Sering Alami Gatal-Gatal ? Coba Perhatikan Tempat Tidur Kamu, Siapa Tau Ada Makhluk Ini !

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Cara Membasmi Tungau di Tempat Tidur
Source : Grid.id

Tempat Tidur – Sering alami gatal-gatal selepas bangun tidur ?. Sudah coba datang ke Dokter Spesialis Kulit, namun masalah tetap datang berkali-kali. Tidak alami alergi makanan ?.

Selain terus konsultasi bersama Dokter, ada baiknya Sahabat mulai memperhatikan tempat tidurnya. Siapa tau saja di dalamnya terhadap makhluk yang sangat mengganggu bernama Tungau.

Mengenal Sekilas Tentang Tungau

Tungau adalah sekelompok hewan kecil dengan kaki yang berjumlah 8 tungkai. Hewan kecil ini sering disebut juga sebagai kutu kasur, meski dalam ilmu hewan kutu dan tungau memiliki klarifikasi detail yang berbeda.Tungau lebih dekat kekerabatannya dengan laba-laba.

Beberapa spesies dari tungau, suka memakan kapang yang tumbuh di tempat-tempat lembab dan berarti. Kapang sendiri adalah sebutan lain dari jenis jamur.

Bahaya Tungau Untuk Kesehatan

Kulit Gatal-Gatal

Bahaya tungau bagi kesehatan yang sudah tampak jelas adalah tungau yang menyebabkan kulit menjadi gatal-gatal dan alergi. Kotoran dari tungau ini akan memunculkan ruam di kulit, dan efek yang paling parah, adalah demam.

Rentan Mengganggu Pernapasan

Kotoran dari tungau ini juga tidak hanya membuat kulit Sahabat menjadi gatal-gatal, namun juga rentan menjadikan pernapasan terganggu. Kita tau, ketika sedang tidur, posisi otak kita tidak lagi dapat mengetahui gerakan-gerakan tubuh yang dilakukan.

Kondisi badan yang terus bernapas tersebut itulah yang berbahaya apabila kamar tidur Sahabat banyak mengandung tungau.

Sangat riskan, apalagi teruntuk mereka yang penderita asma.

Setelah mengetahui bahaya tungau untuk kesehatan, maka sudah barang tentu Sahabat harus lebih memperhatikan kondisi kamarnya, terutama kasur.

Berikut ini adalah 5 tips sederhana yang bisa Sahabat lakukan untuk membasmi tungau di tempat tidur.

Tips Membasmi Tungau Di Tempat Tidur

Menjaga Ruangan Agar Tidak Terlalu Lembab

Tungau adalah spesies hewan yang betah untuk tinggal lama di ruangan yang lembap. Apalagi kasur, seprai ataupun bantal yang Sahabat gunakan dalam keadaan berair, tungau akan lebih berkembang biak di sana.

Oleh sebab itu jaga ruangan agar memiliki tingkat kelembapan yang seimbang, kering. 

Ganti Alas Tempat Tidur Setiap Seminggu Sekali

Cara Merawat Tempat Tidur Bebas Dari Tungau
Source : Google Images

Sarung bantal, sprei, bed cover perlu diganti seminggu sekali. Saat pergantian tersebut, jangan untuk selalu menjemur bantal yang digunakan di bawah terik matahari. Selalu sediakan cadangan yang cukup untuk perlengkapan tidur.

Cuci sprei, dan Sarung Bantal

Cara Membersihkan Sprei dan Sarung Bantal
Source : warungsprei.com

Cuci dengan benar seprai, dan sarung bantal yang digunakan. Dengan detergen, tungau yang bersarang di dalamnya akan segera mati, dan kamu bisa menggunakannya kembali ketika sudah benar-benar kering.

Jemur Kasur

Furniture Untuk Ruang Tidur
Source : klikpositif.com

Untuk yang satu ini, adalah cara yang memang lazim dilakukan oleh banyak orang. Jemur kasur pada area yang memang banyak terkena sinar terik matahari. Kamu dapat menjemur kasur ini, mulai jam 10 hingga jam 2, di mana posisi matahari sedang tinggi-tingginya.

Gunakan juga pemukul kasur tradisional agar debu-debu yang menempel keluar.

Solusi Untuk Yang Mengompol / Ngeces di Tempat Tidur

Sebab Anak Sering Mengompol di Tempat Tidur
Source : tirto.id

Yang terakhir, adalah dengan menggunakan pelindung kasur tahan air. Solusi ini sangat cocok untuk anak Sahabat yang masing sering tidur mengompol ataupun ngeces.

Itulah beberapa tips sederhana yang bisa Sahabat terapkan untuk kamar tidur anti tungau. Apabila Sahabat berminat untuk melakukan renovasi kamar tidur agar nyaman dan anti tungau, hubungi Mulia Arsitek.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.  

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat