5 Tempat Kuliah Jurusan Arsitektur Terbaik di Indonesia

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Kuliah Jurusan Arsitektur. Jurusan arsitektur adalah program studi yang mempersiapkan lulusannya untuk menjadi arsitek yang professional dan memahami prinsip-prinsip dasar arsitektur. Jurusan arsitektur biasanya terdiri dari beberapa mata kuliah umum seperti matematika, fisika, kimia, dan lain-lain, serta mata kuliah khusus seperti desain arsitektur, teknik konstruksi, teori warisan budaya, dan lain-lain.

Pelajaran Jurusan Arsitektur

Beberapa mata kuliah umum yang mungkin akan ditemui dalam kuliah jurusan arsitektur diantaranya adalah:

  1. Matematika Mata kuliah ini membahas tentang aljabar, trigonometri, analisis matematika, dan lain-lain yang diperlukan dalam menghitung dan menyelesaikan masalah-masalah arsitektur.
  2. Fisika Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip dasar fisika yang diperlukan dalam mendesain struktur bangunan, seperti gaya-gaya yang bekerja pada struktur bangunan, teori cahaya, dan lain-lain.
  3. Kimia Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip dasar kimia yang diperlukan dalam menentukan bahan-bahan yang sesuai untuk digunakan dalam mendesain bangunan, seperti kualitas beton, kualitas baja, dan lain-lain.
  4. Desain Arsitektur Mata kuliah ini membahas tentang prinsip-prinsip dasar desain arsitektur, seperti teori warisan budaya, teori estetika, dan lain-lain yang diperlukan dalam mendesain bangunan.
  5. Teknik Konstruksi adalah mata kuliah yang membahas tentang teknik-teknik konstruksi yang diperlukan dalam membangun suatu bangunan. Beberapa topik yang mungkin dibahas dalam mata kuliah ini diantaranya adalah:
  6. Struktur bangunan Topik ini membahas tentang cara membuat struktur bangunan yang kuat dan tahan lama, seperti cara menghitung beban yang bekerja pada struktur bangunan, cara menentukan material yang sesuai untuk digunakan dalam struktur bangunan, dan lain-lain.
  7. Teknik menempatkan pondasi Topik ini membahas tentang cara menempatkan pondasi pada suatu bangunan, seperti cara menghitung kebutuhan pondasi, cara menentukan jenis pondasi yang sesuai, dan lain-lain.
  8. Teknik membuat dinding Topik ini membahas tentang cara membuat dinding yang kuat dan tahan lama, seperti cara membuat dinding batu bata, dinding beton, dan lain-lain.
  9. Teknik membuat atap Topik ini membahas tentang cara membuat atap yang kuat dan tahan lama, seperti cara membuat atap kayu, atap beton, dan lain-lain.
  10. Teknik memasang kusen Topik ini membahas tentang cara memasang kusen yang kuat dan tahan lama, seperti cara memasang kusen kayu, kusen aluminium, dan lain-lain.

Mata kuliah teknik konstruksi merupakan mata kuliah yang penting bagi mahasiswa jurusan arsitektur, karena akan membekali mereka dengan pengetahuan yang diperlukan untuk membangun suatu bangunan yang kuat dan tahan lama.

Tempat Kuliah Jurusan Arsitektur di Indonesia

Di Indonesia, jurusan arsitektur merupakan salah satu jurusan yang terdapat di universitas-universitas negeri maupun swasta. Program studi arsitektur biasanya terdiri dari program studi S1 (sarjana) dan program studi S2 (magister) arsitektur.

Untuk program studi S1 arsitektur, lulusan akan mendapat gelar Sarjana Arsitektur (S.Ars). Program studi ini mempersiapkan lulusannya untuk menjadi arsitek yang professional dan memahami prinsip-prinsip dasar arsitektur. Program studi S1 arsitektur biasanya membutuhkan waktu 4 tahun untuk selesai.

Untuk program studi S2 arsitektur, lulusan akan mendapat gelar Magister Arsitektur (M.Ars). Program studi ini merupakan lanjutan dari program studi S1 arsitektur dan mempersiapkan lulusannya untuk menjadi arsitek yang lebih ahli dan berkemampuan tinggi dalam bidang arsitektur. Program studi S2 arsitektur biasanya membutuhkan waktu 2 tahun untuk selesai.

