fbpx

Jogja Office
Jl. Bendo No.17, Wedomartani, Ngemplak, Sleman - D.I. Yogyakarta

Bogor Office
Jl. Pasir Mulya 3 No.L.12, RT.02/RW.07, Pasirmulya, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat

Jam Kerja
Senin - Sabtu: 8AM - 4PM
Minggu & Hari Libur Nasional (Libur)

7 Tips Membangun Rumah Idaman Dengan Dana Terbatas

Mencari tips bagaimana memulai membangun rumah dengan dana terbatas? Yang terbaik adalah merencanakan dengan hati-hati terlebih dahulu.

membangun rumah
Sumber gambar : Transrumah.com

Ada saatnya Anda ingin dan perlu membangun rumah sendiri, terutama ketika Anda akan memulai sebuah keluarga. Sayangnya, melihat harga properti yang terus melambung membuat kita menjadi pesimis terlebih dahulu. Nilai properti yang tinggi terutama di daerah yang mudah diakses tentunya menjadi aset yang sulit terjangkau masyarakat menengah ke bawah.

Eits, jangan menyerah dulu, ayo bangun rumah dengan trik dari kami untuk berhemat meski dengan dana yang terbatas. Ikuti tips ini, ya!

Yang mau membangun rumah wajib tahu agar tidak terjadi over budget

1. Pilih lahan yang kecil

Silahkan sesuaikan pemilihan lahan dengan kebutuhan dan kemampuan keuangan Anda. Pilihlah lahan yang kecil namun dapat memenuhi semua kebutuhan bangunan Anda kedepannya. Lahan murah sering ditemukan di pinggiran kota atau atau pada area yang aksesibilitasnya agak masuk ke dalam. Tidak hanya harganya yang murah, pajaknya juga jauh lebih murah. Saat memilih lahan ini, hindari area yang dulunya merupakan tempat pembuangan sampah atau kuburan.

2. Mengusung konsep rumah minimalis

Memilih konsep minimalis memang bisa menghemat biaya pembangunan rumah. Memang arsitektur minimalis tidak kaya akan detail pada bagian luar rumah, melainkan hanya berfokus pada detail yang diperlukan saja. Bentuk rumah minimalis juga cenderung persegi, tanpa banyak lekukan. Bentuk ini menghemat bahan bangunan yang digunakan, sehingga tidak ada sisa material yang tidak terpakai.

3. Selektif dalam mencari tukang bangunan

Pertama pilihlah tukang bangunan yang bertanggung jawab.  Bertanggung jawab dalam artian siap menerima dan memperbaiki komplain kita atas hasil pekerjaannya.

Kedua, pilih tukang bangunan yang ahli. Jangan tergiur dengan biaya murah, tapi keahlian sang tukang meragukan.

Ketiga, pilih tukang bangunan yang berpengalaman. Tukang yang berpengalaman tentu tahu bagaimana membuat hunian Anda nyaman dan aman dalam waktu yang lebih cepat. Karena biasanya saat bekerja dia tidak perlu lagi memikirkan teknik pengerjaan, karena tentunya pengetahuan teknis sudah dimilikinya.

Carilah  referensi dari kenalan ataupun keluarga Anda yang pernah memakai jasanya. kalau menurut mereka oke, mungkin bisa dipertimbangkan.

4. Survey harga material

Penting untuk melakukan riset harga material bangunan, sehingga biaya total yang dibutuhkan sampai proyek tersebut selesai dapat diperkirakan dari awal. Perkiraan biaya ini tentunya dapat menjadi pembanding untuk bisa mendapatkan biaya pembangunan yang lebih hemat.

Jika Anda serius mencari secara jeli dan selektif, Anda juga bisa mendapatkan material berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau.

5. Bangun rumah secara bertahap

Selain konsep minimalis, konsep rumah hemat budget lainnya adalah rumah tumbuh. Rencana pembangunan bertahap dipertimbangkan untuk rumah tumbuh ini, sehingga tidak langsung jadi secara keseluruhan. Namun, direncanakan dulu bagian inti sesuai skala prioritas, sisanya bisa dibangun nanti bila dana sudah tersedia kembali. Konsep ini juga membuat perawatan dan renovasi rumah menjadi lebih mudah dan murah.

6. Membiarkan dinding tanpa finishing

Arsitektur industrial sangat cocok bagi mereka yang menginginkan interior berkelas sekaligus hemat. Keistimewaan dari arsitektur ini adalah meminimalkan proses finishing, terutama pada bagian dinding. Ini berarti Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mengecat dinding. Arsitektur industrial sering menggunakan dinding beton atau bata ekspos.

7. Sewa Jasa Arsitek

Masih bingung memikirkan bagaimana cara membangun rumah seefisien mungkin?

Alangkah lebih baik jika Anda membangun rumah dengan menyewa jasa arsitek.

Mengapa jasa arsitek lebih menguntungkan?

Saat menggunakan jasa Arsitek, Anda bisa menyesuaikan desain rumah impian dengan budget yang dimiliki. Selain itu, cara ini juga bisa membuat rumah sesuai dengan kebutuhan yang memang benar-benar Anda butuhkan. Anda juga tidak perlu cemas memikirkan kebutuhan material bangunan ataupun pekerja bangunan karena semua itu dapat diselesaikan, disolusikan, dan diarahkan oleh jasa arsitek profesional.

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya:

Open chat
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Admin Mulia Arsitek!
Saya Ingin konsultasi terkait Desain / Renovasi / Bangun baru Terima kasih