Jogja Office
Jl. Bendo No.17, Wedomartani, Ngemplak, Sleman - D.I. Yogyakarta

Bogor Office
Jl. Pasir Mulya 3 No.L.12, RT.02/RW.07, Pasirmulya, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat

Jam Kerja
Senin - Sabtu: 8AM - 4PM
Minggu & Hari Libur Nasional (Libur)

6 Warna Cat Dinding Yang Membuat Ruangan Terlihat Lebih Luas

Ruangan kecil bisa jadi sulit untuk didekorasi. Di luar masalah sederhana karena harus mengukur besar furnitur untuk menyesuaikan ukuran ruangan dan menyusun tata letak terbaik untuk ruang Anda, warna cat dinding sebenarnya dapat berdampak besar pada seberapa luas atau sempit ruang Anda terasa.

Warnai ruangan dengan warna yang lebih gelap, dan Anda dapat membuat ruangan yang dipenuhi cahaya terasa lebih sempit. Sebaliknya, warna dinding cerah seperti beige/grey dan warna-warna soft akan membuat ruangan tampak luas. Perlu diingat juga bahwa warna dan keterangan lampu akan mengubah warna dan suasana (ambience) di dalam ruangan.

Ada banyak pertimbangan untuk menentukan warna mana yang harus Anda pilih untuk ruangan kecil Anda, seperti arah jendela ruangan Anda menghadap. Warna gelap bekerja paling baik di ruangan yang menghadap ke utara, sedangkan warna terang akan terlihat lebih baik di ruangan terang yang menghadap ke selatan. Warna matahari terbenam dapat memberikan keajaiban pada ruangan yang menghadap ke barat, terutama saat senja.

TIPS

Salah satu trik cat yang tidak pernah gagal adalah mengecat langit-langit, trim, pintu dan jendela dengan warna yang sama untuk memberikan kesan lapang.

Berikut 6 warna cat dinding yang akan membuat ruangan apapun terlihat lebih luas secara instan.

1. Stark White

warna cat dinding 1
Sumber gambar : Mansion Global

Secara alami, putih adalah pilihan yang tepat untuk membuat ruangan terasa lebih luas dan pilihan warna dasar yang bagus untuk memulai proses dekorasi Anda. Bukan rahasia lagi bahwa warna terang membuat ruangan terlihat lebih luas, terutama jika ruangan tersebut bermandikan cahaya alami. Lapisan tembok putih akan membantu memantulkan cahaya, menciptakan tampilan ruang yang lebih luas.

Gunakan warna ini di: Kamar yang menghadap ke selatan

2. Soft Black

warna cat dinding 2
Sumber gambar : Home Stratosphere

Berkebalikan dengan warna putih, di ruangan dengan sedikit atau tanpa cahaya alami, warna putih mungkin bukan pilihan yang tepat. Tanpa cahaya yang memantul dari dinding, warna cerah dapat memiliki efek sebaliknya pada ruangan Anda. Solusinya adalah dengan beralih ke warna gelap.

Alih-alih putih, rona gelap seperti arang atau hitam akan memberikan kesan intim pada ruangan sekaligus memberikan kesan mewah — terutama jika langit-langit dan trim juga dicat dengan rona yang sama.

Gunakan warna ini di: Kamar yang menghadap ke utara

3. Light Taupe

warna cat dinding 3
Sumber gambar : Better Homes & Gardens

Bagi Anda yang tidak ingin menggunakan warna putih seluruhnya tetapi tetap menginginkan warna cat netral yang terang untuk ruangan, kelabu tua atau greige yang ringan dapat membuat ruangan terasa luas dan elegan. Warna ini masih cukup terang untuk memungkinkan cahaya memantul dari satu dinding ke dinding lainnya, tetapi menambahkan sentuhan kehangatan yang tidak dimiliki oleh warna putih terang.

Warna yang kaya ini berpotensi membuat ruangan terlihat mahal, jadi gunakanlah di ruang dengan sedikit detail arsitektur untuk memberikan kesan mewah. Saat menggunakan warna ini, ada baiknya menjaga perabotan lain tetap putih di dalam ruangan untuk membantu memberikan kesan ringan dan lapang pada ruangan.

Gunakan warna ini di: Kamar tanpa detail arsitektur yang rumit

4. Blush Pink

warna cat dinding 4
Sumber gambar : YouTube Decor Tips

Warna merah jambu yang lembut dapat mencerahkan ruangan sempit dan membuatnya terasa ceria dan ringan—dan terlihat indah saat matahari terbenam. Rona ini bekerja paling baik di ruangan dengan lebih banyak cahaya alami dan berpadu baik dengan warna netral hangat seperti krem, pasir, dan gading.

Jangan terkecoh dengan warna merah muda yang terkesan feminim! Warna ini dapat menonjolkan warna kayu yang lebih maskulin, logam modern, dan juga furnitur beludru atau kulit yang mewah.

Gunakan warna ini di: Kamar yang menghadap ke barat

5. Dark Navy

warna cat dinding 5
Sumber gambar : The Spruce

Di ruangan dengan sedikit cahaya alami, rona biru tua dapat menciptakan kesan mendalam dan membuat ruangan terasa dramatis dan megah. Jika Anda menginginkan perasaan romantis dan nyaman yang diberikan oleh ruangan hitam, tetapi tidak mau terjun ke dalam kegelapan, maka warna navy adalah pilihan yang tepat.

Saat mengecat dinding Anda dengan warna biru tua, ada baiknya juga menjaga furnitur besar seperti sofa dengan warna yang sama untuk mengaburkan garis di antara tepi ruangan dan membuatnya terasa lebih besar. Ini juga menjadikannya pilihan tepat untuk ruangan dengan lemari besar seperti dapur dan perpustakaan. Tampilan monokromatik bekerja sama baiknya, apapun warna yang Anda gunakan.

Gunakan warna ini di: Dapur dan perpustakaan dengan sedikit cahaya alami

6. Cool Gray

warna cat dinding 6
Sumber gambar : Homes & Gardens

Alternatif untuk warna cat putih adalah abu-abu muda yang sejuk, yang bisa terasa segar dan cerah tanpa warna putih murni. Warna dingin (cool tone) terasa lebih segar dan cerah dibandingkan warna hangat (warm tone), sehingga membantu menciptakan tampilan ruang yang lebih luas secara visual. Gunakan warna ini di ruangan dengan cahaya sedang untuk memberikan kesan nyaman namun luas pada ruangan.

Warna abu-abu muda menghadirkan kualitas yang tajam dan cerah seperti warna putih cerah, memungkinkan cahaya memantul dari dinding, sementara itu juga membuat ruangan tetap dingin, berlawanan dengan kehangatan yang diberikan warna kelabu tua.

Gunakan warna ini di: Ruangan yang menghadap ke timur atau barat

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya:

Open chat
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Admin Mulia Arsitek!
Saya Ingin konsultasi terkait Desain / Renovasi / Bangun baru Terima kasih