Desain Rumah Islami

Desain Rumah Islami yang Bisa Menjadi Referensi Anda

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Desain Rumah Islami. Banyak orang saat ini sangat tertarik dengan rumah bergaya islami. Rumah dengan konsep seperti ini banyak yang suka karena selain menarik, rumah tersebut juga sesuai dengan kaidah dan ajaran dalam Islam. Maka dari itu, tips dasar desain rumah islami harusnya menjadi pedoman untuk Anda yang ingin membangun rumah. Pastikan rumah yang Anda bangun sesuai syariat islam sehingga hidup penuh dengan keberkahan.

Beberapa Tips Dasar Desain Rumah Islami

Meski tidak ada ketentuan khusus seperti pada rumah dengan gaya minimalis, tropis dan sebagainya, tapi banyak tersurat ketentuan rumah yang bisa masuk kategori sebagai rumah muslim. Nah berikut ini beberapa kaidah tersebut yang tertuang pada desain rumah sehingga mencerminkan jika rumah tersebut adalah rumah umat muslim. Berikut beberapa tips dasar desain rumah islami yang wajib diketahui:

1. Bangun Rumah Di Lingkungan yang Baik

Tips pertama bagi yang ingin membangun rumah islami adalah mencari lokasi di lingkungan yang baik. Selain aman, lingkungan harus bersih dari wabah penyakit, fitnah, prostitusi dan sebagainya. Rumah yang Anda bangun hendaklah dekat dengan berbagai fasilitas ibadah seperti masjid dan mushola. Tidak lupa, tetangga di sekitar rumah harus baik karena ini akan menciptakan sebuah lingkungan yang kondusif dan soleh.

2. Jauhi Semua Hal yang Berbau Syirik

Selain itu, tips dasar desain rumah islami yang kedua adalah menjauhi syirik Jika ingin hunian yang membawa banyak keberkahan, maka hunian tersebut harus jauh dari segala syirik. Lalu, syirik seperti apa yang sebaiknya Anda hindari? Jadi jika ingin terhindar dari syirik, Anda tidak boleh menggunakan dukun untuk bertanya tentang ini dan itu.

Jangan pula memilih elemen yang berbau syirik. Jika Anda ingin terhindar dari segala syirik dan dengki, maka elemen dekorasi juga harus mendapat perhatian lebih. Pilih dekorasi seperti ukiran tanaman, kaligrafi, kaca mozaik dan sebagainya. Karena jika menghindar dari segala hal yang berbau syirik seperti ini, malaikat akan senang hati memasuki rumah Anda dan mendoakan semua penghuni di dalamnya.

3. Tidak Berlebihan

Rumah islami adalah rumah yang tidak berdiri dengan desain yang terlalu berlebihan.Jadi bila ingin membangun rumah, buatlah rumah yang cukup saja. Jangan terlalu mewah apalagi mahal. Sesuaikan dengan kebutuhan para penghuni rumah. Bisa menciptakan ruang tahu yang besar supaya bisa ada acara nanti, ruang tersebut bisa Anda pergunakan. Tapi jangan sampai berlebihan. Karena islam tidak mengajarkan umatnya untuk hidup berlebihan.

4. Sediakan Tanaman Buah

Keempat, sediakan tanaman buah karena Allah swt menggambarkan jika rumah di surge nanti penuh dengan pepohonan dan tanaman buah-buahan. Karena itu, Anda bisa jadikan konsep ini pada saat pembangunan rumah dilakukan. Rumah akan tampak lebih asri, nyaman dan indah. Tidak ada salahnya tambahkan air mancur dan kolam jika ingin mempercantik halaman rumah Anda.

5. Optimalkan Pencahayan

Dan terakhir, optimalkan pencahayaan di rumah Anda. Seperti yang kita tahu, rumah-rumah dengan konsep islam sangat memperhatikan semuanya terutama cahaya dan angina yang masuk ke dalam rumah. Pastikan ruangan-ruangan di rumah Anda bisa mendapatkan angin dan cahaya matahari yang cukup. Jangan lupa kanopi yang akan menjadi peneduh rumah Anda.

Jadi itulah tips dasar desain rumah islami yang bisa dijadikan referensi nanti. Rumah Islami tidak harus mewah tetapi cukup untuk para penghuninya. Meski uang yang dimiliki banyak, tapi rumah tetap harus sederhana dan tidak boleh berlebih-lebihan.

Kami Undang Anda untuk diskusi tentang Desian Rumah yang layak dan Islami bersama Tim Kami

Yuk diskusikan dengan kami Mulia Arstitek
Kontak Admin kami di WA : wa.me/628112648986

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat