Mengenal Apa Saja yang Termasuk Contoh Patung Arsitektur

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Mengenal Apa Saja yang Termasuk Contoh Patung Arsitektur. Bagi Anda yang merupakan pecinta seni pastinya perlu mengetahui contoh patung arsitektur. Di mana patung arsitektur masuk ke dalam jenis patung yang kerap kita temukan. Adapun patung sendiri adalah salah satu karya seni paling tua yang sampai sekarang sering Anda temui. Negara Indonesia mempunyai banyak pengrajin kesenian patung yang profesional dan ahli dalam menciptakan patung dengan berbagai macam keperluan.

Adapun salah satu jenis kerajinan satu ini yang tergolong banyak dipilih oleh orang-orang yaitu patung arsitektur. Sebagai salah satu jenis seni rupa, patung arsitektur banyak digunakan sebagai beberapa fungsi. Sebut saja untuk sarana ibadah, dekorasi bangunan ataupun monument. Pembuat patung arsitektur adalah seorang seniman sebagai wujud dari ekspresi gagasan, komunikasi serta seni sehingga banyak orang bisa menikmati keindahan sekaligus fungsinya.

Apa Saja Contoh Patung Arsitektur?

Sebelum mengetahui tentang contoh patung arsitektur, ada baiknya Anda memahami tentang pengertian seni jenis ini. Patung arsitektur merupakan patung yang diciptakan agar dapat memperindah konstruksi sebuah bangunan. Adapun jenis patung arsitektur lebih mengutamakan kekuatan serta keindahan di dalam desainnya. Dengan demikian patung tersebut bisa mendukung nilai estetika sebuah konstruksi bangunan serta lingkungan yang ada di sekitarnya.

Biasanya patung seperti ini dikerjakan oleh seorang arsitek atau seniman patung. Umumnya pengaplikasian patung arsitektur dipakai untuk sebuah rumah, gedung, maka atau mausoleum, jembatan, museum dan masih banyak lagi. Adapun patung satu ini terintegrasi dengan struktur atau umumnya juga bisa berdiri sendiri. Di mana keberadaan sebuah patung arsitektur biasanya ada di bagian depan bangunan.

Ada beberapa contoh dari patung arsitektur yang bisa kita temukan dan terbagi berdasarkan jenis-jenisnya. Apa saja contoh jenis patung tersebut? Di bawah ini ada informasi selengkapnya untuk Anda.

1.     Patung Arsitektur Abstrak

Untuk contoh patung arsitektur yang pertama ada patung dengan tema abstrak dan bisa dijumpai dalam bermacam bentuk. Para pecinta seni dan seniman pastinya akan merasa senang dengan jenis patung arsitektur tersebut lantaran mengeluarkan kesenian yang sesungguhnya. Tak heran jika banyak sekali penggemar patung arsitektur abstrak.

Selain itu baik ukuran dan model contoh patung ini sangat beragam. Hal ini lantaran dalam proses pembuatannya akan berlangsung berdasarkan pemikiran yang berasal dari para senimannya. Walaupun abstrak, patung arsitektur abstrak mempunyai makna atas dasar pembuatannya. Biasanya patung jenis ini diletakkan di bagian tengah ruangan atau kalau tidak, keberadaannya terletak di bagian depan halaman suatu bangunan.

2.     Patung Arsitektur untuk Tempat Ibadah

Contoh patung arsitektur berikutnya cukup sering kita temukan. Ini adalah patung untuk tempat ibadah atau religi yang berfungsi untuk berdoa. Biasanya pengrajin akan membuat patung tersebut dalam jumlah banyak lalu mereka jual. Pembuatannya akan disesuaikan berdasarkan dewa atau tuhan di dalam ajaran agama mereka yang merupakan pemesan.

3.               Patung Arsitektur di Taman

Patung taman juga termasuk dalam contoh patung arsitektur saat di salah satu sudutnya ada bangunan walaupun hanya berbentuk gazebo. Patung ini tentu saja berfungsi untuk menghiasi taman. Selain itu patung tersebut akan membuat bangunan di dekatnya semakin terlihat estetik. Untuk bahan yang dipakai untuk membuat patung tersebut umumnya berupa batu.

Itulah beberapa contoh patung arsitektur yang kerap ditemukan di sekitar kita. Jika Anda tertarik membuat patung arsitektur maka perlu menghubungi pengrajin yang tepat agar bisa menciptakan patung terbaik dan hasilnya indah.

 

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat