Inspirasi Desain Rumah Islami

Beberapa Inspirasi Desain Rumah Islami yang Patut Dicontoh

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Inspirasi Desain Rumah Islami. Ibadah adalah hal yang utama bagi umat islam yang ingin menyempurnakan agamanya. Tapi apakah Anda tahu jika hunian islami juga bisa membantu Anda untuk menyempurnakan ibadah? Tidak perlu rumah dengan desain mewah, asalkan rumah tersebut mengikuti syariat agama, hunian pasti akan membawa keberkahan. Di bawah ini ada beberapa inspirasi desain rumah islami yang bisa Anda jadikan contoh jika ingin hunian yang islami.

Inspirasi Desain Rumah Islami yang Patut Dicontoh

Sebuah rumah dapat masuk kategori baik menurut agama bila memudahkan penghuninya untuk beribadah. Rumah juga harus terjaga kebersihannya. Bila ingin rumah yang islami, sebenarnya tidak begitu banyak aturan di dalam Islam terkait desain maupun penataan rumah itu sendiri. Tapi berikut ini sudah ada informasi terkait inspirasi desain rumah islami yang bisa Anda rujuk :

1. Hindari Penggunaan Patung

Pertama, hindari penggunaan patung bila ingin hidup berkelimpahan keberkahan. Patung biasanya muncul dan penggunaannya sebagai penghias luar rumah. Dengan patung, rumah akan terlihat jauh lebih menarik. Patung sendiri bisa berupa flora, fauna dan aksen yang bentuknya unik. Tapi apakah Anda tahu jika islam melarang pemakaian patung di rumah? Alasannya karena patung dapat menjadi sarang jin dan khawatirnya menjadi media pemilik rumah untuk pemujaan.

2. Tidak Menggunakan Perabotan dari Emas dan Perak

Selain itu, hal lain yang sebaiknya Anda hindari jika ingin memiliki rumah islami adalah menghindari perabotan emas dan juga perak. Ini hukumnya haram. Bukan cuma haram saja, jadi jika ada kelebihan harta, jangan gunakan untuk bermewah-mewahan apalagi sampai membeli perabotan dari emas dan perak.

3. Hindari Memajang Lukisan Bernyawa

Inspirasi desain rumah islami yang ketiga adalah hindari rumah yang memasang lukisan bernyawa. Banyak orang menghias dinding di rumah mereka dengan gambar, lukisan, foto dan sebagainya. Bentuk lukisan yang paling umum adalah animasi hewan, tumbuhan hingga manusia. Ternyata lukisan bernyawa menjadi larangan untuk Anda pajang di rumah menurut Islam.jadi bila ingin rumah mendapatkan ketenangan dan keberkahan, sebaiknya jangan jadikan lukisan bernyawa sebagai hiasan di rumah Anda.

4. Buat Ruangan Khusus Ibadah

Sebuah rumah dapat dikatakan islami jika memudahkan pemiliknya untuk beribadah. Karena itu, buatlah ruangan khusus untuk ibadah. Karena ketika Anda membuat rumah yang ada ruangan khusus untuk melakukan ibadah, maka rumah tersebut bisa memberikan kedamaian, kenyamanan, ketenangan kepada penghuninya.

Di ruang khusus tersebut, Anda bisa berjamaah, membaca Alquran atau kegiatan yang lain. Ruang ibadah tentu penggunaannya untuk tempat belajar anggota keluarga. Ini berlatar belakang bawah  rumah bukan hanya tempat untuk berkumpul keluarga saja tapi tempat untuk mendidik anak-anak di usia dini terutama pendidikan agama.

5. Privasi Harus Terjaga

Sebuah rumah bisa dikatakan baik ketika rumah tersebut mampu menjaga privasi pemilik rumah beserta penghuninya. Rumah tersebut harus memperhatikan tata letak dan desain dari rumah. Sebaiknya pintu rumah tidak boleh langsung menghadap kedepan yang dapat memperlihatkan semua isi rumah. Sebaiknya pintu berada di samping supaya isi rumah tidak terlihat secara keseluruhan.

6. Memilih Warna Putih

Dan terakhir adalah memilih warna putih pada dinding rumah. Ini adalah inspirasi desain yang cocok bagi Anda yang sangat menginginkan rumah islami. Desain rumah islami sifatnya opsional bisa digunakan dan bisa pula tidak. Rasulullah sangat menyukai warna putih. Jadi gunakan warna tersebut bila ingin mengecat rumah.

Jadi itulah beberapa inspirasi desain rumah islami yang dapat dicontoh. Membangun rumah impian jangan hanya memikirkan soal kemewahan tapi keberkahan di dalamnya. Semoga bermanfaat.

Mari mencari ide dan inspirasinya bersama kami. Yuk diskusikan dengan kami Mulia Arstitek
Kontak Admin kami di WA : wa.me/628112648986

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat