fbpx

Gaya Japandi Perpaduan Dua Benua

Desain Japandi mungkin terkesan sangat asing bagi sebagian orang. Namun konsep ini sebenarnya sempat viral di media sosial. Ya, desain Japandi sangat populer akhir-akhir ini, perpaduan konsep Jepang dan Skandinavia ini sepertinya mampu menciptakan gaya baru yang harmonis. Meski berasal dari dua negara yang berbeda bahkan dari dua benua yang berbeda, ternyata gaya “Jepang-Skandinavia” ini memiliki banyak kesamaan.

Bagi Anda yang tertarik dengan dunia desain atau sedang mencari konsep menarik yang bisa diterapkan pada hunian, gaya Japandi bisa jadi pilihan.

Mengenal Desain Japandi

Desain Japandi merupakan perpaduan antara gaya Jepang yang natural dan minimalis dengan gaya Skandinavia yang rustic, bersih dan sederhana.

Gaya desain interior khas Japanese Style terkenal dengan unsur tradisionalnya yang elegan. Konsep desain Japanese mengusung gaya “wasabi-sabi“, atau yang berarti ‘terdapat keindahan dalam ketidaksempurnaan’.

Konsep tersebutlah yang dalam Japandi Style akan berpadu dengan desain modern-rustic ala Scandinavian yang dikenal dengan istilah “hygge” (dibaca: hoo-ga). Konsep ini lebih mengusung sisi coziness dan homeyness pada desain ruangan. Kedua elemen tersebutlah yang pada akhirnya menghasilkan perpaduan harmonis dalam Japandi Style.

Kedua gaya tersebut memiliki sentuhan yang berbeda, bahkan cukup kontras. Namun, keduanya menekankan sisi estetika minimalis. Saat kedua gaya ini dipadukan dalam ruang yang sama, keduanya dapat saling melengkapi dan menciptakan perpaduan yang sempurna.

Perpaduan gaya Jepang dan Skandinavia menciptakan desain yang fokus akan ketegasan bentuk, warna cerah, dan suasana bersih (clean).

Konsepnya masih terbilang baru, muncul di tahun 2017. Namun karena dianggap memiliki nilai estetika yang tinggi, banyak orang yang ingin menerapkan desain Japandi pada rumah, kantor, kafe, dan tempat lainnya.

Tapi, apa yang istimewa dari konsep ini selain kesan bersih dan rapi?

Material Alami

Penggunaan material alami seperti kayu menjadi ciri khas desain unik ini. Tidak jarang gaya Japandi menggunakan tanaman indoor untuk menyeimbangkan tampilan ruangan. Warna alami dari kayu dan tanaman dapat membuat ruangan tidak hanya lebih hangat, tetapi juga nyaman.

Warna-warna Netral

Tentu saja, ciri terpenting dari desain Japandi adalah penggunaan warna-warna netral yang dominan. Pemilihan warna yang cermat menjadikan konsep ini sukses memberikan kesan tenang dan damai pada rumah Anda.

Warna-warna netral tidak hanya diterapkan pada dinding, tetapi juga pada furnitur. Perpaduan warna coklat, putih bahkan hitam yang seimbang menjadi salah satu keunggulan dari konsep ini.

Ya, skema warna netral kontras yang indah sepertinya membuat gaya Japandi menjadi sangat populer, terutama di kalangan pecinta konsep minimalis.

Warna Utama Putih

Berbicara tentang palet warna, hal yang paling dominan dalam gaya Japandi adalah warna putih. Bukan tanpa alasan, warna putih bisa membuat ruangan terlihat lebih bersih dan cerah. Inilah tujuan utama dari desain Japandi.

Warna putih biasanya diaplikasikan pada dinding ruangan. Selain membuat ruangan lebih terang, warna putih juga erat kaitannya dengan konsep minimalis.

Lalu bagaimana caranya agar ruangan tidak terlihat polos dan monoton?

Anda bisa bermain dengan warna lain untuk menciptakan kontras di dalam ruangan. Permainan terang-gelap, misalkan seperti warna hitam atau abu-abu di atas sofa atau meja juga bisa dilakukan.

Furnitur Minimalis

Furnitur minimalis merupakan elemen penting yang harus dimiliki dalam interior gaya Jepang. Bentuk sederhana tanpa terlalu banyak detail dekoratif sangat lekat dengan suasana clean yang ingin dihadirkan oleh konsep ini.

Tak heran jika furnitur minimalis begitu digemari, selain bisa menghiasi ruangan tanpa terlalu berlebihan, bentuknya yang ringkas juga hemat ruang.

Tidak Perlu Banyak Hiasan

Sesuai dengan gaya minimalis, desain Japandi tidak terlalu menekankan pada dekorasi ruangan. Ingatlah bahwa prinsip Japandi adalah “kesederhanann” itu indah asalkan kita bisa membuatnya seimbang.

Tak heran jika Anda jarang menemukan banyak dekorasi atau hiasan pada interior bergaya Japandi.

Bagi Anda yang menginginkan tempat tinggal yang terlihat lebih bersih dan nyaman, desain Japandi adalah pilihan yang tidak boleh dilewatkan. Konsep “less is more” membuat rumah Japandi terasa lebih cozy dan homey.

Semoga artikel ini dapat menginspirasi Anda untuk merenovasi rumah Anda.

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya: