Mengenal Seperti Apa Perkembangan Arsitektur Islam

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Mengenal Seperti Apa Perkembangan Arsitektur Islam. Perkembangan arsitektur islam terus mengalami perubahan sejak awal kemunculannya hingga di masa modern seperti sekarang. Di mana saat ini penerapan arsitektur islam tak sebatas hanya untuk rumah ibadah seperti mushola dan masjid. Sebab saat ini arsitektur islami mencakup bangunan berupa rumah yang menjadi tempat tinggal. Bahkan ada bangunan dengan fungsi sebagai umum yang menggunakan arsitektur islami sebagai desain bangunannya.

Jika melihat dari sejarah, perjalanan dalam perkembangan arsitektur tersebut sangat panjang. Bagaimana tidak, perkembangan arsitektur islami sendiri dimulai dari zaman kepemimpinan Nabi Muhammad sampai era modern seperti masa sekarang. Selama perkembangannya itu, arsitektur islami banyak mengalami perubahan pada aspek tertentu atau dikenal dengan istilah asimilasi dengan berbagai kebudayaan yang ada.

Seperti Apa Perkembangan Arsitektur Islam yang Sudah Terjadi

Dalam perkembangan arsitektur islam, ada banyak perubahan yang terjadi dan dipengaruhi oleh budaya lain. Adapun sejumlah kebudayaan yang diketahui sudah berasimilasi dengan arsitektur tersebut antara lain Mesir, Romawi, Persia hingga Indonesia. Di mana asimilasi tersebut sukses menghadirkan tampilan arsitektur islam dengan ciri khas dan ornamen untuk dan berbeda pada masing-masing budaya.

Sebagai informasi, arsitektur islam merupakan bentuk karya seni yang berasal dari aspek fisik dan metafisik sebuah bangunan dengan konsep pemikiran dalam agama islam. Adapun konsep pemikiran islam dalam hal ini berasal dari Al Quran, Nabi, sunnah nabi, keluarga nabi, para sahabat nabi, ulama sampai cendekiawan muslim. Aspek fisik adalah aspek yang terlihat secara nyata dengan panca indra atau setiap lekuk bentuk dari suatu bangnan.

Dalam perkembangan arsitektur islam, terdapat fasad arsitektur yang merupakan hasil gabungan dengan kebudayaan lain. Di mana gabungan tersebut menghasilkan ciri bangunan yang khas misalnya pemakaian kubah, ornamen islam, kaligrafi, dan lain-lain. Di samping itu, aspek segi metafisik adalah aspek yang tak bisa terlihat menggunakan panca indera tetapi Anda tetap bisa merasakan maknanya.

Sejarah Perkembangan Arsitektur Islami

Dalam sejarah peradaban agama islam, ada sejumlah bangunan pada masa Nabi Muhammad SAW. Di mana bangunan tersebut merupakan awal mula kemunculan arsitektur tersebut. Salah satu contohnya adalah Masjid Juatha yang merupakan masjid tertua dalam sejarah islam. Pada saat ini struktur asl masjid sudah menjadi reruntuhan. Kendati demikian masjid tersebut masih dipakai untuk kegiatan beribadah.

Dalam perkembangan arsitektur islam, arsitektur tersebut pertama kali dipopulerkan saat masa Khulafaur Rasyidin tepatnya tahun 632 sampai 661 Masehi. Di mana ini adalah kepemimpinan islam oleh para sahabat Nabi sesudah Rasulullah meninggal. Kemudian perkembangan berlanjut di Dinasti Umayyah pada tahun 661 sampai 750 Masehi. Pada perkembangannya ini ada kombinasi sejumlah elemen dari arsitektur Sassanid dan arsitektur Byzantium.

Pada arsitektur Umayyah rupanya memperkenalkan gaya arsitektur baru yang mana menggabungkan antara kebudayaan barat dan timur. Selain itu dalam arsitektur tersebut mulai dipakai sejumlah jenis dekorasi antara lain cat dinding, mosaic, relief dan patung dengan tambahan motif khas islam.

Kendati demikian gaya arsitektur islam yang menonjol baru mengalami perkembangan sesudah dipadukan dengan arsitektur khas Persia, Bizantium, Mesir dan Romawi. Salah satu contoh perkembangan arsitektur islam awal yang sangat populer adalah Masjid Al Aqsa. Aspek mencolok dari bangunan tersebut yaitu ruang tengan dengan rancangan luas dan terbuka.

Itulah informasi terkait perkembangan arsitektur islam dari awal kemunculannya sampai akhirnya populer dan banyak digunakan oleh orang-orang untuk rancangan hunian mereka ataupun bangunan umum lainnya.

Anda memimpikan memiliki rumah atau bangunan dengan gaya arsitektur Islami? Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain rumah yang islami dengan tim kami di Mulia Arsitek, untuk mendapatkan desain interior dan eksterior yang Islami. Hubungi Admin kami di WA kami yah, wa.me/628112648986

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Di Balik Gaya: Dekorasi Maroko

    Gaya bohemian adalah pilihan ideal bagi orang yang ingin merangkul gaya dan tema dari banyak budaya dan disiplin ilmu. Dalam hal desain interior bohemian, tidak

    Read More »

    Mihrab

    Ciri khas arsitektur masjid adalah mihrab. Mihrab adalah ceruk yang menjorok ke tempat imam memimpin sholat. Arah mihrab juga biasanya menunjukkan arah menuju kiblat. Mihrab

    Read More »

    Split Level

    Rumah split level adalah rumah dengan ketinggian lantai yang berbeda di sebagian besar ruangan. Secara umum, ketinggian “split” adalah setengah dari tinggi normal lantai. Sebuah

    Read More »
    WARNA MAMBA 01

    Warna Mamba Sang Mistik Penuh Emosi

    Pernahkah Anda mendengar istilah “cewek mamba”? Cewek mamba sendiri mengacu pada gaya berbusana yang identik dengan nuansa hitam. Jadi mengapa bisa dipanggil cewek mamba? Kata

    Read More »
    Open chat