fbpx

Buat Kost Semakin Laris dengan 7 Tips Ini!

Memiliki kost menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang ingin berbisnis atau berinvestasi di bidang real estate. Rumah kost sangat dibutuhkan, terutamanya di kota-kota besar karena banyak pelajar dan pekerja rantau yang memerlukan akomodasi tempat tinggal sementara. Oleh karena itu, jika Anda memiliki lahan atau rumah yang belum/tidak terpakai, bisnis kost ini bisa menjadi pilihan menarik untuk menambah penghasilan bulanan Anda.

7 Hal yang Membuat Kost Lebih Nyaman dan Menarik

Di kota-kota besar, banyak orang yang memulai usaha ini dengan mengubah tanah atau rumah menjadi kost di lokasi strategis, seperti dekat kampus atau perkantoran. Artinya, desain kost beserta segala fasilitasnya juga harus  semenarik mungkin agar mampu bersaing dengan kost-kost lainnya. Agar sebuah rumah kost nyaman dan laris, setidaknya diperlukan tujuh hal.

Memaksimalkan Bukaan

Ruangan kost wajib mempunyai jendela. Rumah dengan banyak bukaan yang memaksimalkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami dapat mencegah nyamuk berkembang biak. Peran jendela  adalah  untuk masuknya cahaya dari luar dan mengedarkan udara dalam ruangan. Apalagi bagi para penghuni kost yang lebih banyak menghabiskan waktunya di kamar dibandingkan di luar. Bayangkan betapa pengap dan gelapnya ruangan tanpa jendela, alangkah baiknya jika ruangan kamar memiliki jendela yang menghadap langsung  ke pemandangan luar. Namun, jika hal ini tidak memungkinkan, jendela di kamar yang membuka ke dalam ruangan, seperti lorong, boleh saja. Maka, penting agar di lorong terdapat sumber cahaya alami yang menerangi ruangan.

Ruang Komunal

Menghabiskan waktu seharian  di dalam ruangan menjadi hal yang membosankan bagi kebanyakan orang. Untuk itu, perlu adanya ruang komunal, ruang dimana para penghuni kost dapat berinteraksi, bekerja dan bersantai. Bentuk ruang di rumah kost bisa berbagai macam, seperti ruang santai, ruang tamu, dan ruang makan. Keberadaan ruang komunal dengan desain yang menarik dapat menjadi wadah untuk membuat rumah kost menjadi lebih hidup dan nyaman ditempati.

Parkiran yang mencukupi

Salah satu permasalahan yang banyak dihadapi pemilik kos-kosan adalah tempat parkir yang tidak cukup luas untuk mewadahi kendaraan penghuni kost. Tempat parkir kos-kosan harus mencukupi agar penghuni kost dapat meninggalkan kendaraannya di parkiran dengan rasa aman tenang. Parkiran yang sempit membuat penghuni kost yang membawa kendaraan harus bersusah payah tiap kali memarkirkan kendaraan, bahkan membuat kendaraannya tergores karena bersenggolan dengan kendaraan lain. Jika hal ini terjadi, penghuni kost akhirnya merasa tidak nyaman seiring berjalannya waktu.

Dapur

Sama seperti rumah,  dapur merupakan hal yang penting bagi penghuni kost. Pasalnya, tidak semua orang mempunyai keinginan dan kemampuan untuk terus  membeli makanan dari luar. Banyak penghuni kost yang ingin memasak sendiri makanannya agar bisa berhemat dan tetap sehat. Dengan adanya dapur, penghuni kost dapat merasa semakin betah karena dapat memasak makanannya sendiri. Pastikan di dapur juga terdapat kabinet dan lemari penyimpanan untuk menyimpan bahan-bahan dan peralatan masak penghuni kost. Keberadaan sink, tempat sampah, dan cooker hood atau exhaust fan juga sangat diperlukan untuk menjaga dapur agar tetap dalam keadaan bersih dan tidak lembab.

Void

Walaupun tak wajib, keberadaan void bisa dibilang penting bagi kos-kosan dengan dua lantai atau lebih. Di dalam rumah kost, void berfungsi untuk menghantarkan cahaya matahari pada area-area yang terletak agak jauh dari sumber cahaya, serta memungkinkan terjadinya proses pertukaran udara di dalam ruang agar ruangan terasa lebih sejuk.

Gudang

Banyak rumah kost yang tidak memiliki gudang yang cukup, atau bahkan tak memiliki gudang sama sekali. Akibatnya, banyak sekali barang-barang yang berakhir di ruangan yang tidak semestinya, seperti ruang tamu, ruang santai, atau dapur,  karena kurangnya tempat penyimpanan. Akhirnya, lingkungan kost menjadi berantakan dan sempit. Untuk itu, penting menyediakan ruang gudang yang cukup untuk menyimpan lampu, kasur, perlengkapan kebersihan, dan berbagai barang lainnya.

Taman

Yang terakhir adalah taman. Taman merupakan area yang jarang digunakan oleh penghuni kost untuk beraktivitas. Namun keberadaan taman dapat meningkatkan kenyamanan dan daya tarik kost bagi penghuninya. Sebab taman bisa membuat penghuninya merasa nyaman. Keberadaan taman akan membuat kost Anda lebih sejuk dan segar, apalagi jika ditumbuhi tanaman dan pepohonan.

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya:

Open chat
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Admin Mulia Arsitek!
Saya Ingin konsultasi terkait Desain / Renovasi / Bangun baru Terima kasih