fbpx

Langkah Dasar Desain dan Konstruksi Kolam Ikan

Jika Anda ingin desain dan konstruksi kolam ikan Anda sukses, berikut adalah beberapa langkah yang harus diikuti:

Pilih Lokasi Anda dengan Bijak

kolam ikan 7
Sumber gambar : Interior Design Ideas

Lokasi yang Anda pilih untuk kolam dapat membuat perbedaan besar bagi keberhasilan dan daya tariknya secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa aturan dasar yang harus diikuti saat memilih lokasi kolam ikan Anda.

  • Jangan Letakkan di Tempat Rendah: Anda seharusnya tidak menempatkan kolam ikan di tempat rendah dimana air menggenang. Kualitas air di area ini dapat terganggu karena terlalu banyak limpasan dan polutan yang akan masuk ke dalam kolam Anda. Lebih baik menempatkan kolam ikan Anda di tempat yang lebih tinggi atau pertinggi tepian kolam ikan Anda.
  • Jangan Letakkan di Area yang Tidak Digunakan: Anda mungkin tergoda untuk menempatkan kolam ikan Anda di area tersudut properti Anda, namun ini mungkin bukan ide yang tepat. Area tersebut biasanya tidak digunakan karena suatu alasan. Mungkin tidak terpakai karena tidak ada yang mau ke sana atau hanya sudut kosong. Jika Anda akan berinvestasi dalam fitur lanskap yang indah seperti kolam ikan, letakkanlah di lokasi yang akan diperhatikan dan dihargai. Jika keluar dari aturan ini, kemungkinan besar kolam ikan akan dilupakan dan tidak dirawat.

Bersiaplah untuk Kerja Keras

Desain dan konstruksi kolam iakn bukanlah tugas yang sederhana. Itu membutuhkan banyak kerja keras dan usaha. Jika Anda tidak terbiasa menggali/mencangkul tanah, maka Anda mungkin menganggap ini tugas yang jauh lebih sulit daripada yang Anda kira. Seringkali kontraktor kolam profesional dipanggil untuk menyelesaikan kolam ikan yang telah dimulai oleh pemilik rumah yang menganggap tugas itu agak merepotkan.

Pastikan Anda Memasukkan Area Dangkal dalam Desain dan Konstruksi Kolam Ikan Anda

Saat Anda menggali kolam ikan ini, pastikanlah bahwa Anda membuat area yang dangkal. Ini sangat penting karena sisi yang curam akan membuat konstruksi tidak stabil dan juga menyulitkan dan bahkan berbahaya bagi Anda untuk masuk dan keluar dari kolam tersebut untuk melakukan perawatan (maintenance) di kemudian hari.

kolam ikan 1
Sumber gambar : Aquascape Inc

Memiliki tepian berterasering tidak hanya memudahkan perawatan, tetapi juga memberi area dangkal tempat Anda dapat menanam tanaman air. Lagi pula, sebagian besar tanaman air tumbuh kurang dari satu kaki air.

Jangan Membuat Desain dan Konstruksi Kolam Ikan Anda Terlalu Dangkal

Jika Anda ingin memelihara ikan di kolam Anda, maka Anda perlu memastikan bahwa kolam itu cukup dalam. Jika Anda tinggal di iklim utara, maka kolam Anda harus cukup dalam agar ikan Anda dapat melewati musim dingin dan jika Anda tinggal di iklim yang lebih hangat, maka air yang lebih dalam akan membuat ikan Anda tetap dingin selama cuaca yang lebih panas.

kolam ikan 6
Sumber gambar : Koi Pond Singapore

Gabungkan Tepian ke dalam Desain dan Konstruksi Kolam Ikan Anda

Menggali kolam ikan untuk menggabungkan tepian adalah strategi yang jauh lebih baik daripada sekadar menggalinya dalam bentuk mangkuk. Tepian membuatnya lebih mudah untuk menambahkan batu-batuan ke desain kolam Anda. Jika kolam ikan Anda berbentuk mangkuk, kerikil dan bebatuan yang lebih kecil akan mudah meluncur ke dasar kolam. Namun, menggunakan batu yang lebih besar untuk membuat tepian dapat memakan banyak ruang dan sulit untuk dikerjakan. Jadi, sesuaikanlah dengan besar kolam Anda.

kolam ikan 3
Sumber gambar : This Old House

Pastikan Anda Menggunakan Batu

Merupakan ide bagus untuk menggunakan berbagai bebatuan dalam desain dan konstruksi kolam ikan Anda. Bebatuan tidak hanya memberi kolam Anda tampilan yang lebih organik dan alami, tetapi juga menyediakan habitat untuk kolonisasi berbagai organisme bentik seperti bakteri dan krustasea. Organisme ini sangat penting untuk kesehatan dan kesuksesan kolam ikan Anda.

Jangan Membuat Kolam Ikan Anda Terlalu Kecil

Anda mungkin tergoda untuk membuat kolam yang lebih kecil karena akan membutuhkan lebih sedikit kerja dan waktu untuk membuatnya. Ini mungkin benar, tetapi kolam yang lebih kecil sebenarnya lebih sulit dipelihara daripada yang lebih besar. Ini karena kolam kecil kurang stabil dibandingkan kolam besar. Banyak orang akhirnya membuat kolam mereka lebih besar setelah beberapa saat karena mereka menyukai tampilannya dan mereka menyadari bahwa tanaman dan ikan mereka tumbuh lebih besar dari yang hidup di kolam kecil.

Pastikan Anda Memasang Filtrasi yang Tepat

kolam ikan 2
Sumber gambar : Filtrific

Kolam buatan manusia tidak seperti danau atau sungai sungguhan; perlu penyaringan yang tepat agar tetap sehat. Yang terbaik adalah membeli sistem filtrasi lengkap yang telah disesuaikan dan dirancang untuk berfungsi secara terintegrasi daripada membeli komponen individual. Ini karena produsen yang berbeda menggunakan alat kelengkapan yang berbeda dan Anda mungkin menemukan bahwa komponen yang menurut Anda lebih murah, tidak cocok satu sama lain dan harus diakali agar berfungsi. Anda juga perlu mendapatkan sistem filtrasi yang memadai untuk ukuran kolam yang Anda pasang.

Pastikan Air Terjun Anda Sesuai dengan Desain dan Konstruksi Kolam Ikan Anda

Kolam ikan 5
Sumber gambar : Zing

Jika Anda berencana memasukkan air terjun sebagai bagian dari desain kolam ikan Anda, pastikan itu sesuai dengan fitur Anda secara proporsional. Banyak orang yang tergoda untuk membuat air terjun yang terlalu besar karena menganggap semakin besar akan terlihat lebih bagus. Itu tidak selalu terjadi. Air terjun yang terlalu curam atau terlalu kecil akan terlihat tidak pada tempatnya. Anda perlu menskalakan tepian dan air terjun agar sesuai dengan ukuran kolam Anda.

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya: