Membangun Rumah Sesuai Syariat Islam Supaya Berkah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Membangun Rumah Sesuai Syariat Islam Supaya Berkah. Setiap orang mendambakan rumah yang tidak hanya memberikan kenyamanan saja, tapi juga keberkahan dan kebaikan di dalamnya. Karena itu, Rasulullah memberikan anjuran agar umat muslim membangun rumah sesuai syariat Islam. Jadi bagi yang ingin mendapatkan berkah dan tambahan kebaikan, bangunlah rumah sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW.

Anjuran Membangun Rumah Sesuai Syariat Islam

Membangun rumah sesuai dengan syariat Islam adalah hal yang penting untuk dipahami. Karena itu bagi yang tengah berencana ingin mendirikan rumah. Coba simak dulu beberapa anjuran mendirikan rumah menurut Islam berikut ini:

1. Dekat Masjid

Anjuran pertama adalah bangunlah rumah yang lokasinya tidak begitu jauh dari masjid atau musholla. Ini dimaksudkan supaya Anda semakin bersemangat untuk menjalankan ibadah. Anjuran ini sangat penting untuk dilakukan. Karena Allah menjadikan kita dengan tujuan beribadah kepada-Nya. Rumah yang lokasinya dekat dengan masjid pasti akan dipenuhi dengan keberkahan.

2. Lihat Lingkungan Sekitar

Selain itu, bila ingin membangun rumah sesuai syariat islam, coba perhatikan seperti apa lingkungan yang ada di sekitarnya. Karena hubungan dengan tetangga akan sangat penting nanti. Tetangga yang baik tentu bisa menjadi partner yang baik pula. Tapi sebaliknya jika tetangga yang ada di dekat rumah baru tersebut tidak baik, ini akan menjadi masalah untuk Anda di kemudian hari.

Tidak hanya tetangga saja, perhatikan pula keamanan dan kehidupan sosial di lingkungan tersebut. Coba tanyakan terlebih dahulu ke ketua RT setempat untuk mendapatkan informasi ini. Usahakan jangan tinggal di wilayah yang penuh dengan kemaksiatan, perjudian apalagi pencuri dan pemakai narkoba.

3. Jendela Tidak Boleh Dekat Tetangga

Anjuran membangun rumah sesuai dengan syariat islam yang ketiga adalah jendela rumah tidak boleh dekat dengan tetangga. Ini adalah anjuran yang sudah diberikan Rasulullah kepada umat Islam. Jangan membangun rumah dimana jendelanya terlihat sangat dekat dengan rumah tetangga. Sebagai umat yang beragama, tentu Anda harus menghormati orang lain apabila ingin dihormati juga. Jadi anjuran yang ketiga ini tidak boleh sampai terlupakan.

4. Memisahkan Pintu Untuk Laki-Laki dan Perempuan

Ini adalah salah satu anjuran membangun rumah sesuai dengan anjuran Rasulullah SAW. Tapi sayangnya banyak yang mengabaikan anjuran ini. memisahkan pintu untuk laki-laki dan perempuan adalah salah satu cara agar rumah mendapatkan banyak keberkahan. Pemisahan pintu dapat membantu menjaga pandangan. Selain itu, dalam menggunakan harta juga tidak boleh berlebih-lebihan apalagi sampai membangun rumah dengan bangunan yang sangat tinggi. Karena harta yang banyak akan membuat hisab Anda juga berat di akhirat nanti.

5. Membuat Ruang Sholat

Jika ingin membangun rumah, jangan lupa tambahkan ruangan untuk shalat. Ini adalah anjuran yang penting untuk diterapkan. Perlu tempat khusus yang bisa digunakan sebagai tempat shalat. Jangan sampai nanti shalat dilakukan tidak pada tempatnya. Karena yang dikhawatirkan disini adalah adanya najis atau kotoran yang membuat ibadah kita jadi tidak mendapatkan ganjaran pahala.

6. Tidak Menggunakan Perkakas Berlebihan

Dan yang terakhir, jangan pernah gunakan perkakas berlebihan. Jadi jika perkakas tersebut memang tidak digunakan jangan membelinya. Apalagi jika tujuannya hanya untuk menyombongkan diri dan harta benda yang dimiliki. Hiduplah secara sederhana jika ingin mengikuti syariat dalam agama Islam.

Itulah beberapa anjuran pembangunan rumah sesuai syariat Islam. Jadi ketika bangun rumah, ikuti anjurannya supaya rumah Anda nanti dipenuhi dengan keberkahan.

 

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat