Jogja Office
Jl. Bendo No.17, Wedomartani, Ngemplak, Sleman - D.I. Yogyakarta

Bogor Office
Jl. Pasir Mulya 3 No.L.12, RT.02/RW.07, Pasirmulya, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat

Jam Kerja
Senin - Sabtu: 8AM - 4PM
Minggu & Hari Libur Nasional (Libur)

5 Simpel Tips Make Over Rumah Makin Estetik

Mendesain ataupun mendekorasi rumah adalah pekerjaan yang sulit. Tentu saja sulit, kecuali Anda bekerja di dunia desain dalam kapasitas tertentu, atau Anda menghabiskan waktu yang lama untuk mengkonsumsi konten desain interior, Anda tidak hanya bangun suatu hari dan tahu cara mendekorasi seluruh ruangan dari atas hingga bawah. Itu seperti mengharapkan seseorang mengetahui cara melukis sebuah mahakarya tanpa pernah memegang kuas sebelumnya. Itu tidak realistis!

Di TV dan media sosial, terkadang seorang desainer terlihat mendesain dengan sangat mudah, namun kenyataannya bahkan desainer interior profesional pun meluangkan waktu untuk merencanakan dengan cermat tampilan ruangan yang mereka inginkan.

Eksekusinya menarik untuk disaksikan. Namun perencanaanlah yang merupakan bagian terpenting dari proses desain. Fase perencanaan adalah hal yang “membosankan” yang tidak banyak dibagikan oleh siapapun sehingga cenderung dilupakan.

Mau dekor rumah supaya estetik memang tantangan. Supaya lebih ada gambaran, ini penjelasan step-stepnya.

Sumber gambar : Domestika

1. CARI REFERENSI SEBANYAK MUNGKIN

Sumber gambar : Bustle

Saat mendesain rumah, menemukan solusi terbaik dan ide yang tepat bisa jadi sangat melelahkan. Namun, ketika berbicara tentang desain interior, ada banyak inspirasi yang bisa diambil. Jelajahi pinterest, google, ataupun sosial media. Temukan style yang cocok dengan Anda, misalnya style minimalis, classic, dll.

Setiap orang memiliki selera dan preferensi berbeda dalam menata rumahnya. Cari berbagai gaya desain dan berbagai tren yang mungkin ingin Anda tiru. Baik Anda mencari sesuatu yang modern, tradisional, atau kontemporer, temukan inspirasi yang paling menarik bagi Anda.

2. BUAT MOODBOARD

Sumber gambar : Fohlio

Moodboard pada dasarnya adalah kumpulan visual (gambar-gambar) dari elemen desain yang Anda pertimbangkan untuk sebuah ruangan. Moodboard ini dapat membantu Anda menguji berbagai ide, mempersempit gaya apa yang Anda inginkan, dan memastikan apa yang akan terlihat bagus di ruangan Anda (dan apa yang tidak) sebelum Anda membeli sesuatu. Desainer dan penata interior profesional menggunakan moodboard sepanjang waktu—dan tidak ada alasan Anda tidak dapat melakukan hal yang sama untuk proyek dekorasi DIY Anda.

Anda dapat melihat bagaimana gambaran besar dari desain layout ruangan nantinya, bagaimana pola, tekstur, dan warna juga terlihat serasi. Ini tergantung tentang bagaimana Anda dapat memvisualisasikan ruangan Anda.

3. BUAT PREVIEW

Sumber gambar : Freepik

Preview desain dilakukan sebagai pengontrol dalam menjaga tampilan desain agar tidak melenceng dari konsep awal yang sudah dirancang. Jika menggunakan jasa profesional, tentunya kita bisa melihat hasil akhir desain secara visual dan bahkan sampai mengetahui detail anggaran. Namun jika punya dana terbatas dan ingin buat desain sendiri, boleh coba dengan gambar tangan atau aplikasi.

4. PILIH FURNITURE SESUAI MOODBOARD

Sumber gambar : La ciencia del cafe

Jangan membeli item yang berbeda jauh dari moodboard, hal ini agar menjaga keharmonisan dan estetika desain. Tentunya Anda tidak ingin kerja keras Anda sebelumnya dalam membuat moodboard sia-sia begitu saja.

5. JANGAN MENENTUKAN WARNA DARI INTERNET

Sumber gambar : SIXIDES

Saat memilih warna furniture, pastikan lihat langsung produknya. JANGAN BERDASARKAN INTERNET! Karena warnanya akan berbeda. Tergantung tampilan layar, pencahayaan, dll. DARIPADA KECEWA, lebih baik JANGAN COBA-COBA!

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya:

Open chat
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Admin Mulia Arsitek!
Saya Ingin konsultasi terkait Desain / Renovasi / Bangun baru Terima kasih