6 Desain Rooftop Keren Untuk Rumah Minimalis

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Rooftop Model Kekinian
Rooftop Minimalis, Source : Google Images

Rooftop minimalis, rooftop adalah 1 kata yang sebenarnya terdiri 2 kata, yakni roof dan top. Yang artinya adalah roof untuk atap dan top untuk atas. Fungsi yang lazim kita temukan untuk rooftop adalah sebagai tempat jemuran. Selain itu, rooftop juga sering kita sebagai tempat penyimpanan toren air.

Secara garis besar, penggunaan rooftop bergantung pada ukuran rooftop itu sendiri. Tetapi perlu diingat bahwa, penggunaan rooftop tidak hanya sebatas itu.

Kita bisa memanfaatkan rooftop, baik luas maupun kecil untuk membuatnya menjadi lebih kece dari hanya sekedar tempat jemuran. 

Berikut ini adalah 6 desain rooftop untuk rumah minimalis;

Lihat Juga : Proses Bangun Rumah Memanfaatkan Rooftop Beserta Prinsip Penerapannya.

1. Nuansa Tropis, 11-12 Dengan Rooftop Garden

Rootfop Bergaya Tropis
Source : ofiskita.com

Desain yang pertama, adalah desain dengan nuansa tropis.

Sebenarnya, kita dapat mengatakan bahwa desain ini 11-12 dengan tema rooftop garden. Sahabat dapat menempatkan berbagai tanaman hias di atas rooftop.

Sebut saja seperti kaktus ataupun pohon palem mini, yang dipadu padankan dengan perabotan bergaya ala-ala urban daerah kamu. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa bohlam yang digantung sebagai sumber pencahayaan di malam hari.

Apabila sahabat memiliki cukup dana, maka tidak salah untuk menambahkan tenda fleksibel ataupun rumput sintetis dengan diameter kedalaman yang cukup untuk menyerap air.

2. Rooftop Bergaya Cozy

Rooftop Minimalis Bergaya Cozy
Source : brilio.net

Cozy sebenarnya adalah bahasa inggris gaul dari nyaman. Tentu saja untuk mendapatkan kenyamanan pada rooftop berbeda-beda. Namun, desain rooftop bergaya cozy, haruslah membuat seluruh anggota menjadi nyaman. Bahkan, Sahabat bisa menggunakan gaya ini untuk mempereratkan malam-malam yang indah bersama keluarga di rooftop.

Gunakanlah sofa panjang dan beberapa bantal sofa yang membuat Sahabat dan keluarga menjadi nyaman.

Teruntuk anak-anak, Sahabat bisa tambahkan berbagai furniture tambahan seperti ayunan gantung ataupun bean bag.

Jangan lupa untuk menyediakan meja agar barang-barang saat bersantai bisa diletakkan dengan mudah. Pelengkapnya, Sahabat bisa gunakan beberapa tanaman hias di sudut-sudut rooftop.

3. Rooftop Ala-Ala Cafe

Rumah123
Souce : rumah123.com

Rekomendasi desain rooftop rumah untuk rumah minimalis selanjutnya adalah rooftop minimalis ala cafe. Rumah minimalis, bukan berarti rumah yang tidak bisa menonjolkan sisi estetika.

Apabila Sahabat memiliki rooftop, maka Sahabat bisa menyulapnya menjadi rooftop ala-ala Cafe.

Seperti Cafe yang umumnya Sahabat datangi, penggunaan furniture kayu, dan lampu-lampu kuning khas bisa Sahabatkan masukkan dalam daftar belanja. Gunakan meja berbentuk bundar dengan kursi-kursi pilihan yang mengelilinginya. Bila perlu, lakukan survei ke Cafe-cafe favorit Sahabat untuk mendapatkan inspirasi yang lebih.

Terpenting lagi, perhatikan agar rooftop tetap nyaman meski di kala hujan.

4. Rooftop Garden, Untuk Yang Suka Berkebun

Rooftop Minimalis Bertema Garden
Source : furnizing.com

Berbeda sedikit dengan desain yang pertama, rooftop tema garden atau kebun hias ini lebih menonjolkan sisi keindahan tanaman. Terkhusus tema ini, terdapat 3 poin penting yang harus Sahabat perhatikan terlebih dahulu.

3 poin ini, adalah elemen utama untuk rooftop garden jadi kebun yang menyenangkan.

Apa saja 3 poin tersebut ?

1. Pastikan perairan di teras rooftop bagus.

Terdengar klise ya, tapi tips pertama inilah yang sebenarnya paling penting.

Memperhatikan perairan di teras rooftop agar dapat mengalir dengan baik adalah proses penting pembangunan rooftop. Apabila rooftop yang dimiliki sudah tidak memiliki perairan yang bagus, bagaimana kita ingin membuat taman yang mewah ?.

Solusi terbaiknya, kita bisa menggunakan tenda portabel. Jadi ketika hujan turun, kita tidak perlu lagi panik akan kebanjiran di teras rooftop. Teruntuk tenda yang akan digunakan, Sahabat bisa gunakan warna tenda yang selaras dengan fasad atau bagian depan rumah. Pemilihan warna yang dominan ini, akan menambah ciri khas dari rumah Sahabat.

Jadi orang-orang akan tahu dengan mudah rumah Sahabat, karena ciri khas yang dimiliki.

2. Cat warna dinding rooftop sesuai dengan fasad.

Sama seperti sebelumnya, pemilihan warna dinding yang sama dengan fasad akan mempertegas landmark dari rumah yang kita miliki. Tips ini sebenarnya berhubungan dengan pemilihan warna cat rumah di awal pembangunan. Oleh sebab itu, perhatikan baik-baik warna untuk fasad rumah Sahabat ya.

Pastikan kamu memilih warna-warna menenangkan atau menyejukkan. Seperti warna krem, kuning keemasan, ataupun hijau. Masalah pemilihan warna ini sebenarnya lebih ke selera Sahabat masing-masing ya. Bila Sahabat bingung memilih yang tepat, maka Sahabat bisa mencatat kontak kami di akhir video ini ya.

3. Gunakan rumput sintetis

Rumput sintetis atau mudahnya rumput palsu bisa sahabat gunakan sebagai alas dari teras rooftop. Pastikan sahabat memilih rumput sintetis yang berkualitas. Pilihlah rumput sintetis dengan diameter yang cukup, kedap dan membuat air mengalir. Jadi rumput sintetis tidak akan mudah rusak, dan Sahabat tidak perlu lagi bolak-balik mengganti rumput.

Letakkan rumput sintetis pada bagian-bagian yang penting seperti di bagian tengah teras rooftop.

Di bagian pinggir tiap rooftop, Sahabat bisa tambahkan ornamen-ornamen estetik lainnya seperti penggunaan batu-batu bersamaan dengan wpc deck tile. Kesan batu dan wpc deck tile akan mempertegas konsep taman bunga yang akan kita usung.

5. Tema Eat Together, Makan Enak Di Rooftop Minimalis

Shuttertstock Rooftop Ear Together
Source : shutterstock

Bagi sebagian orang, menikmati hidangan yang lezat bersama belum lengkap rasanya bila tidak didukung dengan pemandangan yang indah. Butuh konsep anti mainstream agar pengalaman makan bersama menjadi lebih berbeda.

Berlatar belakang masalah inilah, konsep eat together di rooftop lahir. Area ini dapat Sahabat gunakan untuk kumpul bersama, baik waktu breakfast, lunch, dan dinner. Tentu saja, furniture utama pada konsep ini, adalah furniture-furniture khusus untuk makan bersama. 

Sahabat bisa mengkombinasikan tema ini dengan tema rooftop ala-ala cafe. 

6. Relaksasi, Untuk Rooftop Minimalis Sebagai Tempat Olahraga

Brilio.net
Source : brilio.net

Rooftop bisa menjadi area yang nyaman untuk bermeditasi. Sahabat dapat menggunakan gazebo untuk menikmati indahnya pemandangan langit. Gazebo tersebut juga bisa Sahabat dapat gunakan untuk senam yoga bersama anggota keluarga lainnya. 

Penambahan treadmil atau sepeda statis di rooftop juga menambahkan kesan rileks kian terasa.

Itulah 6 desain untuk jadikan rooftop rumah minimalis yang awalnya biasa-biasa saja, menjadi rooftop yang keren dan kekinian. Apabila Sahabat masih bingung menentukan seperti apa bentuk rooftop yang sesuai selera, maka hubungi Mulia Arsitek.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat, terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat