Mengapa Jepang Menjadi Kiblat Gaya Minimalis Modern ?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Kiblat Minimalis
Kiblat Minimalis, Source : Google Images

Teruntuk Sahabat yang memiliki passion yang kuat dalam bidang arsitektur terlebih dalam urusan interior, pastinya tidak akan asing dengan konsep Japandi sebagai referensi minimalis modern. 

Japandi sendiri adalah istilah yang banyak digunakan oleh interior designer untuk menyebut gaya Jepang yang diterapkan pada ruangan tertentu.

Konsep ini memang sering muncul tatkala teman mencari desain ruangan minimalis. Yang menjadi pertanyaan, memang Jepang, Negeri Matahari Terbit tersebut sering menjadi kiblat untuk desain minimalis ?.

Sahabat yang senang menonton drama Jepang, seperti Tokyo Dogs, Rich Man Poor Woman, Nobunaga Concerto mungkin akan mendapatkan jawabannya lebih cepat. 

Apabila kita menilik lebih dalam mengenai kondisi sosiologi masyarakat Jepang, memang terkenal dengan prinsip hidup sederhana. Di Jepang, orang-orang memang lebih senang berjalan kaki ataupun menggunakan angkutan umum, ketimbang menggunakan kendaraan pribadi. 

Oleh sebab itu, mereka tidak terlalu dipusingkan dengan perencanaan lahan parkir kendaraan pribadi. Kebanyakan masyarakat Jepang hanya tinggal pada rumah dengan luas 21m persegi.

Meski terkesan mungil, masyarakat Jepang melakukan penataan ruang yang mumpuni dengan banyaknya furniture yang mereka miliki. Bahkan salah satu kebiasaan orang Jepang yang menjadi favorit penulis adalah penggunaan kamar all in one. 

Jawaban Mengapa Jepang Menjadi Kiblat Gaya Minimalis Modern Saat Ini ?

Kiblat Minimalis Modern Dari Jepang
Source : rukita

Dengan luas ruang seadanya, 1 ruangan seperti kamar dapat menampung 2 kamar tidur dengan model pintu tersembunyi, 1 meja belajar, dan 1 lemari buku. Bahkan masih terdapat space yang cukup untuk area tengah apabila diperlukan untuk menyambut teman. 

Kita dapat melihatnya pada tata letak kamar dari Nobita, karakter dari serial anime Doraemon.

Desain Kamar Tidur Ala Doraemon
Source : d2stationonlin.com

Ruangan seperti ini, tidak akan menjadi masalah buat mereka, karena mereka memang terkenal dengan nilai kedisiplinan yang tinggi.

Dari apa yang telah penulis paparkan di atas, Sahabat bisa menarik kesimpulan bahwa jawaban pertama dari pertanyaan “Mengapa Jepang Menjadi Kiblat Gaya Minimalis Modern”.

Ya, Jepang terkenal dengan konsep minimalis karena mereka memang memiliki sejarah didalamnya. Konsep ini juga sesuai dengan prinsip disiplin yang mereka miliki, dan bukan hanya diterapkan sebagai bagian dari lifestyle.

Baca juga : Berbicara Arsitektur Juga Berbicara Membangun Hati Penghuninya

Jawaban kedua, selain dipengaruhi oleh budaya kedisiplinan mereka, konsep minimalis Jepang juga banyak dipengaruhi oleh kepercayaan Zen. Kepercayaan yang menggambarkan keseimbangan, harmoni dan relaksasi.

Beranjak dari kepercayaan itulah, masyarakat berhasil memaknai hingga aspek bangunan rumah. Rumah yang mereka bangun, haruslah dapat menggambarkan keseimbangan ataupun dengan dekat dengan konsep alam. 

Rumah haruslah dapat menggambarkan secara sempurna definisi tempat bersantai setelah lelah bekerja. Oleh sebab itu, tidak heran bila di Jepang mereka memiliki  taman yang terbilang mewah, meski pada perkarangan rumah yang sempit sekalipun.

Ajaran keseimbangan inilah yang juga diterapkan oleh orang Jepang pada pemilihan furniture. Mereka lebih senang untuk menggunakan bahan-bahan baku dari alam, seperti kayu ataupun bambu untuk meja ataupun kursi mereka.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.  

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat