fbpx

Gaya Scandinavian Rumah Idaman

Menyatu Dengan Alam

Gaya Scandinavian bercirikan konsep alam yang terinspirasi dari gaya hidup penduduk negara Skandinavia yang sering bersentuhan dengan alam, seperti di beberapa negara Eropa antara lain Norwegia, Denmark, Islandia, Finlandia dan Swedia. Saat ini, desain Skandinavia sangat populer dan banyak diterapkan di rumah-rumah masa kini.

color palette scandinavian
Source : Etsy

Ciri khas rumah Scandinavian adalah penggunaan warna-warna netral sebagai warna utama pada dinding bangunan (interior dan eksterior). Warna-warna netral yang sering dipakai adalah warna-warna cerah seperti putih, abu, biru muda, coklat muda, dan warna-warna pastel lainnya. Kesan cozy dan elegan hadir dari penggunaan warna-warna netral pada ruangan membuat suasana semakin nyaman. Namun alih-alih sederhana, warna netral ini justru menciptakan kesan mewah.

Konsep Desain

Gaya desain rumah khas Scandinavian memiliki jendela berukuran relatif besar yang membantu menghemat biaya energi karena cahaya alami sangat terang. Dengan cara ini, ruangan akan menjadi cerah dan nyaman.

modern scandinavian
Source : CASA Indonesia

Untuk membuat rumah terasa lebih Scandinavian, sebaiknya gunakan furnitur bergaya Skandinavia, mulai dari karpet, gorden hingga taplak meja semuanya terlihat hangat dan tidak pengap karena gaya Scandinavian sangat minim menggunakan warna-warna cerah.

Kehadiran material kayu pada rumah juga ikut serta dalam penerapan konsep Scandinavian. Penggunaan interior kayu khas Skandinavia ini juga akan memberikan kesan hangat. Material kayu sering mendominasi ruangan, material kayu sering digunakan untuk lantai, plafon dan furnitur.

Untuk memilih warna cat kayu, biasanya cukup menggunakan warna terang saja. Warna putih pucat dan coklat muda sering mendominasi warna interior kayu pada rumah bergaya Scandinavian.

Menggunakan furnitur kayu dengan gaya rustic adalah salah satu aksen populer yang bisa dipadukan pada setiap ruangan di rumah untuk memaksimalkan gaya Scandinavian yang Anda dapatkan. Penggunaan bangku kayu dan tempat tidur bergaya Skandinavia juga cocok untuk kamar anak.

interior scandinavian
Source : Pinterest

Rumah bergaya Scandinavian cenderung terlihat elegan dan tidak memiliki aksen yang terlalu mencolok. Hal ini membuat penggunaan furnitur di dalam ruangan terkesan lebih simple tanpa banyak desain furnitur yang rumit. Seperti pada penggunaan kursi, meja, lampu meja dan sejenisnya.

Sesuai dengan konsep rumah bergaya Scandinavian, Anda tidak perlu menghabiskan waktu dan uang untuk membeli barang-barang dekoratif yang terlalu mewah atau mencolok. Konsep rumah bergaya Scandinavian lebih didominasi oleh konsep natural dengan sedikit aksen yang menonjol. Jadi, saat menggunakan dekorasi, cukup menggunakan tanaman hias atau dipadukan dengan dekorasi kayu untuk menciptakan kesan natural.

Berikut beberapa inspirasi desain Scandinavian yang bisa Anda terapkan di rumah. Gaya desain ini cocok untuk Anda yang menyukai konsep rumah sederhana namun tetap memancarkan kesan modern karena pada dasarnya konsep Scandinavian adalah gaya natural dengan nuansa elegan.

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya: