fbpx

Investasi Kost Cuan Menjanjikan Tapi Butuh Pertimbangan!

Saat ini, ada banyak pilihan investasi properti yang bisa dilakukan. Mulai dari investasi rumah, apartemen, ruko, hingga investasi kost.

Berinvestasi dalam bidang properti untuk tujuan pensiun menjadi semakin populer belakangan ini. Meski sempat surut di masa pandemi, namun tak butuh waktu lama bisnis ini kembali berkembang.

Bayangkan berapa jumlah kamar yang ada di sebuah kost dan berapa pendapatan dari uang sewa yang dibayarkan  penghuni kepada pemilik kost? Jadi, semakin banyak orang yang menyadari bahwa bisnis ini sangat menjanjikan untuk masa depan.

Mengapa Investasi Kamar Kost Sangat Menjanjikan?

Pertama, permintaan terhadap ketersediaan kamar kost sangat tinggi. Terutama jika kost berada di lokasi yang strategis dan dekat dengan berbagai area perkantoran, pendidikan, dan pusat perbelanjaan. Biasanya, orang akan lebih memilih untuk tinggal di dekat kantor atau kampus jika rumah atau asal mereka jauh (perantau).

Selanjutnya, investasi kamar kost memiliki keuntungan modal (capital gain) yang dapat diperoleh dalam jangka panjang (lebih dari lima tahun). Capital gain kamar kost rata-rata lebih tinggi dibandingkan dengan investasi tanah kosong atau rumah sewa.

Terakhir, investasi kamar kost memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan tidak hanya dari penyewaan kamar kost saja. Tetapi juga memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan dari layanan tambahan bagi penghuni kamar kost, seperti jasa laundry dan keamanan.

Keunggulan Investasi Kost

Dibandingkan dengan bangunan toko (ruko) atau apartemen, rumah kost menjadi pilihan investasi properti dengan nilai bisnis tinggi. Terlebih lagi, didukung oleh permintaan akan kost sebagai tempat tinggal sementara yang terus meningkat setiap tahun.

Jika Anda berencana untuk memulai investasi properti yang digunakan sebagai kost, ini adalah kesempatan yang tepat. Ada beberapa manfaat yang dapat Anda dapatkan jika memulai bisnis ini. Berikut penjelasannya.

1. Investasi kost dapat dijadikan investasi jangka panjang

Keuntungan pertama yang Anda dapatkan dari investasi properti kost adalah dapat dijadikan investasi jangka panjang. Bisnis Kost akan menghasilkan keuntungan yang relatif stabil dari waktu ke waktu. Selain itu, biasanya bisnis ini sangat menjanjikan dalam kurun waktu 5 tahun atau lebih tergantung pada berbagai faktor.

2. Investasi kost memiliki potensi keuntungan yang tinggi

Mempunyai aset investasi kost menawarkan potensi keuntungan yang relatif tinggi. Terlebih lagi, jika lokasinya berada di kawasan strategis, seperti daerah kampus dan perkantoran. Kemungkinan besar, minat orang akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

3. Harga tanah dan bangunan yang cenderung terus naik

Bisa dikatakan, properti masih menjadi investasi utama di Indonesia, terutama di wilayah kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Hal ini disebabkan oleh harga tanah dan bangunan yang cenderung terus naik setiap tahunnya karena ketersediaan lahan yang semakin terbatas.

4. Memiliki banyak peminat

Tidak bisa disangkal lagi, kost selalu memiliki banyak peminat. Terlebih lagi, semakin banyak orang yang memilih merantau jauh dari rumah untuk mencari pekerjaan atau menimba ilmu.

Selain itu, tentunya mereka membutuhkan tempat tinggal yang dekat dengan tempat mereka beraktivitas, maka tak heran peminat yang mencari rumah kost tidak pernah sepi. Bagi para mahasiswa dan pekerja kantoran yang belum menikah, tinggal di kost juga merupakan solusi yang ideal untuk tempat tinggal mereka.

