Menjadi kreatif! Ubah Fasad Rumah Anda dengan 6 Tips Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google

Saat tamu tiba di depan pintu Anda, mereka langsung melihat fasad rumah Anda. Ini berdampak besar pada cara orang memandang rumah Anda secara keseluruhan dan cara mereka menilainya. Mengapa tidak membuat rumah Anda tampil beda berdasarkan hal ini?

Tips Mengubah Tampilan Fasad Rumah

Berikut enam saran untuk membantu Anda mengubah fasad rumah Anda secara artistik.

Padu Padankan Warna

fasad rumah 1
Sumber gambar : Arch2O

Penggunaan warna-warna cerah dapat dengan cepat mengubah tampilan rumah Anda, memberikan kesan dan kepribadian pada fasad yang sebelumnya tidak menarik.

Mengecat pintu, jendela, atau dinding dengan warna berbeda dapat langsung menghidupkan eksterior rumah Anda. Anda bahkan dapat memilih fasad khusus dengan pola rumit yang akan membuat rumah Anda menjadi bahan pembicaraan!

Beberapa orang mungkin khawatir jika menggunakan terlalu banyak warna pada fasad rumah mereka, namun Anda dapat memanfaatkannya dengan kombinasi yang tepat. Misalnya saja, memadukan aksen dinding yang berani dengan nuansa netral dapat menciptakan visual menakjubkan yang akan menarik perhatian.

Selain itu, aksen seperti daun jendela atau taman dapat memberikan manfaat yang luar biasa jika Anda mencari cara berisiko rendah untuk menambah warna pada rumah Anda. Bahkan detail kecil pun dapat memengaruhi tampilan dan nuansa fasad rumah Anda secara signifikan.

Berinvestasi dalam Pencahayaan Berkualitas

fasad rumah 2
Sumber gambar : Kompasiana

Tidak ada yang lebih penting daripada pencahayaan berkualitas saat mengubah fasad rumah Anda. Memasang perlengkapan pencahayaan yang tepat dapat langsung menambah sentuhan kecanggihan dan modernitas pada eksterior rumah Anda.

Selain sebagai sumber penerangan di malam hari, lampu eksterior dapat menonjolkan estetika detail dari visual fasad dan tanaman hias. Membuatnya tampak berhias cahaya. Lampu luar ruangan seperti lampu sorot atau sconce dinding juga menciptakan suasana nyaman dan hangat yang akan membuat orang ingin memasuki rumah Anda.

Selain itu, penting untuk memilih jenis bohlam yang tepat untuk lampu luar ruangan Anda. Karena menggunakan lebih sedikit energi dan memiliki masa pakai lebih lama dibandingkan bohlam konvensional, LED adalah pilihan terbaik untuk ini. Anda dapat dengan mudah memilih gaya yang melengkapi keseluruhan desain rumah Anda karena tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk.

Dari desain modern dan kontemporer hingga vintage dan tradisional, perlengkapan pencahayaan dapat memberi aksen sempurna pada fasad rumah Anda. Oleh karena itu, pencahayaan berkualitas baik adalah cara terbaik untuk mengubah eksterior rumah Anda.

Berinvestasi dalam Lanskap

fasad rumah 3
Sumber gambar : Homecare24

Tambahkan sedikit tanaman hijau ke fasad rumah Anda dengan lanskap. Menanam semak, pohon, atau bunga dapat menghidupkan fasad yang tadinya kosong, sehingga terlihat lebih menarik dan asri. Anda juga bisa menaruh tanaman di sekitar jendela atau pintu untuk menambah estetika dan warna.

Selain itu, lanskap yang tepat akan meningkatkan efisiensi energi rumah Anda dengan memberikan keteduhan selama musim panas dan isolasi terhadap angin dingin selama musim penghujan. Oleh karena itu, tidak hanya terlihat fantastis tetapi juga memiliki tujuan yang bermanfaat!

Anda dapat mengubah eksterior rumah Anda dengan lanskap tanpa anggaran besar atau desain canggih. Bahkan penyesuaian terkecil sekalipun, seperti menambahkan beberapa tanaman atau meletakkan bunga di planter box (bisa berupa pot atau bata dicor semen), dapat berdampak signifikan.

Perbarui Pintu dan Jendela Anda

fasad rumah 4
Sumber gambar : Vinindo Corporation

Memperbarui pintu dan jendela adalah cara hebat lainnya untuk mengubah tampilan fasad rumah Anda. Model pintu dan jendela baru yang lebar dan besar bisa langsung membuat rumah tampil lebih modern dan menarik. Mengganti jendela lama dengan jendela berinsulasi juga akan meningkatkan efisiensi energi rumah Anda!

Selain itu, mengganti pintu depan Anda dengan yang lebih bergaya juga dapat memberikan tampilan baru pada rumah Anda. Anda bahkan dapat mengecat pintu dan menambahkan detail dekoratif seperti gagang atau pengetuk pintu (knocker-upper) untuk lebih mempersonalisasikannya. Namun, hindari memilih pintu dan jendela yang terlalu besar.

Memilih yang proporsional dengan ukuran rumah Anda akan memberikan tampilan yang lebih seimbang dan serasi.

Tambahkan Furnitur Luar Ruangan

fasad rumah 5
Sumber gambar : IDN Times

Setelah Anda memperbarui jendela dan pintu, mengapa tidak menambahkan furnitur luar ruangan untuk melengkapi tampilan rumah Anda? Baik itu ayunan atau pun set kursi dan meja teras, menambahkan furnitur di luar rumah Anda akan menciptakan suasana yang mengundang dan membuatnya terlihat lebih nyaman.

Selain itu, Anda dapat menggunakan furnitur luar ruangan untuk menambah daya tarik visual dengan menggabungkan warna dan tekstur yang berbeda. Misalnya, beberapa kursi santai dengan bantal berwarna cerah dapat menciptakan kontras yang indah dengan warna netral rumah Anda. Anda juga tidak perlu berinvestasi pada furnitur luar ruangan yang mahal. Pilihlah furnitur yang akan bertahan bertahun-tahun dan tidak pernah ketinggalan zaman, misalnya furnitur berbahan kayu jati.

Hiasi Fasad Rumah Anda

fasad rumah 6
Sumber gambar : Ace Hardware

Tips terakhir untuk mengubah fasad rumah Anda adalah dengan melengkapinya! Memasang elemen dekoratif seperti daun jendela, awning, atau pot tanaman dapat menambah karakter dan pesona rumah Anda.

Selain itu, dekorasi dinding gantung seperti karangan bunga atau seni taman dapat memberikan sentuhan pribadi pada eksterior Anda. Pastikan dekorasi pilihan Anda menyatu dengan baik dengan desain fasad rumah Anda. Memilih barang yang terbuat dari bahan alami, seperti kayu atau batu merupakan ide bagus jika rumah Anda memiliki desain rustic.

Kesimpulan

Fasad rumah Anda secara signifikan memengaruhi kesan dan tampilannya secara keseluruhan. Ada banyak cara untuk membuat fasad rumah Anda unik, mulai dari pengecatan hingga menghias dengan tanaman. Gunakan imajinasi Anda untuk membuat rumah Anda berbeda dari yang lain! Anda dapat melakukannya dengan sedikit imajinasi dan kerja keras.

Konsultasi Arsitektur Rumah di Mulia Arsitek

Konsultasikan kebutuhan dan keinginan Anda tentang desain bangunan dengan tim kami di Mulia Arsitek untuk mendapatkan desain interior dan eksterior terbaik. Hubungi Admin di WA kami, wa.me/628112648986

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya: