fbpx

Desain Kost Eye Catching Penarik Perhatian

Referensi desain kost sangat penting bagi Anda yang ingin mendapatkan passive income dari bisnis ini. Sewa rumah kost dengan desain kekinian bisa menjadi daya tarik bagi penyewa kost baru. Terlebih jika lokasinya strategis, misalnya berada di area perkantoran atau kampus.

Seiring dengan perubahan tren gaya hunian, bentuk kost saat ini tentunya akan sangat berbeda dengan desain kos-kosan zaman dulu. Desain yang kami bagikan juga dapat menjadi referensi untuk inspirasi kost Anda.

Bentuk Desain Bangunan Kost yang Menarik

Nah, bagi Anda yang saat ini sedang mengembangkan bisnis kost atau membutuhkan referensi untuk desain kost yang menarik, berikut ini beberapa ide desain bangunan populer yang dapat membuat kost Anda menjadi lebih eksklusif dan menarik.

1. Gaya Industrial

Gaya industrial yang saat ini menjadi tren hunian, terbilang cukup unik dan khas karena dapat memberikan kesan modern yang maskulin. Pesona desain industrial memang mampu menarik perhatian, terlebih karena tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mendesainnya. Tampilannya yang raw, urban, namun tetap modern ini juga cocok dipadukan dengan desain lain, diantaranya minimalis dan tropis.

Gaya industrial yang orisinil umumnya diciptakan melalui beberapa material seperti palet baja beton, plat stainless steel, baja dan cermin, serta batu bata atau semen ekspos. Sementara penambahan unsur kayu berguna untuk menghadirkan kesan yang lebih hangat dan homey. Untuk menciptakan tampilan yang semakin menawan, sentuhan industrial juga bisa dihadirkan melalui furnitur, pencahayaan, atau aksesoris ruangan dengan tampilan unfinished.

2. Gaya Modern Kontemporer

Bagi Anda yang sedang mengembangkan bisnis kost dengan target pasar pekerja kantoran, maka bisa menerapkan desain modern kontemporer yang lebih elegan dan mewah.

Gaya modern kontemporer menghadirkan visual eksterior rumah yang eye catching. Inspirasi desain mewah yang baru dengan merespon gaya hidup generasi milenial perkotaan masa kini.

Style desain Modern Kontemporer akan selalu berubah, hal tersebut terkait dengan tersedianya serta penemuan bahan, material, dan model atau inovasi baru. Kondisi inilah yang membuka kesempatan eksplorasi melalui kreatifitas dan keterampilan untuk memadupadankan material, model, dan tren terkini, sehingga melahirkan konsep modern kontemporer baru sesuai tren yang berkembang.

Desain kontemporer sendiri, mengacu pada hal-hal yang bersifat kekinian. Artinya, unsur-unsur yang dimunculkan adalah sesuatu yang sedang tren hari ini. Sementara, desain modern mengacu kepada gaya desain yang terkenal di era pertengahan tahun 1900-an. Adapun, cirinya antara lain adalah penggunaan warna netral yang ekspansif, serta garis-garis yang tampak bersih.

Gaya Modern Kontemporer menampilkan suasana yang rapi, clean, dan fleksibel sehingga dapat dikatakan merepresentasikan style masa kini dengan paduan karakteristik pemiliknya.

Dalam keterangan lainnya dijelaskan bahwa desain rumah kontemporer lebih mengutamakan unsur minimalis yang sederhana, namun tetap berani dalam memainkan motif. Konsep desain kontemporer sendiri merupakan bentuk modernisasi baru. Lepas dari aturan-aturan gaya desain konvensional yang tradisional dan tidak terikat dengan batasan desain tertentu. Adapun ciri khas yang paling mencolok dari gaya kontemporer ini diantaranya sebagai berikut:

  • Ukuran jendela yang besar untuk mendapat cahaya matahari yang maksimal
  • Lantai dengan motif atau material kayu yang cenderung polos
  • Ruangan-ruangan dengan konsep terbuka tanpa sekat
  • Furnitur dengan bentuk dan motif sederhana
  • Material dengan kesan natural yang kuat
  • Garis lurus untuk desain eksterior rumah

3. Gaya Minimalis

Gaya minimalis bukan hanya berarti fokus pada ukuran atau luas yang terbatas, namun juga pada pemilihan material, desain, dan visual yang lebih sederhana, rapi, dan bersih (clean). Desain ini akan membuat kost yang Anda buat lebih terlihat trendi.

Salah satu alasan desain rumah minimalis diminati adalah kesan modern, bersih, dan elegan yang ditampilkannya. Inspirasi desain minimalis bukan datang dari unsur yang kaku, membosankan atau terkesan kosong. Konsep interior desain ini juga bukan berarti ‘murah’. Dalam bentuknya yang simpel dan fungsional namun memukau, di sanalah letak prinsip desain minimalis sejati.

4. Gaya Scandinavian

Kesederhanaan (simplicity), minimalis (minimalism), dan fungsional (functionality) adalah tiga hal yang menjadi ciri utama dari gaya rumah Scandinavian. Konsep sederhana dan minimalis misalnya, dapat ditemukan dalam dominasi warna-warna netral seperti putih dan abu-abu terang. Alih-alih sederhana, warna netral ini justru dapat menciptakan kesan mewah.

Gaya Scandinavian memadukan konsep tahun 1950-an dengan style modern, sehingga memunculkan kesan elegan, industrial, rustic, dan shabby chic.

Jika dilihat dengan lebih seksama, rumah bergaya Scandinavian memiliki desain yang minimalis, tetapi bernilai seni tinggi.

Konsep ini pun sejalan dengan selera para pecinta gaya minimalis karena gaya Scandinavian juga mengutamakan unsur ‘fungsi’ daripada sekadar desain semata. Dimana ruang-ruang yang ada harus dapat difungsikan sebagaimana mestinya. Namun tetap dipadukan dengan detail-detail interior yang simpel dan sederhana.

Dalam membangun rumah Scandinavian di Indonesia ada beberapa aspek yang harus dipatuhi. Utamanya adalah selalu gunakan komposisi sederhana dengan garis bersih, bentuk dasar, dan warna-warni solid. Hal itu bisa dituangkan dari fasad rumah dengan penggunaan atap berbentuk datar maupun segitiga. Berikut ini tips membangun rumah Scandinavian:

  1. Kemiringan atap pada rumah Scandinavian cenderung pendek.
  2. Bentuk atap dibuat sangat sederhana dengan garis tegas guna memberikan kesan rumah yang kokoh untuk menahan angin kencang.
  3. Di lantai satu umumnya terdapat teras sebagai pemanis eksterior.
  4. Pada rumah Scandinavian dua lantai, area balkon mengambil space dari kedalaman ujung atap pelana dengan railing kayu.

5. Gaya Green Design atau Eco Design

Jika memang target market Anda adalah generasi milenial dan generasi z, maka Anda bisa membuat desain kost yang memiliki banyak ruang terbuka hijau. Desain kost dengan atap transparan dan di bagian tengahnya ada taman kecil. Ide taman kecil memberikan keteduhan dari teriknya sinar matahari di siang hari. Selain itu, sirkulasi udara di dalam kost juga akan lebih baik dengan  adanya taman di tengah-tengahnya. Area taman juga dapat dilengkapi dengan meja dan kursi kayu untuk makan atau duduk santai yang dapat difungsikan sebagai tempat berkumpul para penghuni kost.

Selain bisa membuat suasana lebih asri, desain kost ini juga akan lebih sehat untuk para penghuninya. Rumah kost yang sehat tentunya juga membuat penghuninya merasa sehat.

Sebenarnya green design ini sedikit mirip dengan gaya natural yang sudah dikenal bertahun-tahun lalu. Perbedaannya, gaya natural menekankan pada pemanfaatan energi alami yang lebih besar dalam green design. Konsep interior hijau memang sengaja dirancang dengan memanfaatkan sumber energi alam sebesar-besarnya yang mana mendapatkan energinya melalui bukaan besar untuk pencahayaan alami hingga material natural seperti kayu, serta penggunaan tanaman indoor untuk menciptakan suasana ruangan yang segar.

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya:

Open chat
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Admin Mulia Arsitek!
Saya Ingin konsultasi terkait Desain / Renovasi / Bangun baru Terima kasih