Tata Letak Ruangan Rumah Menurut Islam

4 Anjuran, Tata Letak Ruangan Rumah Menurut Islam yang Benar

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Tata Letak Ruangan Rumah Menurut Islam. Setelah menikah, pastinya memiliki hunian sendiri adalah salah satu kebutuhan yang harus segera Anda wujudkan. Jika Anda memiliki banyak rezeki, silahkan beli rumah atau membangunnya sendiri. Tapi pada saat pembangunan rumah, tata letak ruangan rumah menurut Islam harus Anda ketahui terlebih dahulu. Jika ruangan-ruangan di rumah letaknya di tempat yang tepat, pastinya rumah tersebut akan memberikan ketenangan dan keberkahan kepada para penghuninya.

Tata Letak Ruangan Rumah Menurut Islam yang Benar

Ketika hendak membangun hunian impian, penempatan posisi ruangan di dalam rumah sangat penting. Anda harus memperhatikan semuanya secara detail. Bahkan dalam agama Islam, setiap ruangan harus dengan pengaturan yang baik supaya tetap nyaman. Berikut ini sudah kami rangkum informasi tentang tata letak ruangan rumah menurut Islam yang bisa Anda contoh:

1. Posisi Bangunan Rumah

Jika ingin membangun rumah, perhatikan posisi bangunannya. Dalam Islam memang tidak tertera secara pasti mengenai arah dari sebuah rumah. Tapi rumah harus bisa mengakomodasi kebutuhan para penghuninya termasuk menjalankan ibadah. Rumah juga harus menghadap ke kiblat.
Tujuannya adalah supaya rumah tersebut memudahkan penghuninya untuk menghadap ke kiblat. Jadi arah bangunan menghadap ke kiblat bisa menjadi patokan untuk pemilik rumah atau tamu yang datang pada saat shalat. Tidak Cuma itu saja, jika ingin menata letak ruangan sesuai dengan ajaran Islam, maka perhatikan arah mata angin, cahaya, penerangan serta sirkulasi udaranya.

2. Posisi Kamar Mandi

Posisi kamar mandi adalah ruangan di dalam rumah yang perlu menjadi perhatian selanjutnya. Jadi bila ingin tata letak ruangan rumah menurut Islam, maka kamar mandi di dalam rumah tidak boleh membelakangi kiblat. Kamar mandi adalah salah satu bagian penting di dalam rumah, karena penghuninya akan menjaga kebersihan dan keindahan di tempat ini. Maka dari itu, bila ingin membangun kamar mandi atau toilet, Anda harus terapkan beberapa aturan salah satunya tidak boleh mengarah dan membelakangi kiblat. Jadi bangunlah toilet yang tidak mengarah kiblat. Semua ruangan di dalam rumah sebenarnya harus mengarah ke kiblat tetapi tidak untuk toilet rumah.

3. Posisi Kamar Tidur

Posisi kamar tidur adalah ruangan utama yang sangat penting di dalam rumah. Setiap anggota keluarga pasti akan menghabiskan waktu mereka dengan beristirahat di dalam kamar. Posisi kamar yang sesuai dengan syariat islam harus diperhatikan. Kenapa Anda harus berada di kiblat sedangkan kakinya ke arah yang lain. Hindari memposisikan kaki mengarah ke kiblat pada saat tidur. Dan saat tidur sebaiknya diarahkan ke kanan sama seperti cara Rasulullah SAW pada saat tidur.

4. Posisi Dapur

Dapur menjadi tempat penting lainnya dalam sebuah rumah atau hunian. Sebab pada saat memasak makanan nanti tentu Anda lakukan di dapur. Itu artinya waktu yang lama akan Anda habiskan di tempat ini. Sebuah dapur sebaiknya bangunlah dengan cara yang benar dan tidak berlebihan. Dapur di rumah haruslah letaknya paling belakang supaya tidak terlihat orang yang berkunjung atau tamu yang datang. Tidak Cuma itu, buatlah batasan antara satu ruangan dengan ruangan yang lain.
Itulah tata letak ruangan rumah menurut Islam yang perlu Anda ketahui. Jika ruangan-ruangan yang ada di dalam rumah sudah sesuai dengan ajaran Islam, rumah tersebut pastinya akan dipenuhi dengan keberkahan dan ketentraman. Jangan lupa, selain memposisikan ruangan di rumah dengan benar, ibadah di rumah baru juga harus ditingkatkan.

Yuk diskusikan dengan kami Mulia Arstitek
Kontak Admin kami di WA : wa.me/628112648986

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat