Konsep Rumah Islami Yang Tengah Populer Di Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Konsep Rumah Islami Yang Tengah Populer Di Indonesia. Maraknya pembangunan properti di Indonesia saat ini membuat para developer atau pengembang menciptakan hunian yang konsepnya berbeda. Sebagian pengembang kini memakai konsep rumah islami. Meski tengah populer di Indonesia, tapi nyatanya masih banyak yang belum tahu tentang konsep rumah satu ini. Karena itu, coba simak penjelasannya terlebih dahulu di bawah ini.

Mengenal Apa Itu Konsep Rumah Islami?

Konsep hunian islami tengah banyak dipilih developer Indonesia untuk menarik perhatian konsumen. Seperti namanya, konsep hunian ini akan mengedepankan nilai islam. Tidak hanya dalam bentuk desain bangunannya saja tapi konsep ini juga bisa diaplikasikan ke lingkungan sosial hingga transaksi jual beli dengan skema syariah. Supaya tidak salah, berikut ini ada penjabaran lengkap mengenai konsep rumah Islami:

1.     Tersedia Ruangan untuk Ibadah

konsep hunian islami identik dengan ruangan khusus yang bisa digunakan pemilik rumah untuk beribadah. Ini akan mewujudkan rumahku adalah surgaku. Ruangan yang dibuat khusus untuk shalat ini bisa digunakan oleh pemiliknya untuk melakukan berbagai kegiatan yang berkenaan dengan ibadah mereka seperti membaca Al-Qur’an dan ibadah lainnya. Ruang ibadah pun bisa digunakan untuk tempat belajar para anggota keluarga terutama anak-anak yang sudah sepatutnya diberikan pendidikan agama.

Tidak hanya di dalam rumah saja, perumahan yang mengusung konsep seperti ini akan mendapatkan fasilitas berupa masjid, mushola, TPA dan sebagainya. Bahkan ada beberapa perumahan yang membangun rumah khusus anak-anak tahfiz. Tentunya ini adalah nilai plus untuk Anda yang ingin mencari rumah atau membangun rumah dengan konsep islami.

2.     Memiliki Pencahayaan yang Bagus

Kemudian, rumah yang disinari cahaya matahari membuat rumah tersebut menjadi lebih hidup. Para penghuninya pun akan lebih sehat. Ini adalah konsep rumah Islami kedua yang biasanya ada di perumahan dengan konsep islami. Ajaran islam sendiri menyinggung perihal cahaya matahari yang masuk ke rumah supaya penghuninya merasa nyaman dalam melakukan berbagai kegiatan sehari-hari.

Siapa sih yang tidak merasa nyaman jika berada dalam hunian yang ada pencahayaan dan sirkulasi udara yang baik di dalamnya? Jadi tak heran jika hunian seperti ini akan banyak dijumpai di rumah-rumah syariah yang ada di Indonesia. Karena itu bila ingin mencari perumahan nanti coba perhatikan pencahayaannya terlebih dahulu sebagai salah satu pertimbangan saat memilih nanti.

3.     Toilet Tidak Boleh Menghadap Kiblat

Pada saat memilih hunian untuk tempat tinggal, cobalah cari rumah yang toiletnya tidak menghadap ke kiblat. Sebab kiblat adalah pedoman beribadah untuk umat Muslim. Tidak hanya untuk beribadah saja, Rasulullah SAW juga mengajarkan umatnya untuk tidur dan melakukan kegiatan lain dengan menghadap ke kiblat.

Sedangkan untuk buang hajat justru tidak dianjurkan menghadap kiblat atau bahkan membelakanginya. Karena itu toilet di rumah-rumah islami tidak akan menghadap kiblat sebab dianggap tidak layak. Dan yang tak kalah penting adalah kebersihan dari rumah itu sendiri. Sebab Islam mengajarkan jika kebersihan merupakan sebagian daripada iman.

4.     Tidak Menghalangi Untuk Bersilaturahmi

Dan terakhir, jangan pernah membangun hunian yang bisa menghalangi Anda saat bersilaturahmi dengan orang lain. Rumah adalah tempat yang tepat untuk memuliakan tetangga dan tamu. Jadi pilih desain rumah yang apik dan fasad. Desain harus dibuat dengan fasad dan mementingkan kehidupan bermasyarakat salah satunya adalah tidak menggunakan pagar.

Itulah beberapa konsep rumah Islami yang bisa Anda jadikan pedoman saat membangun atau membeli rumah nanti. Jika tidak memiliki uang banyak untuk membangun rumah tidak ada salahnya membeli dengan cara mencicil. Saat ini sudah banyak KPR syariah yang menjual rumah dengan metode cicilan tanpa riba.

 

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat