6 Tips Mendesain Rumah Islami

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Tips dalam mendesain rumah Islami adalah harus memiliki pertimbangan yang tajam tentang preferensi, budaya, dan tradisi Islam. Jika Anda berencana membangun rumah yang Islami, berikut beberapa tips mendesainnya.

6 Tips Mendesain Rumah Islami

Desain dengan Kerendahan Hati

rumah islami 1
Sumber gambar : Radio Brite

Islam adalah agama yang menganjurkan kerendahan hati, namun bukan berarti rumah harus polos. Dalam hal desain rumah dan lingkungan yang dibangun, tuntunan Islam dari Hukum Syariah menekankan perlunya desain rumah untuk memberikan keseimbangan kekayaan lingkungan dengan tidak memamerkan kekayaan seseorang melalui pengeluaran berlebihan untuk rumah dan ruang pribadi untuk kegiatan keagamaan dan pendidikan. Demikian pula, rumah seorang Muslim harus dihias dengan cinta tanpa memamerkan kekayaan dan pemborosan.

Tidak Ada Objek Figuratif

rumah islami 2
Sumber gambar : CekList.ID

Patung, pola atau bentuk manusia dan hewan tidak diperbolehkan di rumah Muslim. Karena dipercaya bahwa meniru ciptaan Tuhan adalah dosa. Dan dalam budaya yang menyembah banyak berhala, memiliki patung atau gambar apapun mengundang orang untuk kembali ke pemujaan berhala. Misalnya, jika ada gambar-gambar Nabi Muhammad SAW, banyak orang akan tergoda untuk memasangnya dengan hormat, yang akan menjadi renungan, lalu tempat suci, dan kemudian pemujaan.

Sentuhan Hijau

rumah islami 3
Sumber gambar : The Spruce

Warna hijau disebutkan beberapa kali dalam dalam Al-Qur’an. Dan warna hijau dipercaya adalah warna favorit Nabi Muhammad SAW. Selain itu, disampaikan dalam Al-Qur’an bahwa penghuni surga mengenakan pakaian berwarna hijau.

Baca juga : 4 Warna Simbolis Arsitektur Islam

Ruang Sholat yang Terencana dengan Baik

rumah islami 4
Sumber gambar : Pinterest

Umat Muslim sholat 5 kali sehari menghadap Ka’bah atau kiblat. Oleh karena itu, mushola kecil seharusnya ada di rumah seorang Muslim. Dalam perencanaan ruang untuk area sholat, harus diingat bahwa mushola tidak boleh berada di zona lalu lintas, menghadap ke kamar mandi, atau terpapar gangguan apapun, misalnya kebisingan jalan.

Mengintegrasikan Konsep Privasi

rumah islami 5
Sumber gambar : Lantai Kayu Asia

Privasi di rumah tradisional Muslim secara ketat mengikuti ajaran dari Al-Quran, sunnah, dan hadits untuk memastikan bahwa setiap pemilik rumah atau penghuni dan keluarganya diperbolehkan untuk bersantai dan beristirahat dari tekanan dan lirikan dunia luar. Menjaga privasi rumah sangat penting dalam Islam untuk mendukung struktur keluarga yang tenang dan fungsional. Di rumah Muslim, privasi adalah faktor utama yang membentuk bagaimana penghuni rumah Muslim “merencanakan, membangun, memahami, dan menggunakan ruang rumah mereka”. Oleh karena itu, jendela atau secondary skin yang memungkinkan cahaya masuk sekaligus memberikan privasi harus dipilih. Ruangan yang dihias partisi dengan pola geometris Islami akan menambah kesan Islami pada desain ruangan.

Lantai Ramah Kaki

rumah islami 6
Sumber gambar : Simplemost

Melepas sepatu lebih disukai di rumah Muslim karena tidak akan membawa kotoran, terutama di area tempat sholat. Dalam mendekorasi lantai, pastikan aman dan nyaman untuk kaki. Saat mendekorasi, pertimbangkan untuk membuat rak sepatu agar sepatu tidak menumpuk dan berantakan. Solusi dekorasi lain untuk masalah ini adalah dengan menggunakan permadani, sehingga para tamu dapat tetap memakai sepatu mereka saat berkunjung.

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya: