fbpx

Cara Memaksimalkan Tampilan Desain Interior Tatami Jepang

Popularitas gaya interior Jepang dalam beberapa tahun terakhir terus meningkat seiring dengan tren hidup sederhana (minimalis) dan lebih banyak penggunaan material alami. Saat ini, perpaduan dari harmonisasi gaya Jepang modern dan klasik yang kreatif mulai berkembang. Gaya interior Jepang modern masih terinspirasi oleh konsep ” wabi sabi “, namun alih-alih condong ke arah tradisional, kenyamanan dan kepraktisan menjadi pertimbangan untuk menyesuaikan desain dengan standar hidup saat ini.

tatami 0
Sumber gambar : Adobe Stock

Salah satu item yang dilestarikan dalam evolusi desain dan menjadi favorit sampai saat ini adalah tikar tatami. Secara tradisional, bagian tengahnya terbuat dari jerami padi, namun sekarang sering kali terbuat dari bahan sintetis. Hasilnya adalah lantai yang memiliki tekstur elastis namun kokoh sehingga ideal untuk duduk dan tidur. Memang benar penggunaan tikar tatami populer karena berbagai alasan.

Bagi yang tinggal di luar Jepang dan membaca blog ini, seberapa besar minat Anda terhadap Tatami dan desain interior ala Jepang? Jika Anda bingung bagaimana cara dalam membuat ruangan Tatami yang autentik di rumah Anda, maka inilah 5 kunci penting menerapkannya. Baca terus untuk mengetahui betapa menakjubkannya Tatami secara estetis dan fungsional dalam berbagai suasana!

1. Pilih ruangan di mana sinar matahari masuk melalui jendela

tatami 1
Sumber gambar : Interra USA

Memanfaatkan alam adalah kunci untuk memanfaatkan Tatami secara maksimal. Alam menghadirkan udara bersih, kehangatan, dan suasana santai. Saat memilih ruangan, penting untuk memiliki cahaya alami agar dapat memanfaatkan keindahan Tatami secara efektif. Ruangan Tatami harus memiliki ventilasi yang baik untuk menciptakan ruangan yang nyaman dan santai. Dengan menambahkan cahaya alami, ruangan Tatami Anda akan terlihat lebih indah dan natural.

2. Pilih warna terang atau kalem untuk tema warna ruangan

tatami 2
Sumber gambar : Interra USA

Untuk tema warna ruangan Tatami, pilihlah warna-warna terang atau kalem yang memberi kesan alam dan kehangatan, misalnya warna kayu, krem, hitam, dan putih. Selain itu, jangan memilih warna yang cerah dan mencolok. Hal ini juga berlaku untuk warna furnitur, dinding, lantai, dan langit-langit. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, memiliki gaya natural diperlukan untuk menciptakan ruangan Tatami Jepang yang autentik. Hanya dengan mengetahui warna-warna yang cocok dengan Tatami, Anda dapat menampilkan keindahan otentik gaya tradisional Jepang pada jenis rumah apa pun.

3. Jangan menempatkan banyak furnitur dan jaga ruangan tetap minimalis

tatami 3
Sumber gambar : Booking.com

Secara tradisional, rumah bergaya Jepang tampil rapi dan memiliki furnitur minimalis; kesederhanaan memiliki keindahan yang nyata. Untuk menikmati keindahan Tatami dan suasananya, Anda ingin memanfaatkan ruang dengan menjaganya tetap sederhana dan rapi serta memiliki furnitur yang minimalis.

Memiliki ruang tatami adalah ide bagus bagi pecinta konsep minimalis dan tertarik untuk menjaga ruang tetap sederhana dengan lebih sedikit barang.

4. Buat area lesehan khusus atau beri level pada area Tatami

tatami 4
Sumber gambar : MACHIYA RESIDENCE INN KANAZAWA

Melepas sepatu sebelum memasuki rumah di Jepang dan bertelanjang kaki di ruang Tatami adalah hal yang wajar. Secara tradisional, masyarakat Jepang melakukan aktivitas sehari-hari seperti makan dengan duduk di lantai dan menggunakan meja kopi/meja tengah yang rendah. Ini akan membantu menjadikan ruangan lebih bergaya Jepang di mana Anda dapat menikmati Tatami dan menikmati waktu yang damai dan santai.

Jika Anda tidak bisa menemukan alas duduk zabuton, alternatifnya bisa berupa bantal duduk atau kursi lantai.

Jika ada lansia di rumah atau bagi mereka yang memiliki persendian atau otot kaki yang kaku, mereka mungkin menganggap bangun dari lantai terlalu sulit. Desain area tatami yang ditinggikan dapat menjadi solusinya. Namun, jangan asal buat area tatami tinggi agar tidak menyesal. Karena peninggian area tatami juga bisa menambah fungsinya sebagai storage dan area kerja/bersantai yang cerdas. Berikut cara desainnya :

  1. Tinggi area Tatami dibuat 40 cm agar barang besar, misalnya koper ukuran large bisa masuk
  2. Tinggi anak tangga (jika diperlukan) jangan lebih dari 20 cm agar tidak bikin pegal dan ujungnya dibuat round untuk meminimalkan bahaya
  3. Manfaatkan setiap ruang dengan dibuat laci, termasuk di depan meja agar bisa menyimpan banyak barang
  4. Buat meja yang bisa diakses dari dua sisi, jadi bisa duduk di atas Tatami tanpa perlu kursi lagi

5. Hiasi ruangan dengan rangkaian bunga atau tanaman Ikebana

tatami 5-1
Sumber gambar : Hasegawa Eiga

Ikebana adalah karya seni tradisional Jepang di mana Anda menambahkan bunga dan dahan pohon ke dalam vas. Menambahkan bunga dan dahan pohon yang tidak terlalu banyak serta memanfaatkan ruang secara efisien dianggap sebagai keindahan Ikebana. Baik Tatami dan Ikebana memiliki konsep yang sama, yaitu menjaganya tetap sederhana, yang menciptakan kombinasi sempurna dalam ruang.

tatami 5
Sumber gambar : Pinterest

Menempatkan Ikebana atau tanaman saja sudah membuat perbedaan di ruangan Tatami. Selain itu, membuat Ikebana di rumah tidaklah sulit. Anda tidak perlu menaruh banyak hiasan, hanya perlu satu atau dua Ikebana atau sesuatu yang sesuai dengan alam. Memiliki gaya dan suasana alami sangat penting untuk memenuhi gaya asli Jepang ke dalam rumah Anda.

Ingatlah untuk menggunakan 5 tips ini, yaitu sinar matahari, tema warna alam, furnitur minimalis, area lesehan, dan rangkaian bunga Ikebana! Nah, sekarang saatnya Anda memiliki ruang Tatami sendiri di rumah Anda!

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya:

Open chat
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Admin Mulia Arsitek!
Saya Ingin konsultasi terkait Desain / Renovasi / Bangun baru Terima kasih