fbpx

Jogja Office
Jl. Bendo No.17, Wedomartani, Ngemplak, Sleman - D.I. Yogyakarta

Bogor Office
Jl. Pasir Mulya 3 No.L.12, RT.02/RW.07, Pasirmulya, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat

Jam Kerja
Senin - Sabtu: 8AM - 4PM
Minggu & Hari Libur Nasional (Libur)

Aspek Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Mendesain Dapur Rumah

Dapur bukan hanya tempat untuk menyiapkan makanan dan memasak, tapi juga jantung dari sebuah hunian. Banyak orang berlomba-lomba untuk menciptakan dapur yang mengedepankan sisi estetika, tapi fungsionalitas juga tidak boleh dilupakan. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses desain dapur di hunian Anda.

Aspek Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Mendesain Dapur Rumah

1. Utamakan Sirkulasi dan Ventilasi Udara

dapur 1
Sumber gambar : Rona Griya

Sirkulasi dan ventilasi udara menjadi yang utama karena selain memastikan dapur menjadi sejuk dan berudara segar, sirkulasi dan ventilasi juga bisa memastikan keamanan penghuni rumah. Anda juga bisa menambahkan alat penghisap asap atau cooker hood untuk memaksimalkan kondisi udara di dapur.

dapur 2
Sumber gambar : domvizit.ru

2. Adopsi Aturan Kitchen Triangle

dapur 3
Sumber gambar : Medford Remodeling

Konsep kitchen triangle perlu memperhatikan posisi tiga komponen utama di dapur yakni kompor, wastafel, dan kulkas. Anda juga harus menempatkan ketiganya secara strategis agar mudah diakses dan tidak terhalang oleh perabot atau benda lainnya. Aturan ini akan menentukan layout terbaik dapur yang efisien, estetis dan fungsional.

dapur 4
Sumber gambar : kitchen bath CRATE

3. Memaksimalkan Ruang Penyimpanan

dapur 5
Sumber gambar : OPPEIN Home

Biasanya area penyimpanan terletak di sudut maupun tengah bawah konter, kabinet, rak, hingga gantungan untuk segala peralatan memasak, seperti panci, penggorengan, pisau, dll. Dengan memanfaatkan ruang penyimpanan secara maksimal, maka aktivitas memasak akan efisien dan segala perabot dapur akan tertata rapi.

4. Elemen Warna, Material, Dekorasi, dan Fungsionalitas

Mulai memasuki aspek visual dan estetika, hal-hal yang perlu diperhatikan adalah perpaduan warna yang disesuaikan dengan tema keseluruhan dapur, pemilihan material yang mendukung, dan dekorasi.

dapur 6
Sumber gambar : InteriorDesign.id

Selain itu, jangan lupakan aspek fungsionalitas dalam mendesain dapur. Misalnya, keberadaan stop kontak untuk segala peralatan elektronik dapur. Stop kontak ini dapat disembunyikan keberadaannya atau dibuat menyatu dengan desain estetika dapur.

dapur 7
Sumber gambar : RSI Kitchen and Bath

5. Jangan Lewatkan Pencahayaan

Ketika aspek fungsionalitas dan estetika sudah dieksekusi dengan baik, pencahayaan juga perlu diperhatikan dengan seksama karena merupakan elemen yang penting. Dapur yang memiliki pencahayaan yang bagus dan tepat akan menghasilkan kesan ruangan yang bersih dan nyaman. Manfaatkan skylight untuk memaksimalkan masuknya cahaya matahari.

dapur 8
Sumber gambar : Ofdesign

Kemudian jangan hanya puas dengan penggunaan lampu utama di tengah-tengah ruangan dan cahaya alami dari jendela. Bila memungkinkan, tambahkan pencahayaan di bawah kabinet dinding di dapur untuk menerangi bagian backsplash, pencahayaan built-in di lemari-lemari dapur, sampai penambahan cahaya eksternal dari lampu meja atau lampu lantai.

dapur 9
Sumber gambar : Lumens
dapur 10
Sumber gambar : Decor Puzzle

6. Sembunyikan Tempat Sampah

Saat desain dapur sudah sesuai dengan keinginan, urusan pembuangan limbah yang tidak cerdas bisa mengganggu keseluruhan tampilan dapur. Tempat sampah bisa disatukan dan “menyamar” sebagai salah satu laci di bagian bawah konter dapur.

dapur 11
Sumber gambar : Contemporist

Ubah salah satu laci menjadi tempat sampah ukuran besar dengan posisi tepat di bawah countertop. Setelah Anda selesai mengolah bahan makanan yang menghasilkan sampah, Anda bisa dengan mudah membuangnya dengan cara menggeser sisa makanan ke dalam tempat sampah built-in Anda.

dapur 12
Sumber gambar : Houzz

Dapur yang punya desain yang cantik dan nyaman akan menjadi tempat yang lebih bermakna untuk keluarga dalam beraktivitas. Jantung rumah Anda harus didesain sesuai dengan karakter Anda, fungsional, dan indah saat dipandang.

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya:

Open chat
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Admin Mulia Arsitek!
Saya Ingin konsultasi terkait Desain / Renovasi / Bangun baru Terima kasih