Tata Cara Pindah Rumah Menurut Islam Supaya Membawa Keberkahan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Tata Cara Pindah Rumah Menurut Islam Supaya Membawa Keberkahan. Apakah Anda tengah merencanakan ingin pindah rumah dalam waktu dekat ini? Jika iya, cari tahu dulu tata cara pindah rumah menurut Islam. Islam sudah memberikan tuntunan bagi umatnya dalam menjalankan kehidupan di dunia. Mula dari urusan yang besar sampai urusan kecil termasuk pindah rumah. Maka dari itu, sebelum menempati hunian baru, coba simak penjelasannya dalam artikel ini.

Tata Cara Pindah Rumah Menurut Islam Supaya Dilimpahi Keberkahan

Semua orang pasti berharap jika rumah baru yang mereka tempati kan berlimpah dengan keberkahan dan terjalin hubungan baik antar tetangga. Maka dari itu, seorang muslim yang ingin pindah rumah sebaiknya mengikuti tata cara pindah rumah menurut Islam seperti berikut ini:

1.     Siapkan Semuanya dengan Baik

Pertama, Anda harus siapkan semuanya terlebih dahulu sebelum pindahan itu. Biasanya orang-orang menunggu hari baik saat akan menjalankan sebuah rencana termasuk pindah rumah. Tapi sebenarnya di dalam Agama Islam, semua hari adalah hari yang baik. Jadi tidak ada hari yang buruk atau membawa sial.

Jadi tidak ada aturan dalam Islam yang mengharuskan untuk melakukan pindahan di hari-hari tertentu. Yang terpenting adalah semuanya sudah Anda persiapkan dengan baik sampai rumah baru tersebut benar-benar siap untuk ditempati.

2.     Mengucap Salam

Selain itu, umat muslim juga dianjurkan untuk memberikan salam saat akan memasuki rumah. Tidak hanya rumah orang lain saja, pengucapan salam juga menjadi kewajiban untuk rumah sendiri dan rumah yang baru saja akan Anda huni.

3.     Mengadakan Syukuran

Jangan lupa, setelah pindahan rumah Anda lakukan, adakan syukuran di rumah baru tersebut. Bersyukur adalah sifat utama yang bagi seorang muslim. Maka dari itu, setiap kali pindah ke rumah baru, adakan acara syukuran atau walimahan. Kegiatan semacam ini boleh saja Anda lakukan selama tidak menjalankan ritual yang bertentangan dengan ajaran agama Islam dan tentu tidak berlibahan, tidak memaksakan diri sendiri.

Acara ini adalah ucapan syukur seorang hamba kepada Allah SWT. Dan sebagai wujudnya bisa dengan mengundang orang lain untuk datang ke rumah dan makan bersama. Berbagi kebahagiaan ke orang lain akan mendapatkan ganjaran pahala yang besar. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa mempererat tali persaudaraan antar keluarga, rekan kerja dan tetangga yang ada di sekitar rumah.

4.     Kunjungi Tetangga

Bila ingin mendapatkan keberkahan di rumah baru, jangan lupa akan ada bertetangga. Setelah mengetahui tata cara pindah rumah menurut Islam, Anda harus tahu jika menjaga hubungan baik dengan tetangga adalah adab yang harus Anda lakukan di rumah baru. Bahkan Nabi Muhammad SAW mengajarkan kepada umat Islam jika tetangga mempunyai kedudukan penting bagi setiap muslim.  Pada saat berkunjung ke rumah tetangga, jangan lupa bawa buah tangan. Ini adalah salah satu kebiasaan baik yang perlu Anda terapkan.

5.     Perbanyak Shalat

Setiap keluarga yang baru saja menempati hunian baru sangat dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah mereka dan menjaga ketaatan kepada Allah SWT. Jadi jika sudah mendapatkan rumah impian, jangan lupa untuk menghiasinya dengan amal ibadah yang akan membuat rumah tersebut berlimpah dengan keberkahan.

6.     Jangan Pajang Benda yang Berbau Syirik

Dan terakhir, jangan pernah pajang benda-beda yang berbau syirik atau menyekutukan Allah. Syirik adalah perbuatan yang bisa memberikan dosa besar. Contoh perbuatan syirik yang saat ini kerap dianggap biasa adalah menyimpan jimat, patung, memajang gambar yang dianggap memiliki kekuatan magis dan lain-lain.

Jadi itulah tata cara pindah rumah menurut Islam yang benar. Jadi saat pindahan nanti Anda bisa mempraktekkan semuanya. Tentuk ketika Anda pindah rumah, bukan hanya sekedar pindah rumahnya yang diatur, tapi juga perlu mempersiapkan atau mempercantik rumah barunya. Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain rumah yang islami, khususnya yang baru pindahan. Yuk, konsultasikan dengan tim kami di Mulia Arsitek, untuk mendapatkan desain interior dan eksterior yang Islami. Hubungi Admin kami di WA kami yah, wa.me/628112648986

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat