Warna Rumah yang Baik Dalam Agama Islam

Warna Rumah yang Baik Dalam Agama Islam

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Warna Rumah yang Baik Dalam Agama Islam. Pemilihan warna cat adalah faktor utama dalam tampilan desain eksterior rumah. Warna cat eksterior yang tepat akan membuat rumah menjadi lebih menarik, punya kekhasan, serta memberikan rasa bagi yang melihatnya, terutam tamu. Sementara warna cat yang tidak tepat malah membuat rumah jauh dari kesan yang diharapkan, tidak menarik dimata para tamu atau orang lain yang melihatnya.

Bagi ummat muslim yang ingin memilih cat rumah, lihatlah beberapa hal tersebut. Hal yyang harus diperhatikan agar rumah kalian semakin berkah, alangkah baiknya jika pemilihan warna cat eksterior pun berdasarkan panduan yang ada dalam Alquran dan hadis lantas apa saja warna yang baik untuk sebuah rumah menurut Islam.

Warna tersebut, rupanya merujuk pada warna hijau. Hal ini juga merujuk pada dalil dalam QS. Al-Kahf 18: Ayat 31, yang artinya “Mereka itulah yang memperoleh Surga ‘Adn, yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; (dalam surga itu) mereka diberi hiasan gelang emas dan mereka memakai PAKAIAN HIJAU dari sutra halus dan sutra tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. (Itulah) sebaik-baik pahala dan tempat istirahat yang indah;” Selain dalil diatas, ada beberapa riwayat yang mengatakan bahwa nabi Muhammad suka dengan warna HIJAU meskipun ada beberapa warna lain, seperti putih, hitam, abu-abu, merah.

Juga tidak ada hadis yang secara khusus menyebut dan mengatur warna apa yang harus kalian gunakan untuk cat rumah kalian. Namun dalam beragam riwayat Rasulullah SAW, seringkali menyebut satu jenis warna yang umum disukainya, yaitu warna hijau. Warna hijau adalah warna yang umum kita jumpai di mana-mana, hijau mampu menunjukkan rasa yang menenangkan hati. Memberikan efek kesembuhan. Selain itu, warna ini juga mengingatkan kita pada pepohonan, untuk itulah warna hijau adalah perlambangan warna alam.

Warna Hijau, Warna Islami

Banyaknya kelebihan dari warna hijau tersebut, maka layaklah jika Anda mengecat rumah dengan warna hijau. Namun perlu diingat, warna hijau itu memiliki banyak turunan, diantaranya hijau army, moss green (hijau lumut), hijau tua (forest green), hijau neon, hijau mint (mint green), sage green, hijau olive, hijau teh, hijau artichoke, dan masih banyak lainnya. Jadi jangan sampai kalian salah memilih warna hijau. Salah pilih milih turunan warna, bukannya mempercantik rumah kalian tetapi malah memperkeruh. Hindarilah warna hijau yang terlalu terang dan mencolok seperti hijau daun, warna ini cenderung sulit dipadukan dengan warna-warna netral lainnya. Pilih warna hijau yang tepat, seperti warna hijau dengan nuansa bumi yang memberikan kesan lembut. Pilihlah hijau yang memberikan kesan elegan pada rumah Anda. Warna hijau sangat mudah dikombinasikan dengan warna lain. Buatlah warna hijau yang kalian tampilkan lebih atraktif, padukan juga warna hijau dengan warna lainnya yang bersih. Perpaduan antara hijau dengan kuning akan memberikan kesan cerah dan dinamis. Sementara warna hijau yang lebih tua dapat dipadukan dengan warna abu-abu. Agar tampilan maskulinnya menjadi hidup tapi tidak gelap.

Selain memperhatikan tampilan luar rumah atau eksterior, jangan lewatkan juga tampilan dalam rumah kalian. Eksterior rumah mungkin akan menyenangkan dipandang bagi orang lain, namun Anda tidak boleh melupakan kenyamanan para penghuni rumahnya sendiri. Karena sesungguhnya merekalah yang mendiami rumah tersebut. Tentunya mereka juga menginginkan suasana dalam rumah yang sejuk dan menenangkan, seperti tampilan luar rumah.

Warna Rumah yang Baik Dalam Agama Islam

Berikut adalah rekomendasi kombinasi warna hijau dengan warna lain untuk warna interior rumah Anda.

1. Kombinasi warna hijau dengan chinese white
Warna chinese white atau warna abu tipis, paling cocok dikombinasikan di ruang tamu. Misalnya temboknya warna hijau, kombinasikan dengan lukisan corak flora, tanaman warna hijau dan putih. Plafonya gunakan warna chines white, begitu juga dengan warna sofanya.

2. Kombinasi warna hijau dengan pink pastel
Kombinasi ini juga cocok untuk ruang tamu yang ingin tampilan kesan yang ceria dan girly. Konsep yang sama juga diaplikasikan di ruang tidur anak perempuan.

3. Kombinasi warna hijau dengan stone blue
Biasanya rumah memiliki ruang tengah, dimana keluarga sering berkumpul dan bercengkarama. Ngemil sambil ngobrol, nonton tv atau nonton netflix bersama-sama. Furnutire dengan karpet atau bean bag sangat cocok di ruangan ini. Hadirkan suasana hangat nan akrab untuk semua yang duduk disana.

Nah, demikianlah rekomendasi tiga perpaduan warna hijau yang Insya Allah akan membuat hunian Anda makin segar. Kombinasi mana nih yang cocok buat Anda? Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda dengan tim kami di Mulia Arsitek, untuk mendapatkan desain interior dan eksterior yang Islami. Hubungi Admin kami di WA kami yah, wa.me/628112648986

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat