Contoh Arsitektur Islam yang Menakjubkan Di Berbagai Negara

Contoh Arsitektur Islam yang Menakjubkan Di Berbagai Negara

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Contoh Arsitektur Islam yang Menakjubkan Di Berbagai Negara. Bentuk arsitektur islami bisa dengan mudah kita jumpai di banyak negara/bangsa. Arsitektur merupakan seni yang dapat menciptakan lingkungan menjadi lebih indah. Bangunan pendidikan, keagamaan, ibadah dan sebagainya tentu menggunakan rancangan dengan sedemikian rupa guna memberikan fungsinya dalam masyarakat. Tapi jangan hanya memperhatikan keindahannya saja, karena yang terpenting adalah fungsinya juga.

Beberapa Contoh Arsitektur Islam yang Menakjubkan Di Berbagai Negara

Arsitekturi yang islam biasanya dengan mudah kita jumpai di beberpa negara di belahan dunia ini. Arsitektur Arab dikenal memiliki warna yang cerah, pola dinamis dan berulang, elemen struktural yang unik baik visualnya maupun representatif dari arsitektur itu sendiri. Bangunan ini adalah warisan dari budaya islam sehingga memberikan karakteristik tersendiri. Nah berikut ini ada beberapa sampel arsitektur Islami yang menakjubkan dan menarik di banyak negeri :

1. Taj Mahal

Taj Mahal merupakan salah satu bangunan yang memiliki beberapa gaya termasuk islam tradisional. Bangunan ini termasuk salah satu yang paling terkenal di dunia. Seorang kaisar bernama Mughal membuat bangunan megah ini dan memberinya nama Taj Mahal sebagai tempat untuk meletakkan makam istri yang ia cintai. Di bangunan ini terdapat lima kubah, empat menara dan lengkungan yang banyak jumlahnya. Dengan desain yang rumit baik di bagian ekstreior maupun interiornya membuat bangunan ini sangat mengesankan.

2. Burj Al Arab

Selain itu ada Burj Al Arab yang letaknya ada di Dubai. Burj Al Arab adalah hotel yang ada di dubai dan merupakan salah satu wujud arsitektur Islami modern. Pembuatannya sendiri menelan biaya yang sangat besar guna mendapatkan kesan mewah. Selain itu, gayanya yang unik mengundang banyak orang untuk mengunjunginya langsung. Di era modern saat ini, bangunan menjulang di Dubai ini sempat viral dan menjadi wujud arsitek Islami yang menarik di beberapa negara

3. The Citadel

The Citadel adalah hasil karya dari seorang arsitektur. Karya yang indah ini mendapatkan sentuhan arsitektur islam. Letaknya berada di negeri Suriah. Awalnya The Citadel peruntukannya, tidaklah lebih dari sekedar benteng pertahanan. Alasan membangun benteng adalah supaya musuh yang datang sulit untuk menembusnya. Anda bisa melihat arsitektur islam pada bagian pintu masuknya. Dimana pintu tersebut terbuat dari susunan batu yang kokoh dan kuat. Sayangnya saat ini, salah satu jembatan di bangunan The Citadel dikabarkan telah runtuh.

4. Istana Montaza

Istana Montaza adalah salah satu istana yang menakjubkan di dunia.Istana ini terletak di negara Mesir. Mulai pembangun pada tahun 1932 silam dan penggunaannya sebagai tempat untuk peristirahatan seorang raja yang bernama Raja Faud I. Keberadaan istana ini menarik karena berada di pesisir yakni pinggir laut Mediterania. Tidak hanya itu saja, arsitektur dengan gaya islami ini sangat mencolok dengan ukiran yang khas. Banyak wisatawan datang kesini untuk melihat keindahannya yang penuh pesona  tidak hanya di taman istana tapi juga di dalamnya.

5. Benteng Agra

Dan yang terakhir ada Benteng Agra di negara India. Jadi jika Anda hanya mengenal Taj Mahal sebagai bangunan dengan arsitektur islam di India, itu berarti Anda belum pernah melihat atau mendengar nama Benteng Agra. Benteng ini sangat menakjubkan sehingga wajib menjadi destinasi primadona para wisatawan. Lokasinya pun tidak begitu jauh dari Taj Mahal. Bangunan ini menjadi salah satu benteng pertahanan di India.

Bangunan agra didominasi oleh arsitektur islam yang mempunyai warna terracotta. Tidak Cuma itu saja, terdapat ukiran berwarna putih yang khas sehingga menjadi karakter dari bangunan ini.

Itulah beberapa Contoh Arsitektur Islami yang terbukti sangat menyita perhatian yang kiranya perlu diketahui. Masih ada banyak lagi arsitektur di dunia yang bangunannya begitu indah dan mempesona. Semoga bermanfaat.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat