Yuk, Geledah Rumah Botol Milik Orang Nomor 1 Di Jawa Barat

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Desain Rumah Botol Ridwan Kamil
Source : Google Images

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, atau akrab disapa sebagai Kang Emil adalah arsitek terkenal di dunia. Ada banyak dari karya-karya beliau yang tak henti-hentinya membuat banyak masyarakat dunia menjadi kagum. Sebut saja Masjid Ar-Irsyad, Masjid Al Safar, Museum Tsunami Aceh, Marina Bay Waterfront Master Plan, Beijing Finance Street, dan juga rumah beliau sendiri, yakni Rumah Botol.

Mulia Arsitek akan membahas lebih detail mengenai karya yang terakhir disebutkan, yakni Rumah Botol.

DetaIl Rumah Botol Ridwan Kamil

Butuh Waktu 2 Tahun Untuk Membangun Rumah Botol.

Rumah Botol Ridwan Kamil
Source : lifepal.co.id

Rumah Botol ini terletak di Jalan Cigadung Selatan, Bandung dengan luas lahan 373 meter persegi. Proses pembuatannya memakan waktu yang cukup panjang, yakni 2 tahun dari tahun 2015.

Waktu 2 tahun ini, tidak lebih dikarenakan proses peletakannya yang cukup rumit. Setiap botol diberi jarak sekitar 80 cm, dan di sela-sela botol diberi lem kaca. Tambahan kayu yang dilem, juga menyertai desain rumah botol ini.

30 Ribu Botol Bekas

Detail Rumah Botol Pak Ridwan Kamil
Source : lifepal.co.id

Proses pembangunan rumah botol yang memakan waktu 2 tahun ini juga didukung fakta Kang Emil sendirilah yang mencari botol-botol bekas yang diperlukan. Pastinya Kang Emil juga telah memperhitung tiap diameter botol untuk menjadi roster di rumahnya.

Dalam proses pencarian tersebut, Kang Emil membutuhkan waktu setidaknya selama 6 bulan lamanya.

Rumah Botol Ini Mengusung Tema GreenDesign

Detail Desain
Source : pinterest.com

Green design sendiri adalah suatu konsep untuk memperkenalkan metode perancangan yang ramah lingkungan, serta efisiensi dan efektifitas penggunaan energi serta sumber daya yang digunakan.

Adapun tujuan daripada Green Design ini adalah;

  1. Mengurangi dampak negatif dari limbah produk yang tidak dapat didaur ulang mulai dari proses produksi hingga hasil akhir.
  2. Sumber-sumber energi alami dapat dimaksimalkan, sehingga mengurangi emisi untuk pemanasan global
  3. Bahan-bahan yang membahayakan lingkungan dapat dikurangi dengan adanya konsep ini.

Memiliki Banyak Ruang Open Space

Open Space, Space Saving Furniture
Source : 99.co

Rumah ini memiliki banyak ruang dengan konsep open space. Konsep minimalis yang dihadirkan pada ruangan ini, terlihat jelas pada minimnya furniture yang digunakan, serta pengaturan pencahayaan yang mengandalkan cahaya natural.

Rumah ini jelas jauh dari kesan gerah dan panas.

Adanya Perpustakaan Pribadi

Perpustakaan Pribadi
Source : 99.co

Berikutnya rumah botol Kang Emil ini juga sangat cocok digunakan untuk bersantai sembari membaca buku. Sebagai seseorang yang terpelajar, dan memiliki banyak pengalaman, sudah barang tentu, Ridwan Kamil, memiliki hobi membaca.

Sahabat yang berkunjung ke rumah ini juga dapat menikmati buku-buku didalamnya.

Perawatannya Yang Tidak Serumit Pembangunan

Perawatan Rumah Yang Tidak Terlalu Mahal
Source : pinterest.com

Desain Kang Emil ini mematahkan argumen orang-orang yang mengatakan bahwa semakin rumit proses pembangunan maka semakin rumit juga proses perawatannya.

Menurut Kang Emil, dilansir dari lifepal.co.id, perawatan rumah botol ini hanya cukup dengan membersihkannya dengan dilap atau disemprot menggunakan air biasa tiap tiga bulan sekali.

Masyarakat Biasa Bisa Tinggal Di Rumah Ini

Menginap Di Dalam Rumah Karya Kang Emil
Source : pinterest.com

Semenjak tahun 2017, rumah ini jadi jarang ditempati. Sebagaimana kesibukan Kang Emil, kala menjabat sebagai Wali Kota, dan sekarang Gubernur Jawa Barat, maka rumah inipun disewa untuk hari Sabtu dan Minggu.

Untuk perharinya, kamu diwajibkan membayar Rp.3,5 juta, tidak boleh merokok dan membawa hewan peliharaan. Keren ya Kang Emil ini.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.  

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat