5 Cara Ampuh Hilangkan Noda Membandel Pada Marmer

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Cara Hilangkan Noda Membandel
Source : Kompas.com

Noda Membandel – Marmer adalah jenis batuan kristalin kasar yang asalnya dari batu kapur atau dolomit. Material ini biasanya digunakan untuk material bangun lantai, dinding, dan bahkan bisa digunakan untuk meja dan kursi.

Material ini menjadi favorit banyak orang, dikarenakan bahannya yang kokoh dan memiliki motif yang indah. 

Menggunakan material marmer untuk material bangun lantai, dinding dan lain-lain, tentunya akan menambah nilai estetika tersendiri dalam suatu ruangan.

Sayangnya, marmer bukanlah tanpa kelemahan. Sifat marmer yang memiliki pori-pori besar akan membuat cairan yang tumpah ke dalamnya menjadi noda yang membandel. Terlebih jika tidak langsung dibersihkan.

Apabila dibiarkan, tentunya noda-noda tersebut akan mengurangi nilai estetika dari marmer. Tetapi Sahabat tidak perlu khawatir, karena Mulia Arsitek telah merangkum 5 tips untuk membersihkan noda membandel pada marmer kesayangan Sahabat. 5 tips tersebut adalah;

1. Dengan Menggunakan Sabun Cuci Piring

Cara Hilangkan Noda Membandel
Source : Kompas.com

Yang pertama adalah dengan menggunakan sabun cuci piring. Caranya kurang lebih sama ketika Sahabat akan membersihkan piringnya yang kotor. Perbedaannya adalah objek yang dibersihkan saja.

Gosok secara perlahan kain yang digunakan untuk menggosok pada noda yang membandel. Jangan sampai motif dari marmer ikut luntur. Usahakan untuk menggosok marmer secara searah saja.

2. Bantu Hilangkan Dengan Pemutih Pakaian

Cara Hilangkan Noda Membandel Pada Marmer
Source : laundry.drop.id

Sama seperti sebelumnya. Sahabat dapat memulai proses pembersihan dengan menuang beberapa tetes saja ke bagian noda yang menempel. Letakkan tisu pada permukaan bernoda yang telah diberikan pemutih pakaian sebelumnya.

Jika noda tersebut sudah berpindah ke tisu yang digunakan, bilas marmer dengan sabun cair, dan setelahnya keringkan dengan kain halus.

3. Baking Soda Untuk Hilangkan Noda Membandel

Baking Soda Untuk Perawatan Rumah
Source : orami.co.id

Bahan ketiga yang akan kita gunakan untuk menghilangkan noda pada marmer adalah Baking Soda. Bahan kimia alkali yang ini dipercaya mampu membersihkan marmer dari noda.

Baking soda ini juga tidak akan meninggalkan bekas pada permukaan marmer. Jadi motif indah yang pada marmer tetap akan terjaga.

4. Bedak Tabur Ampuh Jaga Kebersihan Marmer

Bedak Tabur Untuk Perawatan Rumah
Source : moiamor.com

Cara keempat ini cukup unik, yakni dengan menggunakan bedak tabur. Adapun langkah-langkahnya hampir sama seperti saat menggunakan 3 bahan sebelumnya. Hanya saja, waktu yang diperlukan cukup lama, dengan membiarkan bedak tabur tersebut berada di atas noda membandel yang ada di marmer.

5. Larutan Amonia Hilangkan Noda Membandel

Larutan Amonia Untuk Perawatan Rumah
Source : Google Images

Amonia adalah larutan alkali yang dapat membantu membersihkan noda pada marmer. Untuk dapat menggunakan larutan ammonia untuk membersihkan noda, Sahabat perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini;

  1. Campurkan 1 sendok makan amonia dengan air, kira-kira 200 ml.
  2. Usapkan larutan ammonia tersebut pada noda yang menempel di marmer
  3. Setelah noda menghilang, keringkan dengan handuk yang lembut.

Larutan amonia ini sangat ampuh untuk hilangkan noda lemak seperti bekas makanan ataupun bekas kosmetik.

Baca juga : Rak Sepatu Unik Untuk Rumah Jadi Lebih Rapi

Itulah 5 tips ampuh untuk hilangkan noda membandel pada marmer. Apabila Sahabat memiliki masalah mengenai material marmer di rumah, seperti di area dapur atau kamar mandi, serta berniat untuk melakukan renovasi, hubungi Mulia Arsitek. 

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.  

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Recent Comments

    Artikel Lainnya:

    KRITERIA RUMAH MENURUT ISLAM

    Yuk kita bahas tentang kriteria rumah menurut islam. Sungguh indah menjadi manusia yang hidupnya dilingkupi dengan nilai-nilai islami. Mulai dari lahir, bertumbuh, menikah hingga punya

    Read More »
    Rumah Nuansa Islami di Masyarakat Jawa dan Bugis

    RUMAH NUANSA ISLAMI DI JAWA & BUGIS

    Rumah Nuansa Islami di Masyarakat Jawa dan Bugis. “Yaaa ayyuhallaziina aamanudkhuluu fis-silmi kaaaffataw”, Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan. Yuswohadi dalam

    Read More »
    Open chat