Cara Memilih Rumah Menurut Islam

Cara Memilih Rumah Menurut Islam Supaya Hidup Tentram

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

5 Cara Memilih Rumah Menurut Islam Supaya Hidup Tentram. Apakah ada kriteria memilih rumah menurut Islam? Membeli sebuah hunian memang terasa sangat menyenangkan. Tapi sayangnya membeli rumah, tentulah tidak bisa sembarangan. Rumah dalam Al Qur’an terdiri dari dua suku kata yaitu bait yang artinya tempat tinggal sewaktu malam dan sakan yang artinya tempat untuk ketenangan. Jadi itu artinya rumah harus memberikan ketenangan kepada pemiliknya setelah melakukan berbagai aktivitas.

Cara Memilih Rumah Menurut Islam Supaya Tentram

Bila ingin mendapatkan ketenangan dan ketentraman, pilihlah rumah sesuai ajaran Islam. Karena jika Anda melakukan pemilihan rumah dengan benar, rumah tersebut akan membawa kedamaian. Berikut ini sudah ada informasi bagi Anda yang ingin memilih rumah menurut Islam:

1. Lihat Siapa Tetangga Kita

Tips pertama yang penting jika ingin memilih rumah adalah melihat siapa yang akan menjadi tetangga kita. Karena tetangga berperan penting bagi kenyamanan kita. Senyaman apapun rumah apabila tidak diimbangi dengan ketenangan dalam bertetangga tentu akan merasa kurang. Salah satu fungsi dari rumah adalah memberikan ketenangan. Maka dari itu lihatlah tetangga Anda. Selain itu, carilah rumah yang sudah ada ruangan khusus untuk shalat supaya bisa mendekatkan diri kepada Tuhan YME.

2. Asal Ruangannya Cukup

Kemudian, orang-orang yang ingin memilih rumah menurut Islam harus memperhatikan ruangan yang ada di rumah tersebut. Meski tidak besar tidak masalah. Selama ruangannya cukup dan memenuhi kebutuhan dari para penghuni rumah, tentu luas rumah sudah bukan lagi masalah.
Meski tidak luas, jika rumah tertata dengan baik dan terdapat ruangan yang layak digunakan untuk beribadah, rumah tersebut sudah sesuai dengan ajaran Islam. Selain itu, coba perhatikan lobby rumah. Ini dimaksudkan supaya tamu tidak langsung melihat ruangan yang didalamnya terdapat aktivitas para penghuni.

3. Menjaga Privasi Penghuni

Ketiga, pilihlah rumah yang dapat menjaga privasi dari para penghuninya. Rumah adalah kebutuhan pokok yang harus terpenuhi. Rumah yang Anda pilih harus yang mempunyai ruangan yang teratur. Ini berguna untuk melindungi privasi dari para penghuninya. Jadi Anda bisa pilih rumah yang ada dua kamar, satu digunakan untuk suami dan istri sedangkan satu lagi khusus untuk anak. Jika memiliki dua anak yaitu laki-laki dan perempuan, itu artinya Anda harus mencari rumah yang memiliki 3 kamar. Jadi nanti anak laki-laki dan perempuan punya kamar masing-masing.

4. Tidak Bermegah-Megahan

Jika memiliki rezeki yang lebih saat membangun rumah, mungkin Anda ingin membangun rumah secara bermegah-megahan. Tapi selalu ingat jika rumah yang berlebih-lebihan tidak baik. Karena itu meski memiliki uang yang banyak, tetaplah ingat dengan ajaran Islam yang melarang umatnya untuk bermegah-megahan. Karena kebanyakan manusia yang mendapatkan kelebihan rejeki akan lupa dan lalai terhadap kewajiban mereka. Jadi jangan pernah mengikuti perbuatan seperti ini. Karena di akhirat kelak, Anda akan mempertanggung jawab tentang hasil uang yang Anda dapatkan di dunia ini.

5. Cari yang Lingkungannya Bersih

Dan yang terakhir adalah pilih rumah yang bersih. Karena di dalam Islam sendiri kebersihan adalah sebagian daripada iman. Jadi jika ingin hidup sesuai dengan syariat islam, maka ikuti aturan yang sudah ada dalam syariat islam. Lingkungan rumah yang akan Anda beli harus bersih. Ruangan-ruangan di dalamnya juga harus selalu terjaga kesuciannya.

Demikianlah tips memilih rumah menurut Islam yang wajib Anda ketahui. Jadi jika ingin mencari rumah, pastikan semua tips di atas Anda ikuti dengan benar supaya rumah yang Anda dapatkan adalah rumah yang sesuai dengan ajaran Islam. Anda ingin konsultasi tentang hal yang menjadi pertimbangan saat ingin membeli rumah?

Yuk diskusikan dengan kami Mulia Arstitek
Kontak Admin kami di WA : wa.me/628112648986

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat