AC Bikin Boros Listrik ? Gunakan 8 Alternatif Keren Ini Untuk Hemat Listrik

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Alternatif AC paling dicari tahun ini
Source : Google Images

Alternatif AC – Salah satu prinsip penting dalam desain rumah muslim adalah tidak memberatkan pemilik rumah dalam membayar tagihan energi yang digunakan. Mengurangi energi-energi buatan seperti AC (Air Conditioner) misalnya, bisa Sahabat terapkan dalam desain rumah muslim dalam bagian estetika harmoni di dalam rumah.

Bukan tanpa sebab, AC (Air Conditioner) adalah salah satu peralatan elektronik yang memang paling banyak memakan energi listrik. Walaupun udara yang dihasilkan dari AC jelas menyejukkan, namun pembengkakkan bisa saja terjadi karena penggunaan yang berlebihan.

Belum lagi, masalah perawatannya yang tidaklah sedikit plus harganya dari awal yang memang sudah tergolong mahal. Lalu dengan apa lagi kita bisa mendapatkan ruangan yang sejuk ?

Berikut ini, Mulia Arsitek berikan alternatif lebih hemat daripada Air Conditioner.

Kipas Angin, Alternatif AC Paling Favorit

Kipas Angin sebagai Alternatif AC
Source : pinterest.com

Di urutan pertama ada kipas angin. Ya kipas angin adalah alternatif nomor satu pengganti AC, dan memang sering dijumpai di berbagai jenis rumah, baik tipe minimalis maupun mewah.

Sahabat bisa saja menggunakan kipas angin kecil yang bisa diletakkan di lantai, menempel di dinding, atau bahkan dipasang di area plafon.

Exhaust Fan

 

Exhaust Fan untuk Alternatif AC
Source : pinterest.com

Pendingin ruangan alternatif berikutnya adalah exhaust fan. Exhaust fan adalah kipas yang digunakan untuk mengontrol udara di dalam ruangan, dengan mengeluarkan bau-bau yang tidak sedap, ke luar ruangan rumah. Desain kipas seperti ini memang banyak digunakan di area dapur.

Air Curtain

 

Air Curtain Pengganti AC
Source : Google Images

Di nomor 3 ada Air Curtain.

Banyak kekeliuran mengenai perbedaan air curtain dan exhaust fan. Bila exhaust fan akan mengeluarkan udara panas yang berada di dalam ruangan, maka air curtain, memastikan bahwa udara yang masuk ke dalam ruangan adalah udara yang segar dan bersih.

Air Curtain ini memang sering digunakan di pintu masuk pusat perbelanjaan dan sejenisnya. Meskipun begitu, tidak ada salahnya Sahabat menggunakan Air Curtain agar rumahnya menjadi lebih sejuk dan juga lebih hemat energi.

Ventilating Fan

Ventilating Fan
Source : pinterest.com

Berikutnya adalah ventilating fan. Pendingin ruangan alternatif AC ini juga sering disebut sama dengan exhaust fan. Padahal keduanya memiliki fungsi yang berbeda, meski tujuannya sama, yakni menjadikan udara di dalam ruangan lebih sejuk.

Ventilating fan adalah kebalikan daripada exhaust fan, pendingin ruangan ini bekerja dengan membawa udara segar agar masuk ke dalam ruangan.

Tanaman Dalam Rumah

 

Jenis-Jenis Tanaman Dalam Rumah
Source : pinterest.com

Berikutnya adalah dengan menggunakan banyaknya tanaman di dalam rumah.

Sahabat bisa saja menggunakan tanaman-tanaman yang memang memiliki kelopak bunga yang indah seperti mawar, bougenville, atau bunga yang fungsional untuk mengusir nyamuk seperti lavender.

Selain memberikan kesegaran tersendiri di dalam ruangan, adanya tanaman di dalam rumah, juga memberikan kesan oasis tersendiri.

Air Cooler, Alternatif AC dengan Harga Merakyat

Air Cooler Untuk Rumah Sejuk
Source : pinterest.com

Untuk yang satu ini memang memiliki bentuk yang hampir mirip dengan Air Conditioner. Sebab itulah banyak yang mengatakan bahwa Air Cooler adalah AC. Pernyataan ini kurang tepat, karena Air Cooler tidak punya komponen yang rumit seperti Air Conditioner.

Air Cooler bekerja dengan cara menyerapa air, lalu melewatkan air tersebut ke dalam bantalan penyerap air, dan dengan itu ruangan menjadi lebih sejuk.

Memperbanyak Sirkulasi Udara Dengan Jendela Atau Roster

Desain Rumah Sejuk
Source : pinterest.com

Nomor 7 adalah memperbanyak sirkulasi udara.

Sahabat bisa menambahkan merancang ini saat pertama kali membangun rumah. Atau jika ingin mendapatkan ruangan kerja yang awalnya bikin gerah menjadi lebih sejuk, Sahabat dapat memanggil Mulia Arsitek untuk segera melakukan renovasi.

Desain Roster sebagai Alternatif AC
Source : pinterest.com

Tidak hanya penggunaan jendela, menambahkan roster atau dinding berlubang pada area-area yang tepat  juga akan membuat ruangan menjadi lebih sejuk.

Desain Ruangan Inner Court Alternatif AC Jangka Panjang

Desain Innercourt Untuk Rumah Konsep Muslim
Source : pinterest.com

Yang terakhir adalah dengan desain ruangan khusus untuk jadi inner court. Ruangan ini bisa jadi alternatif jangka panjang untuk Sahabat mendapatkan pasokan udara bersih dari rumah. Adanya ruangan ini, juga memberikan nuansa alam tersendiri di dalam rumah.

Itulah beberapa tips sederhana dari Mulia Arsitek yang bisa Sahabat terapkan sebagai langkah untuk menghemat pengeluarannya dari penggunaan AC (Air Conditioner).

Apabila Sahabat berminat untuk konsultasi mendapatkan rumah yang sejuk dan juga hemat energi, hubungi Mulia Arsitek.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.  

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments

    Artikel Lainnya:

    KRITERIA RUMAH MENURUT ISLAM

    Yuk kita bahas tentang kriteria rumah menurut islam. Sungguh indah menjadi manusia yang hidupnya dilingkupi dengan nilai-nilai islami. Mulai dari lahir, bertumbuh, menikah hingga punya

    Read More »
    Rumah Nuansa Islami di Masyarakat Jawa dan Bugis

    RUMAH NUANSA ISLAMI DI JAWA & BUGIS

    Rumah Nuansa Islami di Masyarakat Jawa dan Bugis. “Yaaa ayyuhallaziina aamanudkhuluu fis-silmi kaaaffataw”, Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan. Yuswohadi dalam

    Read More »
    Open chat