fbpx

Jogja Office
Jl. Bendo No.17, Wedomartani, Ngemplak, Sleman - D.I. Yogyakarta

Bogor Office
Jl. Pasir Mulya 3 No.L.12, RT.02/RW.07, Pasirmulya, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat

Jam Kerja
Senin - Sabtu: 8AM - 4PM
Minggu & Hari Libur Nasional (Libur)

7 Kesalahan Dalam Mendekorasi Rumah Yang Perlu Anda Ketahui

Mendekorasi rumah tidak hanya membuat ruangan menjadi lebih tertata rapi, tetapi juga dapat mengubah perasaan orang di dalamnya. Ada banyak ruangan di dalam rumah dengan berbagai luas yang berbeda. Tentunya terdapat perbedaan cara dalam menata ruangan besar dan ruangan kecil tersebut.

Menata ruangan kecil sering kali dianggap lebih sulit karena jika salah dilakukan, maka akan membuat ruangan terasa jadi semakin sempit. Kesalahan-kesalahan dalam penataan ini bisa disebabkan dari penempatan barang hingga penggunaan warna cat yang salah, dan sebagainya.

7 Kesalahan Dalam Mendekorasi Rumah

Berikut beberapa kesalahan yang kerap membuat ruangan kecil terlihat semakin sempit yang telah kami rangkum untuk Anda.

1. Furnitur berukuran besar

Jika ruangan Anda berukuran kecil, furnitur berukuran besar bisa membuatnya terlihat semakin sempit karena memakan tempat. Untuk mengatasinya, ganti furnitur dengan ukuran yang pas dengan ruangan.

mendekorasi rumah 1
Sumber gambar : Santi Mebel

2. Terlalu banyak barang

Selain dapat membuat ruangan terasa sempit, dengan adanya banyak barang akan menyulitkan untuk dapat bergerak dengan nyaman. Kurangi barang-barang yang sekiranya tidak diperlukan dan utamakan fungsionalitas. Pilih furnitur multifungsi yang hemat penyimpanan dan mengoptimalkan ruang. Misalnya, seperti tempat tidur dengan laci penyimpanan di bagian bawah.

mendekorasi rumah 2
Sumber gambar : Arsitag

3. Terlalu banyak dekorasi

Terlalu banyak hiasan atau pernak-pernik, alih-alih menghiasi ruangan, justru membuat ruangan terasa sumpek. Pilih dekorasi yang akan menjadi focal point ruangan. Jangan menghias seluruh dinding ruangan sampai penuh karena akan membingungkan mata pelihatnya.

mendekorasi rumah 3
Sumber gambar : Pngtree

4. Dinding gelap

Warna gelap membuat ruangan kecil terkesan sempit. Trik untuk membuat ruangan lebih luas adalah mengecat dinding dengan warna terang.

mendekorasi rumah 4
Sumber gambar : Kompas.com

5. Terlalu banyak warna dan pola

Agar tampak lebih besar, penting bagi ruangan berukuran kecil untuk memiliki warna netral. Terlalu banyak warna dan pola akan membuat ruangan terlihat lebih kecil. Tidak hanya dapat secara otomatis memperkecil ruangan, tetapi pola tertentu dapat membingungkan siapa saja yang memasuki ruangannya.

mendekorasi rumah 5
Sumber gambar : Veranda

6. Jendela kecil tanpa gorden atau gorden kecil seukuran jendela

Jendela yang terbuka secara visual dapat mengurangi ukuran ruangan Anda. Solusinya sangat sederhana, yaitu jangan lupa menggunakan gorden. Namun, pilihlah gorden dengan tinggi pas di atas lantai karena secara visual akan menambah tinggi ruangan Anda. Pilih juga kain dan warna yang lebih terang. Anda juga dapat memilih gorden putih tipis untuk membiarkan cahaya masuk serta gorden yang lebih tebal untuk privasi ekstra.

mendekorasi rumah 6
Sumber gambar : Bezatish Furniture

7. Kekurangan cahaya

Cahaya redup membuat suasana semakin intim dan hangat. Meskipun ini benar, pencahayaan yang buruk membuat ruangan terlihat lebih kecil. Anda bisa menambah pencahayaan di dalam ruangan dengan menempatkan lampu gantung atau lampu tersembunyi agar ruangan mencerminkan ukuran sebenarnya.

mendekorasi rumah 7
Sumber gambar : Arafuru

Nah, ternyata kesalahan kecil yang dianggap remeh bisa mengubah tampilan ruangan menjadi terkesan sempit. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan penempatan furnitur, dekorasi, dan tema warna ruangan agar ruangan terasa nyaman.

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya:

Open chat
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Admin Mulia Arsitek!
Saya Ingin konsultasi terkait Desain / Renovasi / Bangun baru Terima kasih