Standar Keamanan Yang Harus Kamu Ketahui Pada Furniture Balkon

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Share on google
Standar Keamanan Pada Balkon
Keamanan Balkon, Source : wallpaperbetter.com

Setiap bagian dari rumah memiliki standar keamanannya masing-masing.

Mungkin Sahabat biasa mengenal ini dengan sebutan SNI (Standar Nasional Indonesia). Memilikinya adalah kewajiban yang harus dimiliki setiap rumah.

Mengikuti standar yang ada akan memberikan kita rasa nyaman sekaligus aman. Bagi kita, mengetahui standar keamanan suatu rumah mungkin terdengar sulit.

Padahal, kenyataannya tidak demikian. Sahabat bisa menilai standar keamanan yang dimiliki dari tiap bagian rumah, baik interior maupun eksterior. 

Lihat Juga : Rumah Tanggap Bencana

Artikel ini akan fokus untuk membahas standar keamanan yang seharusnya ada pada balkon, teras lantai atas pada bangunan bertingkat.

Balkon sendiri adalah bagian rumah yang memang paling sering berhadapan dengan cuaca. Memperhatikan standar keamanan pada balkon tentu amatlah penting.

Lalu apa saja standar keamanan yang harus kamu ketahui dari desain balkon ?

5 Standar Keamanan Balkon

Basic Rule

Teras harus dilengkapi dengan ubin sebagai alas atap. Dengan itu, ia akan dapat menambah daya tahan yang dimiliki. Selain itu, gunakan furniture-furniture dengan berat yang tidak memiliki kapasitas daya tahan balkon. 

Ini adalah aturan dasar yang mestinya sudah Sahabat ketahui.

Sistem Perairan Yang Bagus

Keamanan Balkon
Source : Google Images

Yang kedua adalah sistem perairan.

Balkon yang bagus sekaligus akan menjadi jelek apabila menjadi tempat penampungan air hujan. Oleh sebab itu, pastikan terlebih dahulu instalasi air yang ada tidak menganggu aliran air agar dapat keluar dari balkon.

Furniture Portable

Furniture Portable
Source : Google Images

Perhatikan pemilihan furniture dengan baik. Pastikan untuk memilih furniture dengan berat yang mampu menahan pergeseran akibat terjangan angin hujan. Apabila Sahabat menambahkan payung matahari yang besar, maka pastikan untuk selalu memasukkan ke dalam rumah sebelum hujan datang.

Tentunya Sahabat tidak ingin menjadikan tetangga marah karena payung balkon yang Sahabat miliki terbang ke rumah tetangga.

Peredaran Api

Alat Pemadam Kebakaran
Source : Google Images

Selain air, ada juga elemen api yang harus Sahabat perhatikan. Pilihlah material lantai yang memang tidak mudah membuat api menjalar. Letakkan pula pemadam api pada titik-titik yang mudah dijangkau pada balkon.

Apabila Sahabat ingin mengadakan pesta bakar-bakar daging, atau grill, pemadam api akan sangat membantu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Keamanan Dari Adanya Penyusup

Balkon yang aman adalah balkon yang tidak mudah dinaiki dari luar dan hanya bisa diakses dari dalam rumah.

Oleh sebab itu perhatikan berbagai macam kemungkinan yang ada agar akses masuk balkon dari luar benar-benar tertutup.

Itulah beberapa standar keamanan yang harus Sahabat ketahui ketika akan membangun balkon rumah. Apabila Sahabat memiliki banyak pertanyaan mengenai desain balkon yang menarik, maka Sahabat bisa tanyakan pada jasa layanan arsitek terbaik.

Kami Mulia Arsitek, adalah mitra terbaik dalam menyelesaikan kebutuhan properti Sahabat,  terkhusus untuk daerah Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya.  

Untuk informasi selengkapnya, sahabat bisa mengunjungi website kami, yaitu di www.muliaarsitek.com, serta Instagram dan Facebook, Mulia Arsitek. Atau dengan  menghubungi admin kami, di 0811-264-8986.

     

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Komentar Terbaru

    Artikel Lainnya:

    Open chat