Mengetahui Konsep Dasar Arsitektur Islam

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Mengetahui Konsep Dasar Arsitektur Islam. Konsep dasar arsitektur islam wajib Anda ketahui jika memiliki niat untuk mengadopsi gaya pembangunan hunian khas islami dan terlihat cantik. Seperti yang kita tahu, agama islam mengatur seluruh kegiatan manusia di dunia. Adapun peraturan dari agama islam tidak terbatas hanya mengatur terkait persoalan ibadah. Ada juga peraturan yang tidak termasuk dalam hal ibadah namun bersifat muamalah seperti saat berarsitektur.

Adapun keberadaan konsep tersebut penting agar para umat muslim mengetahui batasan-batasan mereka dalam membangun rumah. Sehingga pengetahuan tersebut menghindari Anda dari beberapa hal yang salah dan sifatnya cukup fatal di dalam islam. Contohnya saja letak kloset yang tidak diperhatikan saat membangun sebuah rumah. Jika Anda menerapkan konsep dasar dalam arsitektur islam maka toilet yang menghadap ke arah kiblat tidak akan pernah ada.

Apa-apa Saja dalam Konsep Dasar Arsitektur Islam?

Secara garis besar, pada konsep dasar arsitektur islam merujuk kepada ayat Quraniyah yang berasal dari dalam Al Quran. Selain itu konsep tersebut juga merujuk pada Kauniyah yaitu bentuk hukum alam. Sehingga dalam penerapannya, konsep arsitektur islam dengan sarana dan prasarana pendidikan harus dapat memenuhi prinsip tuhan dan lingkungan. Pasalnya konsep arsitektur islam merupakan olahan dengan sifat yang tidak akan merusak alam.

Selain itu konsep tersebut juga harus sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan banyak orang. Di mana hal ini berlaku dalam berbagai aktivitas termasuk dalam mulai merancang maka seorang arsitek muslim harus berpegang teguh terhadap Al Quran serta as Sunnah. Dengan demikian diharapkan arsitektur tersebut bisa menciptakan rancangan yang memberikan manfaat.

Sementara itu arsitektur islami merupakan konsep dasar arsitektur islam yang mempunyai sifat-sifat keislaman. Bisa jadi yang termasuk dalam arsitektur islami yaitu arsitektur yang bukan berasal dari islam tetapi karena sejalan dengan konsep islami maka bisa menjadi bagian di dalamnya. Di mana konsep tersebut mengandung 4 komponen sebagai pokok dasar pemikiran di dalam penerapannya antara lain:

1.     Ijtihad

Pada konsep arsitektur islam, terdapat konsep ijtihad yang artinya adalah usaha sungguh-sungguh dari seorang mujtahid yaitu orang yang melakukan ijtihad. Sehingga ia bisa mencapai sebuah keputusan terkait sesuatu yang belum ada penjelasan lengkapnya di dalam Al Quran dan as Sunnah Rasulullah SAW namun tidak bertentangan dengan isi Al Quran dan as Sunnah.

2.               Taqlid

Pada konsep dasar arsitektur islam ada juga konsep bernama Taqlid. Adapun Taqlid ini artinya menerima sesuai dengan cara dogmatis, apa adanya serta tanpa harus dimengerti secara terperinci lebih dahulu.

3.               Anti Mubazir

Pada konsep ini artinya adalah tidak berlebih-lebihan. Dengan demikian keindahan atau elemen estetika dalam arsitektur memiliki pandangan anti kemubaziran. Pada intinya ini adalah efisiensi demi mendapat hasil lebih optimal.

4.               Rasional

Ada juga konsep rasional dalam konsep dasar arsitektur islam yang artinya bisa diterima oleh seluruh kalangan dengan tidak mengada-ada tentang suatu penggunaan sebuah hal seperti pemakaian symbol. Dimana beberapa symbol dilarang dalam islam dan bisa mengundang kesyirikan ataupun hal-hal negatif lain menurut pandangan agama islam. Oleh sebab itulah pemahaman tentang konsep arsitektur islam sangatlah penting dalam membangun rumah.

Itulah beberapa hal penting tentang konsep dasar arsitektur islam yang perlu Anda ketahui sebelum sudah terlanjur menerapkannya dalam gaya bangunan. Selain itu Anda juga bisa memilih arsitektur islam agar tidak terjadi kesalahan yang fatal nantinya.

 

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat