fbpx

Cara Sederhana Memaksimalkan Laundry Room Kecil 

Tidak setiap rumah memiliki ruangan khusus untuk mencuci dan menyetrika pakaian. Keterbatasan ruang, kerap menjadi alasannya. Padahal ada beberapa keuntungan jika Anda memberi ruang pada hunian untuk digunakan sebagai area laundry.

laundry 1
Sumber gambar : ABI Interiors UK

Lokasinya sendiri bisa di dalam rumah, tertutup di luar ruangan, atau di rooftop untuk memudahkan akses sinar matahari saat menjemur pakaian. Tidak hanya keunggulan desain, tetapi juga beberapa keuntungan dapat dirasakan ketika memiliki ruang laundry sendiri. Yuk, ketahui dulu kelebihan ruang laundry rumah pada penjelasan berikut ini.

Keunggulan ruang laundry di rumah

  • Hemat waktu dan fungsional

Dengan adanya ruang laundry di rumah, kegiatan mencuci dan menjemur menjadi satu. Menggunakan mesin cuci dengan pengering otomatis membuat aktivitas mencuci dan mengeringkan pakaian menjadi lebih nyaman. Anda tidak perlu menunggu matahari untuk menjemur pakaian, apalagi di musim hujan ketika pakaian sulit untuk kering.

  • Tidak mengganggu aktivitas keluarga lainnya

Suara keras dari mesin cuci atau pengering menimbulkan banyak kebisingan di dalam rumah. Terkadang hal itu membuat aktivitas Anda terganggu. Namun, keberadaan ruang laundry dapat meredam suara mesin di dalam, sehingga tidak terdengar nyaring di luar.

  • Hemat uang untuk biaya laundry

Seringkali Anda merasa malas untuk mencuci pakaian dan memilih membayar jasa laundry. Padahal memiliki ruang laundry sendiri dapat menghemat uang dan tenaga. Semuanya dikerjakan dengan mesin, tinggal memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci dan pengering, lalu jemur. Selama pakaian ada di dalam mesin cuci, Anda bisa melakukan pekerjaan lain. Dan baju dapat kering lebih cepat karena sebelumnya sudah dilakukan pengeringan di mesin cuci, sehingga tidak akan ada bau apek. Praktis, bukan?

  • Meningkatkan estetika rumah

Saat ini, berbagai desain dan model ruang laundry telah disesuaikan dengan kondisi rumah. Jangan khawatir jika rumah Anda kecil, Anda tetap bisa memiliki ruang laundry di rumah!

laundry 2
Sumber gambar : ABI Interiors

Membuat ruang  laundry yang nyaman

  1. Laundry full set tidak harus besar, tetapi cukup. Yang penting compact. Serta pastikan membuat ruang laundry harus privat, jadi cucian dan jemuran Anda tidak terlihat oleh tamu atau orang luar
  2. Buat pintu kamuflase untuk dapat masuk ke ruang laundry
  3. Beri kanopi kaca agar cahaya bisa masuk dan jemuran tidak akan kehujanan
  4. Tertutup dengan dinding roster sehingga sirkulasi udara baik
  5. Pastikan luas area laundry cukup untuk menaruh mesin cuci, area table top yang luas untuk segala aktivitas juga untuk setrika, ada storage yang cukup besar untuk stok segala kebutuhan laundry, storage dengan pull out panel yang dipakai untuk menggantung alat kebersihan, serta ada bak zink yang dipakai untuk mengucek pakaian
laundry 3
Sumber gambar : Pinterest

Nah, itulah kira-kira manfaat memiliki ruang laundry di rumah. Semoga bermanfaat!

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya:

Open chat
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Admin Mulia Arsitek!
Saya Ingin konsultasi terkait Desain / Renovasi / Bangun baru Terima kasih