5. Perawatan simpel dan biayanya cukup murah

Berbeda dari properti lainnya, rumah kost hanya memerlukan perawatan yang simpel dan biaya yang cukup murah. Oleh karena itu, pengeluaran yang Anda perlukan untuk biaya operasional bisa ditekan. Lalu, sisa uangnya bisa Anda gunakan untuk keperluan lain seperti renovasi.

6. Bukan bisnis musiman

Tidak seperti bisnis kuliner yang cenderung musiman dan mengikuti tren terkini, investasi kost adalah jenis investasi yang stabil dari waktu ke waktu. Artinya, keuntungan yang dapat Anda peroleh setiap periode akan tetap konsisten. Hal ini juga dapat mengurangi risiko kerugian dalam berinvestasi kost.

7. Membuka peluang bisnis lainnya

Keuntungan investasi kost lainnya adalah dapat membuka peluang bisnis lainnya. Di dalam rumah kost, pasti ada penghuni yang membutuhkan makanan yang dapat diakses dengan cepat. Peluang ini dapat Anda manfaatkan untuk membuka warung makan atau warung sembako. Dengan begitu, pendapatan yang dihasilkan tidak hanya dari biaya sewa penghuni kost, tetapi juga dari pendapatan bisnis lainnya.

8. Fleksibilitas harga dan waktu

Harga sewa kost dapat disesuaikan dengan fasilitas dan layanan yang disediakan. Jika Anda ingin menawarkan kost dengan fasilitas dan layanan yang lebih lengkap, Anda dapat menawarkan harga sewa yang lebih tinggi. Begitu juga sebaliknya. Selain itu, menjalankan bisnis kost juga tidak memerlukan banyak waktu untuk mengelolanya. Anda dapat menjalankan bisnis ini secara paruh waktu atau bahkan sambil menjalankan bisnis lainnya.

9. Memperluas jaringan

Ketika memutuskan untuk berinvestasi kost, tentunya Anda akan berinteraksi dengan banyak orang, mulai dari penghuni hingga tenaga kebersihan atau keamanan. Hal ini dapat membantu Anda untuk memperluas jaringan dan mengembangkan hubungan bisnis yang lebih luas.

10. Memiliki kekuasaan untuk mengatur aset

Keuntungan terakhir dari investasi kost adalah Anda memiliki kekuasaan untuk mengatur aset tersebut sesuai keinginan jika ada hal penting yang perlu diselesaikan. Misalnya, untuk keperluan pinjaman atau keperluan keluarga lainnya.

Kelemahan Investasi Kost

Meskipun memiliki banyak keuntungan, namun setiap investasi atau bisnis juga pasti memiliki kelemahan. Oleh karena itu, tugas Anda sebagai pemilik adalah mengantisipasi kelemahan-kelemahan tersebut. Berikut beberapa kekurangan dari investasi kost yang harus Anda waspadai.

1. Risiko terlambat membayar sewa

Biasanya, karena satu dan lain hal, ada saja penghuni yang terlambat membayar sewa. Misalnya, karena masalah ekonomi orang tua. Meski Anda sebagai pemilik kost mampu memberikan toleransi, namun situasi ini berdampak terhadap keterlambatan perputaran uang.

2. Harus memiliki keterampilan manajemen yang baik

Ketika memiliki bisnis kost, Anda harus selalu mempertimbangkan setiap kepentingan dan kebutuhan penghuni. Untuk itu, diperlukan keterampilan manajemen yang cukup handal dalam menjalankannya agar dapat berjalan secara konsisten. Jika tidak, bisa-bisa malah Anda akan kesulitan dan mengalami kerugian pada saat merintis bisnis ini.

3. Berisiko sepi penghuni

Saat membangun rumah kost, Anda harus mempertimbangkan lokasi dan fasilitas, agar tidak sepi penghuni. Misalnya, Anda membangun kost yang jauh dari daerah perkantoran dan pendidikan, maka kost tersebut tentunya akan sulit dicari dan dijangkau oleh calon penghuni. Oleh karena itu, pastikan memilih lokasi yang strategis ketika membangun rumah kost.

Pertimbangan Memulai Investasi Kost

Bisnis kos-kosan dikaitkan dengan kebutuhan akan tempat tinggal, sehingga menjadi bagian dari kebutuhan utama masyarakat. Meskipun saat ini kita dihadapkan dengan risiko resesi, namun prospek jangka panjang investasi kos-kosan perlu Anda perhatikan dengan cermat.

Jika Anda tertarik untuk membangun rumah kos-kosan, namun bingung bagaimana cara memulainya, simak beberapa tips berikut ini.

1. Pilih bangunan yang tepat saat memulai investasi kos-kosan

Baik membangun sendiri ataupun membeli rumah yang sudah jadi, Anda harus mengenali dan memperhatikan setiap detail dari bangunan tersebut. Pastikan bahwa kondisi bangunan layak untuk ditempati, sehingga Anda tidak perlu melakukan renovasi ulang.

Selain itu, jika Anda membeli bangunan dari pihak lain, baik itu perorangan maupun pengembang, sebaiknya mengecek segala hal terkait legalitas bangunan. Jangan sampai Anda malah membeli bangunan sengketa yang dapat merugikan Anda di masa depan.

2. Mengenal jenis properti

Sebelum memutuskan untuk memulai bisnis kos-kosan, lebih baik kenali lebih dulu properti yang Anda miliki, apakah bangunan tersebut cocok untuk dijadikan rumah kos-kosan. Mengingat, bisnis kos-kosan memerlukan banyak kamar dengan ukuran standar dan berbagai fasilitas lainnya, maka pertimbangkan dengan baik jenis properti pilihan Anda.

3. Bangun dengan konsep yang unik

Membangun rumah kos-kosan dengan desain yang menarik dan unik dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi calon penghuni. Anda bisa mencoba membangun hunian dengan konsep industrial dan minimalis yang saat ini sedang banyak diminati karena dianggap estetis.

4. Pilih lokasi yang strategis

Salah satu faktor penentu keberhasilan investasi properti kost adalah lokasi. Semakin strategis lokasi kost, maka semakin tinggi harga sewa yang dapat Anda tetapkan.

Selain itu, peluang calon penghuni untuk memilih kost tersebut juga lebih besar karena dekat dengan kampus atau tempat kerjanya. Lokasi yang strategis juga dapat mempermudah para penghuni dalam menjalankan aktivitas sehari-hari mereka.

5. Usahakan untuk selalu terlihat bersih dan terawat

Tidak hanya masalah eksterior dan lingkungan sekitar, namun Anda juga perlu memperhatikan kebersihan dan perawatan bangunan. Calon penghuni cenderung akan menyukai rumah kost yang terlihat bersih serta tidak kumuh. Oleh karena itu, kebersihan sangat penting untuk menarik calon penghuni baru.

6. Memiliki fasilitas yang memadai

Selain faktor lokasi, Anda juga harus memperhatikan fasilitas serta pelayanan kost yang baik. Fasilitas umum dan standar rumah kost setidaknya harus lengkap, seperti fully furnished, laundry,  AC, TV, dan kamar mandi dalam dengan fasilitas lengkap seperti water heater.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menciptakan konsep kost yang unik untuk menjadi daya tarik. Misalnya, kost dengan konsep eksklusif, ramah hewan peliharaan, atau hunian yang dilengkapi dengan banyak tanaman.

7. Menetapkan harga sewa yang bersaing

Saat ini bisnis kost sudah sangat banyak. Oleh karena itu, selain berinovasi, Anda juga sebaiknya melakukan riset terhadap pesaing terlebih dahulu.

Riset ini meliputi fasilitas, kondisi, dan harga. Tetapkan harga sewa kost yang wajar dan jangan terlalu tinggi dibandingkan dengan pesaing Anda.

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya: