Ternyata Seperti Ini 4 Prinsip Desain Rumah Islam yang Perlu Diketahui

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Ternyata Seperti Ini Prinsip Desain Rumah Islam yang Perlu Diketahui. Kebanyakan desain rumah saat ini mengabaikan ruangan khusus untuk sholat terutama di perumahan. Meski sholat bisa Anda lakukan dimana saja, tapi akan lebih baik ketika tempat tinggal kita sudah menyediakan ruang khusus shalat di dalamnya supaya lebih khusuk. Bukan Cuma ruangan khusus sholat, terdapat beberapa prinsip desain rumah islam lain yang perlu Anda ketahui sebelum proses pembangunan rumah Anda lakukan.

Begini Prinsip Desain Rumah Islam Yang Perlu Diketahui

Prinsip desain rumah islam saat ini tengah banyak yang kepo, terutama oleh kebanyakan umat muslim yang ada di Indonesia. Karena ketika rumah Anda bangun dengan menggunakan prinsip islam, tentu rumah tersebut akan lebih menentramkan. Rumah dengan prinsip islam juga menjadikan rumah tersebut penuh dengan keberkahan. Nah berikut ini sudah ada beberapa prinsip desain pada rumah islami yang perlu Anda ketahui:

1. Gunakan Bahan Bangunan yang Ramah Lingkungan

Pertama, gunakanlah material atau bahan bangunan yang ramah lingkungan. Material pembangunan rumah jenisnya bervariasi mulai dari harga dan juga formatnya. Bila ingin membangun rumah islam, Anda seharusnya mencari material bangunan yang cocok dan tidak menimbulkan kerusakan maupun pencemaran di lingkungan sekitar.

Maka dari itu, pemilihan material yang ramah terhadap lingkungan sangat penting. Bila bangunan terbuat dari bahan yang dapat mencemari lingkungan, tentu material tersebut bisa merusak lingkungan yang ada di sekitar. Bagi umat muslim, menjaga lingkungan adalah sebuah keharusan.  Jadi sebaiknya perhatikanlah material yang ramah lingkungan.

2. Memiliki Konsep yang Fungsional

Kemudian, prinsip desain rumah islam yang kedua adalah memiliki konsep yang fungsional. Jadi bila Anda sedang ingin membangun rumah, coba perhatikan apakah rumah tersebut bisa memenuhi segala kebutuhan hidup terutama dalam hal tempat tinggal. Kebanyakan developer atau pengembang memberlakukan konsep indent yang akan membantu konsumen untuk mendesain rumah seperti yang mereka inginkan. Oleh sebab itu, sesuaikan dengan kebutuhan lahan dan jumlah anggota yang ada di dalam rumah tersebut.

3. Memiliki Pencahayaan yang Baik

Jika ingin memiliki rumah yang mengusung desain islam, rumah tersebut harus memiliki pencahayaan yang bagus. Rumah akan terasa lebih nyaman dan bisa menghemat listrik. Jika Anda tidak ingin boros, maka terapkan hemat listrik pada rumah tersebut. Gunakan desain rumah agar dapat menerima sumber sinar yang baik secara alami misalnya dengan menambahkan kaca, jendela atau ventilasi.

Pencahayaan yang baik akan membuat para penghuni merasa nyaman saat berada di dalamnya. Anda bisa hemat listrik terutama di siang hari. Anda juga bisa memanfaatkan pencahayaan yang natural dari matahari di siang hari. Dengan demikian, rumah tersebut bisa hemat energy dan penghuninya pun bisa memiliki rumah yang islami sesuai dengan harapan mereka.

4. Menggunakan Sistem Pembayaran Syariah

Tidak hanya desain rumah saja yang harus Anda perhatikan, sistem pembelian rumah juga sebaiknya mendapat perhatikan khusus. Jadi bila ingin membeli rumah dengan pembayaran syariah, pilih developer atau pengembang syariah juga supaya semua konsep ataupun metode yang ada di dalamnya mengusung konsep syariah. Karena dengan metode pembayaran yang seperti ini, Anda bisa dapatkan rumah yang nyaman tapi juga berkah dan halal.

Itulah tadi informasi tentang prinsip desain rumah islam yang perlu diketahui. Jika sebuah rumah sudah mengusung konsep islam, tentu rumah tersebut akan mendapatkan keberkahan tidak hanya bagi pemilik rumah saja tapi para penghuni yang tinggal di dalamnya. Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain rumah yang islami dengan tim kami di Mulia Arsitek, untuk mendapatkan desain interior dan eksterior yang Islami. Hubungi Admin kami di WA kami yah, wa.me/628112648986

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat