fbpx

Menemukan Keindahan dan Ketenangan di Zen Garden

Pilihan taman menarik yang tidak terlalu membutuhkan banyak perhatian adalah taman kering atau taman meditasi yang dikenal dengan istilah taman zen (zen garden). Taman seperti ini seringkali didominasi oleh bebatuan dan pasir, tentunya tidak kalah indah dan estetisnya dengan gaya taman lainnya. Keunggulan taman seperti ini adalah tidak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari langsung karena komposisinya tidak memiliki terlalu banyak tanaman hidup. Namun, kehadiran unsur tanaman juga penting, apalagi jika ingin tampil natural.

Kehadiran taman kering di rumah tentu bisa menjadi highlight yang menarik dan tak kalah dari taman hijau. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?

Mengenal Zen Garden

Konsep Zen garden berasal dari Jepang. Zen berhubungan dengan cara hidup dan pengurangan stres yang seharusnya membangkitkan ketenangan dan kedamaian. Ini memiliki manfaat kesehatan mental dan psikologis.

Zen garden adalah cara yang baik untuk menemukan kedamaian batin Anda dan karenanya menjadi pendamping yang hebat untuk bermeditasi juga.

Zen garden menggunakan bebatuan dan kerikil atau pasir untuk menciptakan kembali esensi alam. Pola berputar-putar memberikan tampilan estetik ke taman Zen. Garis-garis pola ini penting karena memiliki efek menenangkan pada pikiran. Tindakan menyapu/membentuk ulang pola pasir ini dapat membantu menata pikiran yang kacau.

zen garden 3
Sumber gambar : Balcony Garden Web

Zen Garden Untuk Rumah

Zen garden pada dasar tidak membutuhkan banyak hal. Yang Anda butuhkan hanyalah pikiran kreatif, pasir, batu atau kerikil, dan penggaruk kayu (Anda juga bisa menggunakan garpu taman).

Untuk ruang yang lebih kecil, yang dibutuhkan hanyalah tempat untuk menampung pasir. Tambahkan batu dan kayu ke dalamnya, dan Zen garden Anda sudah siap. Untuk ruang yang lebih besar, Anda dapat mendekorasi taman dengan bebatuan yang indah dan batang kayu berlumut.

zen garden 1
Sumber gambar : YouTube Decor Tips
zen garden 2
Sumber gambar : Home Stratosphere

Apa yang dilambangkan oleh elemen-elemen tersebut?

Membuat Zen garden mengalihkan konsentrasi Anda dari tekanan stress dunia ke elemen alam. Dengan berfokus pada itu, seseorang dapat mulai memahami tentang kekosongan dan menghargai keindahan hidup. Ruang kosong berisi pasir melambangkan hidup kita dan batu melambangkan hambatan emosional, kemarahan, keinginan dan ketidaktahuan.

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya:

Open chat
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Admin Mulia Arsitek!
Saya Ingin konsultasi terkait Desain / Renovasi / Bangun baru Terima kasih