fbpx

Tips Tangga Low Budget Tak Menguras Kantong

Proyek pembangunan rumah dua lantai atau lebih, bisa menjadi impian semua orang yang awalnya hanya mampu membeli rumah minimalis satu lantai. Hal ini umumnya dilakukan seiring dengan bertambahnya jumlah anggota keluarga, sehingga perlu memperluas rumah. Namun, jika Anda memiliki rumah di sebidang tanah kecil tetapi menginginkan lebih banyak ruang, maka solusinya adalah dengan membangun rumah vertikal ke atas karena tidak memungkinkan untuk melebar ke samping.

Inilah perlunya menganggarkan dana untuk tangga sebelum merenovasi rumah Anda. Selain hemat dana, tangga rumah kecil harus hemat ruang meski kecil, perhatikan juga desainnya agar tangga kuat dan menarik.

tangga 3
Sumber gambar : © www.houzz.com

Tips Membangun Tangga Hemat Biaya di Rumah Mungil

Saat merenovasi atau membangun rumah lebih dari satu lantai, tangga merupakan faktor penting yang harus diperhatikan dengan benar. Jangan sampai tangga membuat rumah mungil terasa sempit.

Lalu, hal apa saja yang harus diperhatikan sebelum membangun tangga?

Yang pertama, sirkulasi. Sirkulasi merupakan salah satu poin penting dalam desain tangga pada rumah mungil. Sirkulasi yang dimaksud bukan hanya sirkulasi udara, tetapi juga sirkulasi penghuni rumah untuk berkomunikasi dari lantai dasar ke atas dan sebaliknya.

Poin penting kedua adalah siapa yang paling sering menggunakan tangga. Hal ini bertujuan untuk menentukan desain tangga dan railing yang akan digunakan untuk mempermudah mobilitas penghuni rumah.

Sementara itu, desain juga menjadi elemen penting untuk tangga di rumah mungil. Desain tangga tanpa banyak aksen dan bentuk (minimalis) direkomendasikan untuk rumah berukuran kecil agar tidak menimbulkan kesan sempit.

Pemilihan bahan dan desain juga akan mempengaruhi budget pembuatan tangga.

Berikut adalah beberapa saran yang dapat diterapkan saat membuat tangga untuk rumah mungil.

Posisi

Posisi tangga pada rumah mungil sebaiknya menempel tembok. Penempatan ini akan lebih menghemat ruang dan menghindari zona mati di rumah kecil. Tangga dari dinding ke dinding juga membantu menghemat uang untuk penggunaan railing, karena hanya diperlukan satu railing.

Menempatkan tangga ke dinding memungkinkan pemilik rumah untuk membuat desain tangga melayang yang terlihat unik dan cocok untuk rumah berukuran kecil.

Desain

Pilih desain tangga yang sederhana tanpa banyak aksen dan bentuk yang rumit. Misalnya, desain tangga melayang atau anak tangga yang menempel ke dinding. Namun desain ini harus disesuaikan dengan konstruksi rumah.

Perbedaan lain dari tangga dapat ditonjolkan melalui kombinasi pilihan material.

Bahan

Besi merupakan material yang direkomendasikan karena terkesan ringan, kokoh dan relatif lebih ekonomis dibandingkan tangga beton.

Tangga besi juga lebih cepat dipasang dibandingkan tangga beton karena tidak perlu menunggu beton dicor.

Untuk tangga, selain besi, Anda bisa memilih keramik yang tidak bermotif dengan dimensi 60 cm x 60 cm atau lebih. Keramik bermotif kayu juga bisa menjadi pilihan untuk tampilan yang sederhana namun menarik.

Ukuran

Ukuran ideal tangga di rumah mungil hampir sama dengan tangga pada umumnya. Lebar anak tangga minimal 90 cm, tinggi anak tangga sekitar 15–19 cm. Anda juga bisa menyesuaikan lebar tangga dengan kebutuhan dengan membuat tangga yang hanya bisa dinaiki oleh satu orang. Tapi itu tergantung pada kenyamanan penghuni rumah.

Anggaran

Pembuatan tangga harus terencana dengan baik, mulai dari desain, material hingga harga. Biaya pembuatan tangga tentunya tergantung dari desain dan bahan yang dipilih. Agar biaya pembuatan tangga lebih murah, kayu jati dan besi hollow bisa menjadi salah satu pilihan Anda, alternatif lainnya adalah tangga beton cor.

tangga 2
Sumber gambar : IDEAonline

Untuk tangga besi, kisaran anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp 6 juta. Jika Anda ingin menampilkan kesan natural, bisa dipilih kayu jati Belanda sebagai anak tangga. Karena jati belanda dapat dianggap sebagai bahan daur ulang, harganya sekitar Rp 5.000/batang. Agar lebih murah, gunakan jasa tukang las. Namun, kelemahan kayu jati belanda ini hanya cocok untuk tangga dengan mobilitas rendah. Jika tangga di rumah Anda sering dilintasi, sebaiknya gunakan jenis kayu lain yang lebih kuat dan tahan lama, seperti kayu jati atau kayu ulin.

tangga 1
Sumber gambar : IDEAonline

Sedangkan untuk biaya pembuatan tangga beton cor menggunakan railing besi berkisar Rp 3 juta per meter (tergantung spesifikasi merek dan desain material).

tangga 4
Sumber gambar : © www.muraliarchitects.com

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya: