Jogja Office
Jl. Bendo No.17, Wedomartani, Ngemplak, Sleman - D.I. Yogyakarta

Bogor Office
Jl. Pasir Mulya 3 No.L.12, RT.02/RW.07, Pasirmulya, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat

Jam Kerja
Senin - Sabtu: 8AM - 4PM
Minggu & Hari Libur Nasional (Libur)

Desain Rumah Untuk Generasi Milenial

Memahami generasi milenial

Keunikan (uniqueness) adalah ciri generasi milenial dan hal ini diwujudkan dalam ruang hidup mereka. Milenial rela menghabiskan banyak waktu dan uang untuk mencari barang yang sesuai dengan gaya mereka. Dari aksen unik hingga furnitur berwarna unik. Berbeda dengan generasi sebelumnya, generasi milenial tidak percaya pada kenyamanan dekorasi rumah pada umumnya. Mereka menyukai tema rustic seperti permukaan kasar dan warna yang mengingatkan pada alam. Generasi milenial juga tertarik pada gaya minimalis, menolak segala bentuk hiasan dekorasi yang disukai orang tua dan kakek-nenek mereka. Ruang tamu mewah yang hanya digunakan untuk menyambut tamu kini sudah  ketinggalan zaman. Sebagai gantinya, terdapat furnitur praktis dan multifungsi termasuk coffee table yang dilengkapi storage dan rak yang berfungsi ganda sebagai meja ruang makan.

Perbedaan penting lainnya antara generasi milenial dengan generasi sebelumnya terletak pada sumber inspirasinya. Generasi sebelumnya memperoleh ide desain interior dari katalog dan segelintir desainer terkenal, sedangkan generasi milenial saat ini mengandalkan internet untuk mendapatkan inspirasi desain yang unlimited. Dengan blog, postingan Instagram, dan ulasan produk yang tak terhitung jumlahnya, generasi milenial memiliki gudang informasi yang lebih banyak.

Redefining interior design

Generasi milenial (the new generation) ingin mempersonalisasi ruang mereka. Mereka berusaha untuk mengekspresikan kreativitas dan perspektif baru yang berbeda. Ungkapan ini mencakup desain rumah yang mereka pilih dan cara mereka mendekorasi rumah tersebut. Untuk menciptakan ruang yang mencerminkan gaya uniknya, kaum milenial kerap menggunakan furnitur dan ornamen yang di-custom terlebih dahulu. Mereka gemar menempatkan barang antik langka atau kerajinan tangan sebagai fitur dekoratif di ruang keluarga mereka. Generasi milenial juga mendukung konsep “less is more” dalam hal desain. Bagi mereka, rumah ideal haruslah minimalis dan tidak penuh barang.

Milenial minimalis berkarakter

Rumah yang lebih kecil dan lebih fungsional menjadi tren di kalangan generasi milenial, dibandingkan rumah mewah yang luas. Mereka memberi nilai lebih tinggi pada rumah kecil yang dirancang untuk memaksimalkan ruang dengan fokus pada area seperti dapur atau ruang santai karena disinilah mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka. Kenyamanan dan keintiman adalah dua konsep mendasar yang tidak dapat dikompromikan bagi generasi milenial. Generasi milenial mendambakan ruang yang nyaman untuk bersantai setelah seharian bekerja keras. Di ruang-ruang ini biasanya terdapat bantal besar, furnitur nyaman, dan pencahayaan yang menenangkan. Mereka juga suka menggunakan elemen desain interior yang berbeda untuk menciptakan nuansa atau suasana (ambience) yang berbeda di rumah mereka dibandingkan menggunakan gaya desain tertentu yang strict dan kaku.

Milenial umumnya menggunakan perpaduan warna dengan berbagai cara di rumah mereka. Mereka sangat menyukai warna-warni seperti perlengkapan mandi berwarna cerah atau ubin dinding dapur berpola. Meskipun peralatan dapur berbahan baja mengkilap tidak dapat dihindari, generasi ini cenderung memilih peralatan dengan hasil akhir matte atau berwarna gelap. Ketika generasi milenial semakin sadar lingkungan, mereka cenderung fokus pada keberlanjutan (sustainability) di rumah. Mereka mengandalkan peralatan hemat energi dan lebih suka menggunakan material alami seperti kayu dan batu di rumah mereka. Kadang-kadang, mereka memadukan material ini dengan tekstur yang berbeda seperti rak kayu di atas wastafel logam.

Milenial melek teknologi dan fleksibel

Karena aplikasi web dan sosial media seperti Instagram dan Pinterest memainkan peran penting dalam kehidupan banyak generasi milenial, mereka akhirnya mendapatkan aliran inspirasi dekorasi online yang tiada habisnya. Fenomena ini mengakibatkan milenial ingin rumahnya terlihat sangat estetik. Pada gilirannya, mereka memberikan perhatian khusus pada desain rumah sedemikian rupa sehingga mencerminkan daya tarik estetika ruangan secara keseluruhan.

Karakteristik generasi milenial lainnya adalah kebutuhan mereka akan fleksibilitas. Kehidupan mereka selalu berubah, dan rumah mereka pun harus mengikuti perubahan tersebut. Mereka harus memiliki ruang hidup yang dapat mengimbangi perubahan kebutuhan mereka. Mendesain dekorasi interior yang mudah di-mix and match dapat menjadi daya tarik besar bagi kaum milenial karena tidak perlu melakukan dekorasi ulang secara rutin. Generasi ini mungkin memiliki selera dan preferensi yang berbeda-beda, meskipun generasi milenial tampaknya terus mencari gaya transisi dan personal dibandingkan tampilan ultra-modern.

Milenial modern sekaligus tradisional

Para profesional industri properti dan real estate tidak hanya mengeksplorasi ide-ide untuk masa depan tetapi juga berupaya membedakan antara apa yang mereka lihat dengan kepribadian pembeli rumah di masa depan, khususnya kaum milenial. Namun, beberapa tren desain yang dicari oleh kelompok demografis ini mungkin tampak kontradiktif. Milenial menginginkan garis-garis modern dan rapi di rumah mereka, namun estetika rustic juga menarik bagi mereka.

Teknologi smart home sangat diminati, namun tetap saja, mereka mengagumi barang-barang handmade yang memberikan tampilan tradisional. Solusi terhadap paradoks ini terletak pada kombinasinya. Perpaduan antara gaya rustic tradisional dan inovasi modern akan menciptakan kontras yang apik.

Gaya desain generasi milenial

Beberapa skema warna yang populer untuk generasi milenial adalah warna ruangan gelap yang kontras dengan furnitur terang. Barang-barang yang di-custom atau fitur dekoratif juga menarik bagi banyak generasi milenial karena keunikannya. Milenial yang ingin mengikuti gaya clean dan modern dapat memilih ubin lantai ukuran besar untuk dipasang dengan lebih sedikit nat agar tampak seperti lantai monolitik tunggal. Gaya lain yang menarik bagi generasi milenial adalah elemen minimalis namun fungsional dalam denah terbuka (open space). Dapur yang tampak bersih dengan wastafel, keran, dan peralatan yang tidak terlalu terlihat dan seamless juga disukai. Fitur-fitur ini sejalan dengan preferensi generasi milenial terhadap tampilan clean yang lebih modern dibandingkan tradisional. Teknologi adalah cara lain untuk menjaga rumah agar tidak terlihat berantakan.

Ada banyak perbedaan yang sangat mencolok dalam preferensi desain interior antara generasi milenial dan generasi sebelumnya. Namun, masih ada satu prioritas rumah yang terpenting, yaitu keinginan akan rumah yang efisien dan tertata dengan ruang penyimpanan yang melimpah. Khususnya bagi mereka yang memiliki ruang hidup lebih kecil. Oleh karena itu, esensi bagi generasi milenial yang tinggal di rumah mungil adalah memiliki ruang penyimpanan yang sangat terorganisir termasuk lemari built-in dan storage tambahan yang terletak di ruang yang tidak terduga seperti beberapa laci built-in di samping lemari laundry.

Terhubung dengan generasi milenial

Semua orang tahu bahwa generasi milenial suka melawan arus. Mereka bertekad untuk merasakan hal-hal baru dan memiliki cita-cita hidup yang sangat berbeda dibandingkan generasi sebelumnya. Mereka menjalani kehidupan yang sibuk sehingga tidak ada waktu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Oleh karena itu, fungsionalitas dan kenyamanan merupakan aspek penting demi memenuhi kebutuhan dekorasi rumah mereka. Preferensi ini terus membentuk kemajuan desain arsitektur dan menjadi dasar bagi industri properti dan real estate untuk terus berkembang.

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya:

Open chat
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Admin Mulia Arsitek!
Saya Ingin konsultasi terkait Desain / Renovasi / Bangun baru Terima kasih