Tips Desain Rumah : Menambah Ruang Baru

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Anda tinggal di perumahan? Pastinya anda memiliki rumah yang sudah di desain oleh pengembang. Biasanya bentuk default yang dirancang oleh pengembang memiliki halaman depan dan halaman belakang. Seiring dengan berkembangnya jumlah anggota keluarga, anda selaku pemilik rumah menginginkan penambahan ruangan mungkin untuk ruang tidur tambahan atau ruang tamu.

Biasanya kebanyakan orang, hanya memikirkan penambahan ruangan di bagian belakang rumah mereka tanpa memikirkan sirkulasi udara dan sistem pencahayaan yang baik. Akibatnya ruangan tambahan yang ditambah dibelakan rumah menjadi lembab. Selain itu tidak ada cahaya matahari yang masuk, menyebabkan keharusan untuk menggunakan lampu walaupun pada siang hari.

Di dalam artikel ini, saya mencoba memberikan tips singkat menambah ruangan di bagian belakang rumah kita. Dalam contoh kasus yang saya tampilkan disini adalah rumah dengan lebar tanah bagian depan 9 m – 12 m. Yang pertama kali harus anda pikirkan adalah bagaimana agar setiap jendela dari masing – masing ruangan memiliki akses ke luar. Untuk ruang tamu dan kamar depan, biasanya jendela sudah memiliki akses ke luar, biasanya ke taman depan.

 

Biasanya di lingkungan perumahan, anda memiliki sisa tanah selebar 3 – 6 m di bagian belakang rumah anda. Yang jadi permasalahan adalah apabila anda menambah ruangan di bagian belakang rumah anda, anda terlalu konsentrasi pada penambahan jumlah ruang saja tanpa memikirkan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik. Memang masalah kekurangan ruang menjadi terselesaikan, namun menimbulkan permasalah baru yaitu ruangan yang lembab tanpa sirkulasi udara, dan gelap karena tidak ada cahaya matahari yang masuk.

denah eksisting rumah
Contoh Denah Eksisting Rumah Tinggal

Solusinya, saya asumsikan panjang tanah anda  9 m s/d 12 m. Pertama sisakan ruang kosong minimal berukuran 2 x 3 m atau 3 x 3 m yang nantinya akan diperuntukkan untuk pembuatan taman dalam rumah. Kemudian usahakan ruangan baru yang akan anda bangun di tanah belakang rumah anda memiliki akses terbuka ke taman belakang rumah. Dua hal tersebut adalah hal mendasar yang harus dilakukan untuk penambahan ruangan yang sehat dan nyaman.

 

Jangan lupa, dengan anda membuat taman di dalam rumah, berarti anda harus siap dengan konsekuensi air hujan. Jangan lupa untuk membuat tritisan atap dengan lebar cukup (70 cm – 100 cm) untuk menghindari tampias air hujan. Kemudian juga siapkan saluran air drainase menuju sumur peresapan anda, sehingga tidak menyebabkan banjir pada taman anda

denah desain penambahan ruang
Contoh Desain Denah Penambahan Ruang
     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat