fbpx

7 Arsitektur Kota Islami di Dunia dan Indonesia

Arsitektur Kota Islami di Dunia dan Indonesia. Arsitektur kota Islam adalah sebuah gaya arsitektur yang berkembang pada abad ke-7 hingga ke-16 di wilayah yang terkenal dengan kebudayaan Islam, seperti di Timur Tengah, Afrika Utara, dan Asia Selatan. Gaya arsitektur ini memiliki pengaruh besar pada perkembangan arsitektur dunia, dengan Eropa menjadi yang paling banyak terkena dampak pada abad ke -12 dan ke -13. Secara khusus, banyak kota – kota Eropa mulai menggabungkan pola persegi panjang kota Islam, seperti yang terlihat di kota – kota seperti Kairo, Baghdad, dan Istanbul.

Dalam arsitektur kota islami, salah satu contoh yang paling menonjol dari pengaruh ini adalah di pegunungan Pyrenees pada abad ke -12. Di sana, seorang arsitek Italia bernama Cistercius membangun sebuah biara dengan gaya arsitektur Romawi Klasik. Namun, Cistercius juga menambahkan beberapa elemen arsitektur kota Islam, seperti penggabungan menara menara. Dengan cara ini, arsitektur kota Islam memiliki dampak yang langgeng pada pengembangan arsitektur Eropa.

Ciri Arsitektur Kota Islami di Dunia dan Indonesia

Ciri utama dari arsitektur kota Islami adalah penekanan pada fungsi, estetika, dan simbolikannya. Arsitektur kota Islam juga sering dikenal dengan sebutan “arsitektur Muslim” atau “arsitektur Timur Tengah”. Pada umumnya, ciri-ciri arsitektur kota Islam meliputi:

  1. Ketinggian: Gedung-gedung tinggi biasanya menunjukkan status sosial dan politik tertentu. Bangunan tinggi sering digunakan sebagai tempat ibadah, seperti mesjid atau makam.
  2. Simetris: Cenderung memiliki bentuk simetris, dengan struktur bangunan yang sederhana dan elemen dekoratif yang minimal.
  3. Pintu gerbang: Gedung-gedung biasanya memiliki pintu gerbang besar yang mengarah ke pusat kota atau masPenggunaan simetri dan geometri dalam desain bangunan: Arsitektur kota Islam sering menggunakan simetri dan geometri dalam desain bangunannya, terutama dalam bentuk pola tata letak yang terorganisir dengan baik.
  4. Penggunaan kayu, marmer, dan batu bata dalam pembuatan bangunan: Bangunan-bangunan di kota-kota Islam sering dibuat dengan menggunakan bahan-bahan seperti kayu, marmer, dan batu bata.
  5. Penggunaan arsitektur bernuansa Islam dalam desain bangunan: Bangunan-bangunan di kota-kota Islam sering dibuat dengan menggunakan arsitektur yang memiliki nuansa Islam, seperti menara-menara yang menjulang tinggi, arsitektur yang bernuansa Islam yang terdapat pada masjid-masjid, dan arsitektur yang bernuansa Islam yang terdapat pada bangunan-bangunan lainnya.
  6. Penggunaan kolam-kolam dan taman dalam desain kota: Kota-kota Islam sering menggunakan kolam-kolam dan taman dalam desain kota mereka, yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan keindahan pada penduduknya.
  7. Penggunaan arsitektur yang sesuai dengan iklim: Arsitektur kota Islam juga mempertimbangkan iklim setempat dalam desain bangunannya, seperti menggunakan atap yang lebih tinggi dan lebih terbuka untuk mengalirkan udara sejuk ke dalam bangunan, atau menggunakan pintu-pintu dan jendela yang lebih kecil untuk mengurangi masuknya sinar matahari yang terik ke dalam bangunan.

Contoh Kota dengan Arsitektur Islami

Islam di Eropa berasal dari berbagai macam latar belakang. Beberapa orang Islam datang ke Eropa sebagai pelajar, pekerja, atau wisatawan. Sementara itu, ada juga yang menemukan agama ini ketika mereka menjadi bagian dari kerajaan atau dinasti Islam yang berada di bawah pengaruh Eropa. Beberapa contoh kota arsitektur Islami di dunia adalah:

  1. Kota Mekkah, Arab Saudi: Kota suci umat Islam ini memiliki beberapa bangunan yang menjadi ikon arsitektur Islami, seperti Masjidil Haram, yang merupakan salah satu masjid terbesar di dunia, dan Ka’bah, sebuah bangunan suci yang merupakan tujuan utama bagi jemaah haji.
  2. Kota Medina, Arab Saudi: Kota ini juga merupakan salah satu kota suci umat Islam yang memiliki beberapa bangunan bersejarah yang menjadi ikon arsitektur Islami, seperti Masjid Nabawi, yang merupakan masjid kedua terbesar di dunia setelah Masjidil Haram di Mekkah.
  3. Kota Istanbul, Turki: Kota ini merupakan salah satu kota terbesar di dunia yang memiliki beberapa bangunan bersejarah yang menjadi ikon arsitektur Islami, seperti Masjid Sultan Ahmed, yang merupakan salah satu masjid terbesar di Turki, dan Kota Tua Istanbul, yang merupakan kawasan yang terkenal dengan bangunan-bangunan bersejarah dengan arsitektur Islami.
  4. Kota Marrakesh, Maroko: Kota ini merupakan salah satu kota terbesar di Maroko yang memiliki beberapa bangunan bersejarah yang menjadi ikon arsitektur Islami, seperti Masjid Koutoubia, yang merupakan salah satu masjid terbesar di Maroko, dan Kota Tua Marrakesh.
  5. Kota Samarkand, Uzbekistan: Kota ini merupakan salah satu kota terbesar di Uzbekistan yang memiliki beberapa bangunan bersejarah yang menjadi ikon arsitektur Islami, seperti Masjid Bibi-Khanym, yang merupakan salah satu masjid terbesar di Uzbekistan, dan

Kota dengan Arsitektur Islami di Indonesia

Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia, sehingga tidak mengherankan bahwa banyak kota di Indonesia memiliki arsitektur yang berorientasi pada Islam. Di bawah ini adalah daftar beberapa kota di Indonesia dengan arsitektur Islam terbaik. Di Indonesia, beberapa kota yang memiliki arsitektur Islami adalah:

  1. Kota Palembang, Sumatra Selatan: Kota ini merupakan salah satu kota terbesar di Sumatra Selatan yang memiliki beberapa bangunan bersejarah yang menjadi ikon arsitektur Islami, seperti Masjid Agung Palembang, yang merupakan masjid terbesar di Sumatra Selatan, dan Kota Tua Palembang.
  2. Kota Demak, Jawa Tengah: Kota ini merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Tengah yang memiliki beberapa bangunan bersejarah yang menjadi ikon arsitektur Islami, seperti Masjid Agung Demak, yang merupakan masjid terbesar di Jawa Tengah.
  3. Kota Cirebon, Jawa Barat: Kota ini merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Barat yang memiliki beberapa bangunan bersejarah yang menjadi ikon arsitektur Islami, seperti Masjid Agung Cirebon, yang merupakan masjid terbesar di Jawa Barat.
  4. Kota Banten, Banten: Kota ini merupakan salah satu kota terbesar di Banten yang memiliki beberapa bangunan bersejarah yang menjadi ikon arsitektur Islami, seperti Masjid Agung Banten, yang merupakan masjid terbesar di Banten.
  5. Kota Ternate, Maluku Utara: Kota ini merupakan salah satu kota terbesar di Maluku Utara yang memiliki beberapa bangunan bersejarah yang menjadi ikon arsitektur Islami, seperti Masjid Agung Ternate, yang merupakan masjid terbesar di Maluku Utara.

Anda memimpikan memiliki rumah atau bangunan dengan gaya arsitektur kota Islam? Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain rumah yang islami dengan tim kami di Mulia Arsitek, untuk mendapatkan desain interior dan eksterior yang Islami. Hubungi Admin kami di WA kami yah, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya: