dan tema dari banyak budaya dan disiplin ilmu. Dalam hal desain interior bohemian, tidak

    Read More »

    Mihrab

    Ciri khas arsitektur masjid adalah mihrab. Mihrab adalah ceruk yang menjorok ke tempat imam memimpin sholat. Arah mihrab juga biasanya menunjukkan arah menuju kiblat. Mihrab

    Read More »

    Split Level

    Rumah split level adalah rumah dengan ketinggian lantai yang berbeda di sebagian besar ruangan. Secara umum, ketinggian “split” adalah setengah dari tinggi normal lantai. Sebuah

    Read More »
    WARNA MAMBA 01

    Warna Mamba Sang Mistik Penuh Emosi

    Pernahkah Anda mendengar istilah “cewek mamba”? Cewek mamba sendiri mengacu pada gaya berbusana yang identik dengan nuansa hitam. Jadi mengapa bisa dipanggil cewek mamba? Kata

    Read More »
    Open chat