Contoh Arsitektur Islam Dunia, 7 Masjid Super Megah dan Agung

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Contoh Arsitektur Islam. Arsitektur Islam merupakan gaya arsitektur yang berasal dari wilayah yang mayoritas penduduknya beragama agama Islam. Hadirnya Arsitektur Islam yang tersebar luas di seluruh dunia, terutama di wilayah Asia Timur, Asia Tengah, Afrika, dan Eropa. Arsitektur Islam umumnya berciri khas dengan penggunaan geometri yang kompleks, desain yang simetris, dan penggunaan bahan-bahan alami seperti batu, kayu, dan tanah liat.

Salah satu ciri khas arsitektur Islam adalah penggunaan bentuk geometris yang kompleks. Hal ini terlihat pada bentuk-bentuk poligon yang sering muncul pada arsitektur Islam, seperti persegi, persegi panjang, dan segitiga. Bentuk-bentuk ini rupanya cocok untuk menciptakan desain yang simetris dan harmonis.

Arsitektur Islam juga identik dengan penggunaan bahan-bahan alami seperti batu, kayu, dan tanah liat. Penggunaan bahan-bahan alami ini bertujuan untuk menciptakan suasana yang sejuk dan nyaman di dalam bangunan. Selain itu, bahan-bahan alami juga merupakan pilihan yang ramah lingkungan karena mudah didaur ulang.

Beberapa Contoh Arsitektur Islam Dunia

Berikut ini adalah beberapa contoh arsitektur Islam yang terkenal di dunia:

  1. Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. Masjid ini merupakan salah satu tempat suci bagi umat Islam dan merupakan salah satu contoh arsitektur Islam yang terkenal di dunia. Mesjid ini identik dengan penggunaan marmer putih yang bersih, tiang-tiang yang tinggi, dan kubah yang besar yang menjulang tinggi.
  2. Berikutnya adalah Masjid Agung Al-Azhar, Kairo, Mesir. Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di dunia dan merupakan salah satu contoh arsitektur Islam yang terkenal. Masjid ini identik dengan penggunaan bahan-bahan alami seperti batu, kayu, dan tanah liat serta desain yang simetris dan harmonis.
  3. Ketiga, Masjid Sultan Hassan, Kairo, Mesir. Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di dunia dan merupakan salah satu contoh arsitektur Islam yang terkenal.
  4. Keempat, Masjid Nasional, Jakarta, Indonesia. Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu contoh arsitektur Islam yang terkenal.
  5. Kelima, Masjid Jameh, Isfahan, Iran. Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di Iran dan merupakan salah satu contoh arsitektur Islam yang terkenal.
  6. Tak ketinggalan Masjid-Masjid di Timur Tengah. Selain masjid-masjid tersebut di atas, terdapat juga banyak masjid-masjid lain di Timur Tengah yang merupakan contoh arsitektur Islam yang terkenal, seperti Masjid Nabawi di Madinah, Masjid Quba di Madinah, dan Masjid Qiblatain di Madinah.
  7. Terakhir Masjid Taj Mahal, Agra, India. Masjid Taj Mahal merupakan salah satu tempat suci bagi umat Islam yang terkenal di dunia. Bangunan ini dibangun pada abad ke-17 oleh Kaisar Mughal Shah Jahan sebagai tempat peristirahatan terakhir untuk istrinya yang tercinta. Tempat ibadah monumental ini identik dengan penggunaan marmer putih yang bersih, tiang-tiang yang tinggi, dan kubah yang besar yang menjulang tinggi.

Arsitektur Islami di Spanyol dan Turki

Arsitektur Islam di Spanyol merupakan salah satu bagian dari warisan budaya yang merupakan hasil dari pengaruh Islam yang masuk ke Spanyol pada abad ke-8 hingga ke-15. Gaya arsitektur ini terkenal dengan penggunaan elemen-elemen dekoratif seperti geometris, kaligrafi, dan motif-motif khas Islam.

Di Spanyol, arsitektur Islam tersebar di seluruh wilayah Spanyol, terutama di kota-kota besar seperti Granada, Cordoba, dan lain-lain. Beberapa contoh bangunan yang menggunakan gaya arsitektur Islam di Spanyol diantaranya adalah Masjid Alhambra di Granada, Masjid Mezquita di Cordoba, Masjid Aljaferia di Zaragoza, dan lain-lain.

Di Turki, sejak agama islam masuk di abad 11. Arsitektur Islam tersebar di seluruh wilayah Turki, terutama di kota-kota besar seperti Istanbul, Ankara, dan lain-lain. Beberapa contoh bangunan yang menggunakan gaya arsitektur Islam di Turki diantaranya adalah Masjid Sultanahmet di Istanbul, Masjid Suleymaniye di Istanbul, Masjid Haci Bayram di Ankara, dan lain-lain.

Arsitektur Islam di Spanyol merupakan salah satu bagian dari warisan budaya yang harus program pelestarian UNESCO-nya PBB. Bangunan-bangunan yang menggunakan gaya arsitektur Islam tersebut merupakan bagian dari sejarah dan kebudayaan Spanyol yang harus mendapat perhatian dan terjaga kelestariannya agar tidak hilang.

Anda ingin memiliki bangunan atau bangun masjid dengan arsitektur islami. Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain rumah yang islami dengan tim kami di Mulia Arsitek, untuk mendapatkan desain interior dan eksterior yang Islami. Hubungi Admin kami di WA kami yah, wa.me/628112648986

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    5 Elemen Penting Gaya Victoria

    Bagi Anda yang anti-dekorasi modern dan mendambakan ruang yang romantis dan nyaman ala Eropa, maka gaya Victoria sangat cocok untuk mengembalikan rumah Anda ke era

    Read More »

    Di Balik Gaya: Dekorasi Maroko

    Gaya bohemian adalah pilihan ideal bagi orang yang ingin merangkul gaya dan tema dari banyak budaya dan disiplin ilmu. Dalam hal desain interior bohemian, tidak

    Read More »

    Mihrab

    Ciri khas arsitektur masjid adalah mihrab. Mihrab adalah ceruk yang menjorok ke tempat imam memimpin sholat. Arah mihrab juga biasanya menunjukkan arah menuju kiblat. Mihrab

    Read More »

    Split Level

    Rumah split level adalah rumah dengan ketinggian lantai yang berbeda di sebagian besar ruangan. Secara umum, ketinggian “split” adalah setengah dari tinggi normal lantai. Sebuah

    Read More »
    WARNA MAMBA 01

    Warna Mamba Sang Mistik Penuh Emosi

    Pernahkah Anda mendengar istilah “cewek mamba”? Cewek mamba sendiri mengacu pada gaya berbusana yang identik dengan nuansa hitam. Jadi mengapa bisa dipanggil cewek mamba? Kata

    Read More »
    Open chat