fbpx

Cara Mengatasi Talang Air Yang Menggenang Dan Bocor

Dikala musim penghujan, tentu saja yang dikhawatirkan adalah rumah bocor ketika debit hujan berlebihan. Padahal sebagaimana fungsi rumah sebagai pelindung panas dan hujan, seharusnya rumah mampu menjadi tempat ternyaman bagi kita untuk berlindung.

bocor 2
Sumber gambar : KATALOG MATERIAL

Kebocoran yang terjadi pada atap rumah dapat diatasi dengan mengganti atap yang bocor, atau dengan menutup/menambalnya. Lalu bagaimana cara mengatasi jika masalah yang terjadi adalah pada talang air yang bocor, sehingga terus terjadi rembesan air karena ada air yang menggenang di atasnya? Berikut kami berikan solusinya untuk Anda.

  1. Talang air yang menggenang harus dikuras dan dibersihkan terlebih dahulu. Usahakan untuk membersihkannya dengan air dan sikat untuk membersihkan kotoran yang melekat. Bilas sampai bersih dan keringkan.
  2. Lapisi permukaan talang menggunakan cat waterproof. Setelah cat waterproof kering, kemudian lapisi dengan adukan plester kemasan yang telah diaduk sesuai petunjuk penggunaan. Gunakan untuk floor talang yang menggenang dan ratakan dengan kemiringan ke arah corong talang.
  3. Setelah adukan plester kering dan mengeras minimal sekitar satu hari, lapisi kembali permukaan dengan cat waterproof dan lapisi dengan membran tisu. Ulangi pelapisan cat waterproof pada permukaan membran dan tunggu sampai kering.
  4. Setelah lapisan cat waterproof kering, lapisi kembali dengan cat dan ulangi tahapan tersebut minimal tiga kali untuk hasil serta daya tahan yang maksimal sesuai dengan keterangan cat waterproof.
bocor 1
Sumber gambar : HALLORIAU.COM

Dengan menerapkan cara di atas, talang air dapat bertahan sampai lima tahun dari bocor dan rembesan.

bocor 3
Sumber gambar : Kompas.id

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya:

Open chat
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Admin Mulia Arsitek!
Saya Ingin konsultasi terkait Desain / Renovasi / Bangun baru Terima kasih