Di Indonesia, terdapat beberapa universitas yang menyelenggarakan program studi arsitektur, diantaranya:

  1. Universitas Indonesia (UI) UI merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia yang menyelenggarakan program studi arsitektur di Fakultas Teknik. Program studi arsitektur di UI terdiri dari program studi S1 (sarjana) dan program studi S2 (magister) arsitektur.
  2. Institut Teknologi Bandung (ITB) ITB merupakan salah satu universitas teknologi terkemuka di Indonesia yang menyelenggarakan program studi arsitektur di Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan. Program studi arsitektur di ITB terdiri dari program studi S1 (sarjana) dan program studi S2 (magister) arsitektur.
  3. Universitas Gadjah Mada (UGM) UGM merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia yang menyelenggarakan program studi arsitektur di Fakultas Teknik. Program studi arsitektur di UGM terdiri dari program studi S1 (sarjana) dan program studi S2 (magister) arsitektur.
  4. Universitas Diponegoro (UNDIP) UNDIP merupakan salah satu universitas negeri di Indonesia yang menyelenggarakan program studi arsitektur di Fakultas Teknik. Program studi arsitektur di UNDIP terdiri dari program studi S1 (sarjana) arsitektur.
  5. Universitas Islam Indonesia (UII) adalah salah satu universitas swasta terkemuka di Indonesia yang berbasis keagamaan Islam. UII didirikan pada tahun 1945 dengan nama Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. UII merupakan salah satu dari lima universitas swasta pertama di Indonesia yang mendapat akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Selain universitas-universitas tersebut, terdapat juga beberapa universitas swasta yang menyelenggarakan program studi arsitektur, diantaranya adalah Universitas Tarumanagara, Universitas Pelita Harapan, dan lain-lain. Program studi arsitektur di universitas-universitas tersebut terdiri dari program studi S1 (sarjana) dan program studi S2 (magister) arsitektur. Peluang kerja bagi lulusan jurusan arsitektur di Indonesia cukup terbuka lebar, diantaranya sebagai arsitek, desainer interior, urban planner, dan lain-lain. Lulusan arsitektur juga dapat menjadi konsultan arsitektur di perusahaan-perusahaan atau bekerja di instansi pemerintahan yang berhubungan dengan bidang arsitektur.

Anda ingin kuliah jurusan arsitektur? Atau Anda lagi butuh masukan tempat kuliah jurusan arsitektur untuk Anak Anda. Konsultasikan keinginan Anda tentang kuliah jurusan arsitektur dengan tim kami di Mulia Arsitek. Hubungi Admin kami di WA kami yah, wa.me/628112648986

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    5 Elemen Penting Gaya Victoria

    Bagi Anda yang anti-dekorasi modern dan mendambakan ruang yang romantis dan nyaman ala Eropa, maka gaya Victoria sangat cocok untuk mengembalikan rumah Anda ke era

    Read More »

    Di Balik Gaya: Dekorasi Maroko

    Gaya bohemian adalah pilihan ideal bagi orang yang ingin merangkul gaya dan tema dari banyak budaya dan disiplin ilmu. Dalam hal desain interior bohemian, tidak

    Read More »

    Mihrab

    Ciri khas arsitektur masjid adalah mihrab. Mihrab adalah ceruk yang menjorok ke tempat imam memimpin sholat. Arah mihrab juga biasanya menunjukkan arah menuju kiblat. Mihrab

    Read More »

    Split Level

    Rumah split level adalah rumah dengan ketinggian lantai yang berbeda di sebagian besar ruangan. Secara umum, ketinggian “split” adalah setengah dari tinggi normal lantai. Sebuah

    Read More »
    WARNA MAMBA 01

    Warna Mamba Sang Mistik Penuh Emosi

    Pernahkah Anda mendengar istilah “cewek mamba”? Cewek mamba sendiri mengacu pada gaya berbusana yang identik dengan nuansa hitam. Jadi mengapa bisa dipanggil cewek mamba? Kata

    Read More »
    Open chat