Jangan Pakai Humidifier Sebagai Pewangi Ruangan!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Tujuan utama humidifier bukan sebagai pewangi (diffuser) ruangan, tetapi melembabkan ruangan. Bahkan jika Anda sering memakai humidifier, ruangan bisa jamuran atau bahkan ada virus dan tungau karena mereka lebih nyaman dengan tempat yang lembab.

humidifier
Humidity Meter (Sumber gambar : Walmart.com)

Jadi sebelum membeli humidifier, Anda harus cek dulu ruangan dengan alat humidity meter. Kalau kering (di bawah 40%), Anda baru boleh memakai humidifier. Namun umumnya kebanyakan ruangan (di iklim tropis Indonesia) itu lembab (di atas 60%). Jadi bayangkan, ruangan sudah lembab, ditambah humidifier lagi, pasti akan jamuran.

2 Cara Mengurangi Kelembaban Ruangan

  1. Cara pertama ini mungkin kurang efektif namun mudah dilakukan, yaitu dengan menyalakan AC. Cara ini bisa mengurangi kelembaban ruangan, namun tidak sampai pada tahap normal (antara 40%–60%).
  2. Cara kedua adalah dengan memakai dehumidifier untuk menyerap udara lembab (air) yang akan ditampung pada alat ini. Beberapa hari sekali air dalam tampungan dehumidifier akan penuh dan harus dibuang. Belilah dehumidifier yang minimalis agar lebih efektif dan efisien ruang. Dehumidifier ini adalah solusi ruangan yang lembab dan jamuran.

Perbedaan Antara Diffuser, Air Purifier, Humidifier, dan Dehumidifier

Masih bingung bedanya diffuser, air purifier, humidifier, dan dehumidifier? Keempatnya berkaitan dengan udara di dalam ruangan. Oleh karena itu, wajar jika seseorang tidak mengetahui apakah keempatnya sama atau berbeda.

Satu hal yang pasti, diffuser, air purifier, humidifier, dan dehumidifier memiliki fungsi yang berbeda. Daripada salah pilih, sebelum membeli sebaiknya cari tahu dulu apa perbedaan dari keempat alat ini.

Berikut perbedaan antara diffuser, air purifier, humidifier, dan dehumidifier:

1. Diffuser berfungsi untuk mengharumkan ruangan. Kita berbicara tentang diffuser listrik (elektrik) di sini, bukan diffuser manual yang menggunakan api atau yang berbentuk stik.

humidifier_diffuser2
Sumber gambar : Detikcom

Diffuser mengubah air yang dicampur dengan minyak esensial menjadi uap yang harum dan menyebarkan aromanya ke seluruh ruangan.

2. Air purifier berfungsi untuk membersihkan udara di dalam ruangan. Udara dibersihkan dari polutan seperti debu, bulu hewan hingga yang tak kasat mata seperti virus dan bakteri.

humidifier_air purifier
Sumber gambar : idea.grid.id

Air purifier akan menghisap udara yang ada di dalam ruangan lalu disaring di dalam mesin (filter). Udara yang sudah bersih kemudian dihembuskan lagi keluar dari air purifier ke ruangan.

3. Humidifier berfungsi untuk meningkatkan kelembaban ruangan. Alat ini mengubah air yang dimasukkan ke dalam humidifier menjadi uap dan dihembuskan lagi ke ruangan.

humidifier_humidifier
Sumber gambar : www.cleanipedia.com

Humidifier biasanya tidak memungkinkan Anda mengisi tangki air dengan campuran lain, seperti minyak esensial. Namun, beberapa humidifier dilengkapi dengan lubang atau wadah khusus untuk minyak esensial.

4. Dehumidifier berfungsi untuk menurunkan kelembaban udara di dalam ruangan.

humidifier_dehumidifier
Sumber gambar : Sky Heating & Air Conditioning

Dehumidifier menarik kandungan air di udara. Air terkumpul di dalam dehumidifier dan harus dikosongkan saat tangki sudah penuh (drainase manual). Ada juga beberapa jenis dehumidifier yang dapat dihubungkan ke selang untuk pembuangan air terus menerus (drainase otomatis).

humidifier_dehumidifier2
Sumber gambar : Shopee

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya: