Tata Cara Menempati Rumah Baru Menurut Islam Supaya Berkah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Tata Cara Menempati Rumah Baru Menurut Islam Supaya Berkah. Apakah Anda tengah berencana menempati rumah baru? Jika iya, pastikan Anda sudah mengetahui tata cara menempati rumah baru menurut Islam. Memahami tata cara menempati rumah baru berdasarkan Alquran dan hadis akan membuat rumah tersebut terasa damai dan berkah. Maka dari itu, coba simak ulasan di bawah ini jika ingin mengetahuinya.

Tata Cara Menempati Rumah Baru Menurut Islam Supaya Berkah

Bila ingin pindah ke rumah baru, sebaiknya cari tahu seperti apa tata cara melakukan pindah rumah sesuai dengan ajaran islam. Karena semua orang pasti ingin jika rumah barunya dipenuhi dengan keberkahan. Oleh sebab itu, coba simak cara yang benar saat menempati rumah baru supaya rumah tersebut dilimpahi dengan keberkahan bagi pemilik rumah yang menghuni di dalamnya:

1.     Bersyukur Kepada Allah SWT

Pertama, Anda harus berucap syukur kepada Allah SWT atas limpahan rejeki yang sudah Allah berikan. Sesungguhnya Allah yang sudah memberikan rezeki rumah baru tersebut sehingga Anda bisa menikmatinya. Jadi bersyukur adalah tata cara pertama yang harus dilakukan supaya meningkatkan keberkahan. Perintah untuk bersyukur terdapat dalam Alquran. Oleh karena itu, jangan lupa untuk ucapkan syukur atas semua nikmat yang sudah didapatkan.

2.     Mengucapkan Salam

Selain itu, Anda juga harus mengucapkan salah jika ingin menempati rumah baru. Ini adalah tata cara menempati rumah baru menurut Islam yang kedua. Jadi sebelum masuk ke dalam rumah, ucapkan salam dan bacalah doa. Ini dilakukan agar mencepat setan supaya tidak masuk ke dalam rumah dan membuat suasana menjadi tidak nyaman serta memberikan keburukan lain.

Tidak hanya salam saja, berdoa juga harus Anda lafalkan pada saat masuk ke dalam rumah supaya bisa mendatangkan kebaikan. Rumah akan terasa aman, nyaman serta dipenuhi dengan keberkahan. Mengucap salam harus dibiasakan tidak hanya pada saat masuk ke rumah  yang baru saja tapi rumah yang sudah lama ditinggali.

3.     Syukuran

Tata cara selanjutnya bagi yang ingin pindah rumah adalah syukuran atau walimah. Ini adalah cara ketiga yang mesti dilakukan dengan cara mengundang sanak saudara, keluarga, rekan kerja dan tetangga yang ada di sekitar rumah.

Hidangkan makanan kemudian ajak orang lain untuk makan di rumah baru Anda sebagai salah satu bentuk syukur atas karunia yang sudah diberikan Allah SWT. Ini dilakukan supaya rumah baru tersebut dapat membawa keberkahan dan orang-orang yang menempatinya pun akan merasa nyaman dan aman. Tidak hanya sebagai ucapan syukur saja, acara seperti ini dapat menyambung tali silaturahmi diantara umat muslim.

4.     Silaturahmi dengan Tetangga

Pada saat berada di dalam sebuah tempat tinggal baru, Anda juga perlu bersilaturahmi dengan tetangga. Setelah syukuran dilakukan, tata cara menempati rumah baru menurut Islam selanjutnya adalah menjaga hubungan baik dengan tetangga. Jangan pernah sungkan untuk berkomunikasi dengan tetangga yang ada di sekitar.

Jika ingin menjaga hubungan baik dengan tetangga, tidak ada salahnya untuk mengunjungi mereka. Karena bila hubungan bertetangga baik, tentu lingkungan yang harmonis pun akan tercipta. Jangan pernah sombong terutama kepada tetangga. Sebab mereka yang akan membantu Anda jika nanti ada musibah yang menimpa. Jadi sudah sepatutnya berbuat baik kepada tetangga.

Itulah tata cara menempati rumah baru menurut Islam yang perlu diketahui. Jika sudah mengetahui tata caranya, sebaiknya pahami dan lakukan. Semoga kehidupan di rumah baru nanti senantiasa mendapatkan lindungan oleh Allah SWT.

 

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat