fbpx

Jendela Bundar Jadi Elemen Unik Arsitektur Rumah

Anda mungkin pernah melihat jendela bundar di rumah kurcaci seperti yang muncul di film Lord of the Rings dan The Hobbit. Namun di luar daya tariknya yang unik, tahukah Anda bahwa jendela bundar juga bisa digunakan di rumah modern?

Pada artikel ini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang jendela kaca bundar. Mulai dari asal mula digunakan, hingga kelebihan dan kekurangan memiliki jendela jenis ini.

Jendela Bundar, Kisah Asal Usul

Jendela bundar awalnya digunakan sebagai standar keamanan untuk sebagian besar kapal-kapal. Ini adalah jendela berbentuk lingkaran yang terletak di lambung kapal laut. Jendela bundar ini disebut dengan tingkap kapal dan dibuat bundar karena lebih kuat daripada jendela kotak.

Desain kaca yang dikelilingi oleh bingkai logam dengan baut sebagai pengamannya. Jendela ini dibuat untuk menutup lambung kapal secara efisien dan melindunginya dari air, angin, hujan, dan cuaca buruk lainnya. Selain itu, jendela kapal juga dapat menghalangi sinar matahari saat dibutuhkan.

Terlepas dari asal usulnya, jendela bundar juga terlihat di banyak desain untuk kendaraan lapis baja, pesawat terbang, pesawat ruang angkasa, mobil, dan bahkan dewasa ini di rumah hunian.

Kelebihan Jendela Bundar

Percaya atau tidak, memasang jendela bundar untuk rumah Anda dapat memberi beberapa keuntungan diantaranya:

  • Jendela bundar yang ditempatkan dengan baik dapat menambah karakteristik unik di rumah Anda
  • Meskipun memiliki pesona jadul, jendela kaca bundar juga cocok dengan desain arsitektur rumah kontemporer
  • Jendela kaca bundar berfungsi sebagai teknik kreatif untuk membingkai pemandangan luar ruangan dengan indah, mulai dari taman bunga, hutan hijau, perbukitan, pegunungan yang tertutup salju, pemandangan kota, ataupun pemandangan laut biru

Kekurangan Jendela Bundar

Mungkin ada opsi terbatas dalam hal mekanisme pembukaan dan perawatan jendela yang tersedia untuk jenis jendela berbentuk khusus ini, yang berarti Anda harus mendesain semuanya dari awal (custom). Sehingga, butuh biaya lebih untuk itu.

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya:

Open chat
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Admin Mulia Arsitek!
Saya Ingin konsultasi terkait Desain / Renovasi / Bangun baru Terima kasih